Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Upgrade RAM Laptop

Laptop kamu jadi makin kencang

Di zaman sekarang ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan orang, tak terkecuali laptop atau PC. Dimana pun kamu berada, benda tersebut sudah menjadi bagian terpenting dalam aspek kehidupan.

Tuntutan pekerjaan yang diharuskan cepat dalam melakukan sesuatu terutama dalam hal editing atau desain grafis, dibutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni. Jika memiliki uang, membeli baru memang disarankan, namun jika memiliki dana terbatas dan ingin meminimalisir pengeluaran, upgrade RAM mungkin bisa menjadi solusi.

Meng-upgrade RAM dapat membuat laptop atau PC menjadi lebih kencang dan memenuhi spesifikasi aplikasi editing zaman sekarang. Berikut tips-tips yang harus diperhatikan dalam meng-upgrade RAM. Simak baik-baik ulasannya ya.

1. Perhatikan jenis RAM

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Upgrade RAM Laptoppixabay.com/PublicDomainPictures

RAM(Random Acces Memory) adalah tempat menyimpan data sementara pada sebuah laptop atau PC. Ada berbagai macam jenis RAM, mulai dari jenis perangkatnya, hingga versi DDR. RAM yang digunakan untuk laptop biasanya lebih besar dan panjang yang biasa disebut dengan DIMM. RAM untuk laptop biasanya lebih kecil dan biasa disebut SO-DIMM.

Selain jenis RAM yang digunakan, yang harus diperhatikan adalah versi DDR dari sebuah RAM. Zaman sekarang ini biasanya RAM menggunakan DDR3, DDR3L, atau DDR4, itu tergantung dari kompatibilitas laptop atau PC. Perhatikan dulu jenis RAM dan versi DDR dari slot RAM sebelum membeli. Pastikan tidak salah karena berbeda versi saja sudah tidak dapat digunakan.

2. Perhatikan speed RAM

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Upgrade RAM LaptopUnsplash.com/@annaauza

Hal yang paling penting dalam mengupgrade RAM adalah memperhatikan speed dari sebuah RAM. Biasanya sebuah laptop memiliki kecepatan baca RAM yang berbeda-beda. Sehingga kalian harus memperhatikan betul soal kecepatan baca RAM dari laptop kalian.

Apabila laptop/pc kalian memiliki dual channel, lebih baik kalian membeli RAM dengan speed yang sama dengan RAM yang ada dalam laptop kalian. Karena cara kerja RAM dual channel adalah, kecepatan dua RAM tersebut akan mengikuti speed RAM yang rendah. Contohnya jika kalian memiliki dua RAM dengan speed 2400 Mhz dan 2666 Mhz, kedua RAM tersebut terbaca, namun speed akan mengikuti yang terkecil yaitu 2400 Mhz. Apabila kalian ingin mengupgrade RAM dengan speed 2400 Mhz, maka kalian harus membeli RAM dengan speed yang sama, atau jika sudah kemanapun dan tidak memperoleh RAM yang sama, disarankan untuk membeli RAM dengan speed di atasnya agar RAM kalian tetap memiliki kecepatan 2400 Mhz.

Baca Juga: 7 Laptop Gaming Mengesankan yang Tampil di Computex 2019, Super Kuat!

3. Laptop atau PC memiliki dual channel, memasang dua RAM dengan berbeda kapasitas, apa bermasalah?

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Upgrade RAM Laptopunsplash.com/johnschno

Untuk sekarang, jawabannya adalah tidak ada masalah. Untuk laptop/PC zaman dulu, mungkin akan menjadi masalah kompatibilitas atau semacamnya. Namun untuk laptop/PC keluaran terbaru, tidak akan ada masalah. Misalnya, kalian memiliki RAM 8GB dan ingin menambah RAM lagi di channel satunya dengan ukuran 4GB, maka tidak akan ada masalah, yang mempengaruhi hanyalah speed saja.

4. Pemasangan RAM

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Upgrade RAM Laptopunsplash.com/christinhumephoto

RAM yang terpasang pada PC biasanya lebih mudah dilepas dan diganti, namun berbeda halnya jika pada laptop. Laptop keluaran terbaru biasa lebih mudah di-upgrade karena setelah dibuka tutup bagian bawah, akan terlihat komponen-komponen yang bisa dilepas dan diganti termasuk RAM.

Sebelum melepas dan mengganti RAM, dianjurkan untuk tidak ada aliran daya listrik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya korsleting listrik. Kalian bisa melepas baterai terlebih dahulu dengan melepas kabel penghubung daya atau cara lainnya. Setelah itu pasang RAM. Jika kalian kebingungan dengan cara memasangnya atau memang memiliki RAM onboard, lebih baik kalian membawanya ke tempat servis atau teknisi terdekat.

5. Usahakan membeli RAM dengan merek yang sama dengan bawaan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Upgrade RAM Laptopreviewkomputer.com

Untuk yang satu ini tidak wajib, karena yang terpenting hanya versi DDR dan speed sama. Namun untuk memastikan RAM bekerja baik, dianjurkan untuk membeli RAM dengan merek yang sama. Karena merek yang berbeda memiliki chip dan rangkaian yang berbeda. Terkadang laptop lama juga memiliki masalah dengan kompatibilitasnya.

Baca Juga: 7 Laptop Paling Ringan di Tahun 2019, Nyaman untuk Dibawa ke Mana Saja

Feisal Nugraha Photo Community Writer Feisal Nugraha

Menulis adalah cara yang tepat untuk mengabadikan cerita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You