Comscore Tracker

Ketahui sebelum Membeli, Ini 5 Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK

Sesuaikan juga dengan ukuran ruangan

Air conditioner atau AC sudah menjadi barang elektronik yang sangat umum dijumpai di negara kita. Secara singkat, AC berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan agar sesuai dengan keinginan penggunanya. Fungsinya bisa menurunkan atau menaikkan temperatur di sebuah ruangan.

Nah, ada satu istilah dalam AC yang sering kita dengar, yakni paardenkracht atau PK. Well, sebetulnya, istilah ini lebih jamak digunakan di Indonesia karena PK memang merujuk pada bahasa Belanda. Adapun, istilah yang umum digunakan di negara-negara lain adalah horsepower atau HP dalam bahasa Inggris.

Nah, kalau penasaran dengan perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK, kamu bisa simak artikel ini sampai tuntas, oke!

Baca Juga: Perbedaan Air Cooler dan Air Purifier, Sekilas Gak Ada Bedanya 

Mengenal perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK

Ketahui sebelum Membeli, Ini 5 Perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PKilustrasi kipas AC bagian luar (unsplash.com/t Penguin)

Oke, kita sudah mengetahui bahwa PK juga disamakan dengan HP dalam bentuk ukuran daya. Sciencing dalam lamannya mencatat bahwa selain keduanya, ada juga satuan lainnya yang dapat dijadikan patokan pengukuran, yakni kilowatt atau kW. Nah, 1 HP bisa disetarakan dengan 0,7457 kW dan 1 kW itu setara dengan 1,337 HP.

Bagaimana dengan ukuran PK? Secara rata-rata, ukuran 1 PK bisa disetarakan dengan 0,986 HP (nyaris 1 HP). Ini berarti, daya 1 PK di sebuah AC mampu menyedot listrik sebesar nyaris 0,7457 kW atau sekitar 745 watt. Kamu bisa melakukan konversi angka daya lainnya pada laman https://convertlive.com/id/u/mengkonversi/kilowatt/ke/daya-kuda.

Rumusan di atas dianggap penting untuk dijadikan dasar sebelum kita memilih sebuah perangkat AC. Simak perbedaan AC 1/2 PK dan 1 PK di bawah ini.

  1. Melalui rumusan di atas, AC 1/2 PK setara dengan 0,493 HP atau 372 watt. Di atas kertas, AC 1/2 PK dinilai lebih irit daya dibandingkan dengan AC 1 PK.
  2. Sayangnya, pengukuran hemat atau borosnya aliran listrik itu juga tergantung seberapa luas sebuah ruangan. Idealnya, AC 1/2 PK hanya bisa bekerja optimal di ruangan berukuran maksimal 10 m2. Sementara itu, AC 1 PK sangat ideal jika digunakan di ruangan seluas 15--18 m2.
  3. Secara umum, harga AC 1/2 PK memang lebih murah jika dibandingkan dengan produk AC 1 PK. Namun, itu semua kembali lagi ke persoalan teknologinya masing-masing. Tak menutup kemungkinan AC 1/2 PK memiliki harga lebih mahal karena sudah berteknologi canggih.
  4. Jika memiliki teknologi yang sama dan digunakan di ruangan idealnya masing-masing, seharusnya AC 1/2 PK akan mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah ketimbang AC 1 PK, bahkan bisa separuhnya.
  5. AC 1/2 PK tidak bisa digunakan di ruangan luas karena itu malah akan merusak komponen di dalamnya. Sementara itu, AC 1 PK bisa digunakan di ruangan yang lebih kecil, tapi dengan konsekuensi membengkaknya tagihan listrik.

Nah, bagaimana, nih? Sebaiknya, sebelum membeli sebuah AC, tentukan dahulu luas dari ruangan yang akan digunakan. Jangan sampai kamu salah menentukan luas ruangan karena hal ini merupakan syarat mutlak bagi baik buruknya kinerja sebuah AC. Pastikan juga instalasi AC dipasang dengan benar agar tidak menimbulkan biaya tak terduga pada kemudian hari.

Baca Juga: Philips Rilis Air Purifier Khusus Mobil, Fungsinya Banyak Banget

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya