Comscore Tracker

Perbedaan Kabel HDMI dan Kabel VGA yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan salah pilih, ya!

Menurut Tech Target, HDMI atau high definition multimedia interface dapat diartikan sebagai sebuah sarana yang mendukung metode transfer audio dan video tanpa proses kompresi. Di sisi lain, VGA atau video graphics array adalah sarana digital yang mampu mengirimkan data visual ke layar atau monitor.

Pada banyak kasus, VGA juga dikorelasikan dengan kartu grafik yang terpasang di sebuah PC karena memang tugasnya yang menerjemahkan data visual pada layar atau TV. Nah, kartu grafik keluaran lama juga biasanya hanya dilengkapi sebuah konektor digital dan hingga saat ini, sarana tersebut masih dinamakan konektor VGA.

Kedua sarana digital di atas tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaan kabel HDMI dan kabel VGA? Yuk, simak supaya kamu gak salah pilih.

Baca Juga: 5 Prosesor Lawas untuk Gaming, Mampu Menopang VGA Menengah

Perbedaan kabel HDMI dan kabel VGA secara teknis

Perbedaan Kabel HDMI dan Kabel VGA yang Wajib Kamu Ketahuiilustrasi konektor VGA (wikimedia.org/Swift.Hg)

Dilansir Britannica, teknologi VGA menjadi salah satu sarana paling awal di dunia komputasi, yakni sejak dirilis oleh IBM pada 1987. Adapun, HDMI dirilis di masa yang lebih modern, yakni sejak 2002. Langsung saja kita simak perbedaan kedua kabel atau konektor tersebut di bawah ini.

  1. Dari cara kerjanya, HDMI menitikberatkan proses transfer data secara digital. Sementara itu, VGA menggunakan proses analog untuk menerjemahkan semua data visual yang ada.
  2. Kabel VGA hanya bisa melakukan transfer video atau visual saja. Kabel HDMI bekerja dengan lebih baik karena mampu mengirimkan data visual dan audio secara bersamaan.
  3. Berbicara soal resolusi pada data visualnya, VGA hanya mampu menghasilkan kualitas yang cukup rendah di HD atau 720p. Di sisi lain, teknologi HDMI mampu menerjemahkan data visual hingga FHD (1080p), 4K, bahkan 8K.
  4. Jika dilihat pada gambar di atas, konektor atau kabel VGA memiliki 15 pin sederhana. Sementara itu, kabel HDMI sudah memiliki 19 pin hingga 29 pin tergantung kelasnya.
  5. Kabel HDMI berbentuk ramping dan minimalis jika dibandingkan dengan kabel VGA yang tampak lebih bongsor.
  6. Banyak perangkat elektronik, seperti PC, TV, laptop, dan gadget lainnya sudah menggunakan teknologi HDMI dan tidak lagi mengandalkan VGA.
  7. Secara umum, kabel HDMI dibuat lebih lentur dan panjang. Sementara, kabel VGA biasanya terasa kaku, pendek, dan keras.
  8. Pemasangan kabel HDMI ke port digital dirasa lebih mudah karena cukup mencolokkannya saja. Nah, pada kabel VGA, selain mencolokkannya, biasanya kita harus mengunci dengan putaran sekrup di sisi kanan dan kiri. Wajar saja, data visual pada VGA lebih rentan terhadap goncangan.
  9. Penggunaan kabel VGA makin dikurangi dan berdampak pada penghentian produksi. Saat ini, hampir semua sarana transfer data video dan audio beresolusi tinggi sudah menggunakan kabel HDMI.
  10. Pada umumnya, harga kabel HDMI berkualitas memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kabel VGA di pasaran.

So, itu tadi perbedaan kabel HDMI dan kabel VGA yang harus kamu ketahui. Kamu bisa cek sarana tersebut pada port yang disediakan di peralatan digital yang kamu pakai, misalnya komponen kartu grafik PC, laptop, monitor, dan bahkan TV. Semoga artikel ini tidak membuatmu bingung lagi, ya!

Baca Juga: 7 TV Terbaik dengan Dukungan HDMI 2.1 untuk Gaming 2021

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya