Comscore Tracker

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019

Sudahkah kamu mencoba semuanya?

Tahun 2019 segera berakhir, ini adalah saat yang tepat untuk melihat kembali pencapaian yang telah kita dapatkan di tahun ini. Dapat dikatakan bahwa 2019 adalah tahun yang hebat untuk perkembangan teknologi.

Ada berbagai teknologi yang berhasil diciptakan, dikembangkan, dan semakin dipopulerkan di tahun ini. Semuanya, tanpa disadari, dapat mengubah kehidupan sehari-hari kita.

Apa sajakah teknologi yang dimaksud? Secanggih apakah mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Layanan 5G

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019techspot.com

Teknologi pertama yang paling populer adalah 5G atau fifth generation of wireless technology (teknologi nirkabel generasi kelima). Ketika menggunakan layanan tersebut, semua koneksi internet dan telepon akan jauh lebih cepat dan stabil.

Teknologi ini memang telah diciptakan tahun ini, tetapi karena belum sepenuhnya rampung, tak bisa digunakan dulu. Namun menurut prediksi dari berbagai sumber, kita akan bisa menikmatinya di smartphone dan gadget baru yang rilis tahun depan.  

2. Foldable smartphone

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019komando.com

Foldable smartphone atau ponsel layar lipat akhirnya terwujud di tahun 2019. Kamu mungkin mengira bahwa perusahaan pertama yang membuatnya adalah Samsung. Namun ternyata bukan. Royole, brand asal Tiongkoklah yang pertama merilis foldable smartphone. 

Terlepas dari itu, inovasi ini akan menjadi tren baru yang mengubah dunia gadget. Sudah cukup banyak perusahaan yang mengembangkan foldable smartphone. Termasuk Samsung, LG, Huawei, Oppo, Motorola, dan bahkan Apple.

3. Spot Robot

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019ieee.org

Juni lalu, Boston Dynamics merilis robot terbaru mereka, yakni Spot Robot. Bentuknya memang aneh, yaitu seperti anjing tanpa kepala. Teknologi tersebut diciptakan untuk berbagai hal, tapi yang paling utama adalah untuk membantu navigasi. Ia dapat disuruh untuk pergi ke mana pun, menghindari segala rintangan di jalan, dan bahkan bisa menarik kendaraan yang mogok. Multifungsi, kan?

Baca Juga: 7 Robot Aneh yang Ternyata Bermanfaat, Ada yang Mirip Kecoak!

4. Google Stadia

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019vortex.cz

Stadia adalah sebuah layanan streaming game yang baru dirilis pada November lalu. Tak hanya itu, produk keluaran Google tersebut juga memiliki wujud berupa controller yang hanya perlu disambungkan ke smart TV, laptop, dan gadget lainnya. Melalui inovasi ini, Google ingin mengalihkan video game ke layanan berbasis cloud. Jadi, kamu bisa streaming game di mana pun dan kapan pun tanpa perlu install lagi.

5. Biohacking pada manusia

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019medium.com

Biohacking atau DIY biologi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan percobaan sains kepada organisme tertentu. Sebenarnya istilah tersebut telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Namun di tahun 2019 ini, biohacking kembali melejit karena banyak orang yang melakukannya pada dirinya sendiri.

Terdapat beberapa contoh dari biohacking. Pertama, tim dari Cyborg Nest pernah menanamkan kompas di bawah kulit untuk memberi tahu mata angin. Kemudian ada pula biomagnet, yaitu memasukkan magnet kecil berbentuk silinder ke dalam jari. Ini akan membuat kita dapat menarik logam. 

6. Komputer quantum

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019aolcdn.com

Komputer quantum adalah teknologi yang sangat dikembangkan pada tahun ini, terutama oleh IBM dan Google. Ini merupakan jenis komputer yang sangat cepat dan diprediksi dapat mengerjakan semua hal yang kompleks. Dengan segala kecanggihannya, komputer quantum akan mengubah berbagai aspek kehidupan kita. 

7. AR dan VR

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019forbes.com

Kedua teknologi ini memang tidak diciptakan di tahun 2019. Namun kamu bisa amati bahwa baik AR dan VR sangat banyak dikembangkan di akhir dekade ini. AR mulai dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya, filter Instagram, teknologi untuk belanja, dan bahkan sebagai bahan edukasi.

Begitu pula VR. Kita bisa menggunakannya untuk bermain game, belajar, untuk dunia medis, dan bahkan latihan militer. Keduanya akan terus berkembang dan semakin banyak digunakan ke depannya. 

Di antara semua teknologi yang disebutkan, mana yang paling signifikan menurutmu? Kira-kira perkembangan teknologi di tahun depan akan seperti apa ya? 

Baca Juga: 7 Alasan Perkembangan Teknologi Jadi Penyebab Meningkatnya Perceraian

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya