Comscore Tracker

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 Terbaru

Memori besar dengan chipset andalan Samsung Exynos

Sebetulnya S10 bukanlah seri terbaru Samsung, karena memang rilisnya di 3 tahun yang lalu, tepatnya di bulan Februari 2019. Ini juga yang membuat ponsel ini masih menggunakan Android 9.0 Pie, yang bisa di-upgradable ke Android 10.0, One UI 2.

Galaxy S10 ini juga ditemani dengan seri S10 lainnya, seperti S10e, juga S10+ yang memiliki fitur hampir serupa, hanya ada beberapa penambahan kecil di sana-sini. Kemudian, seperti apa spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S10 yang membuat seri ini cukup diiungulkan di kelasnya? Yuk, simak!

1. Chipset Exynos 9820

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 Terbaruilustrasi chipset Exynos 9820 dari Samsung (semiconductor.samsung.com)

Dibangun dengan RAM 8GB + ROM 128BG, ponsel bisa bekerja dengan baik karena dukungan Exynos 9820. Karena memang chipset tersebut terkenal karena performanya yang powerful dan kencang. 

Untuk mendukung sensor grafisnya, ponsel ini sudah didukung dengan GPU Mali-G76 MP12. Kemudian menggunakan Octa-core 2×2.73 GHz Mongoose M4 dan 2×2.31 GHz Cortex-A75.

2. Kamera

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 Terbarufitur AR pada kamera Samsung Galaxy S10 (news.samsung.com)

Guna mendukung kegiatan kamu mengambil gambar atau video, Samsung Galaxy S10 ini dilengkapi dengan dua buah kamera selfie. Diletakkan secara berjajar (horizontal) di bagian kanan layar atas, kamera ini dilengkapi dengan teknologi UHD selfie dengan lensa autofokus piksel ganda 10MP. 

Kamera selfie yang kedua menggunakan lensa 8MP. Denga lenda kedalaman tambahan ini, akan menghasilkan foto selfie yang lebih baik lagi. Sementara untuk bagian belakang, ponsel juga sudah dibangun dengan tiga buah kamera. 

Diletakkan sejajar layaknya kamera selfie, untuk kamera belakang yang digunakan adalah lensa telefoto 12MP (45 derajat) dengan 2x zoom. Berikutnya lensa sudut lebar 12MP (77 derajat) dengan bukaan ganda dan piksel ganda. 

Untuk kamera yang satu ini sudah dilengkapi juga dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang sudah terintergrasi untuk mengurangi gambar kabur atau anti kabur. Dan ada lensa 16MP yang disematkan pada lensa sudut ultra lebarnya.  

Berikutnya untuk video, gambar yang dihasilkan adalah 2160p@30fps; 1080p@30fps, dengan HDR10+, dual-video rec dan stereo sound rec, 720p@960fps, gyro-EIS & OIS. Ditambah dengan fitur Auto HDR, panorama, LED flash.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S8 Terbaru

3. Dimensi dan layar

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 TerbaruSamsung Galaxy S10 (samsung.com)

Layar dan dimensi juga menjadi bahasan penting setiap kali bicara mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S10 ini. Dengan bobot 157 gram, smartphone memiliki dimensi 149.9 x 70.4 x 7.8 mm. Diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 6, layar yang digunakan sebesar 6.1 inci. 

Menggunakan teknologi Dynamic AMOLED, resolusi layarnya sendiri ada di 1440 x 3040 pixels, dengan rasio 19:9. Gambar yang dihasilkan super jernih dan tajam, sehingga tidak mudah membuat mata menjadi lelah, meski menggunakannya dalam waktu lama. Dilengkapi dengan sertifikasi IP68, artinya ponsel ini tahan terhadap percikan air dan juga debu.

4. Daya baterai

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 Terbaruilustrasi daya baterai Samsung Galaxy S10 (news.samsung.com)

Penggunaan baterai pada seri ini adalah 3400mAh dengan fast charging 15W. Baterai ini memang kalah besar bila dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya. Meski begitu, karena sudah didukung dengan fast charging, rasanya kamu tidak perlu memikirkan kekurangannya yang satu ini. 

Galaxy S10 ini juga sudah didukung dengan reverse wireless charging 9W. Itu artinya, smarphone bisa berfungsi sebagai powerbank bagi smarphone lainnya.

5. Fitur tambahan yang gak kalah menarik

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 Terbarufitur dari Bixby Key pada Samsung Galaxy S10 (news.samsung.com

Mulai dari fitur keamanannya, Samsung Galaxt S10 sudah menggunakan dua fitur, yaitu sensor ultrasonic fingerprint display under screen dan face unlock. Penggunaan Knox Protection agar terhindar dari malware dan juga virus sudah ditanam pada seri S ini.

Begitu juga dengan fitur Secure Folder yang merupakan standar pada seri Galaxy S10 ini. Di mana, kamu bisa mengamankan data dan aplikasi dengan proses fingerprint scanning

S10 juga sudah dilengkapi dengan Accelerometer, Barometer, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, juga Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor, Buttons, Power key, Volume key, hingga Bixby Key. Bixby merupakan asisten virtual yang bisa memudahkan kamu dalam banyak hal.

Bixby memang hanya digunakan oleh Samsung untuk mendukung kinerja pengguna ponselnya. Ada pun fitur-fitur yang bisa digunakan di antaranya Bixby Home, Bixby Vision, Bixby Reminder, juga Bixby Voice.

6. Harga Samsung Galaxy S10 terbaru

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 TerbaruSamsung Galaxy S10 (news.samsung.com)

Didukung berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa menikmati kecanggihan Samsung Galaxy S10 dengan merogoh uang mulai dari Rp7.699.000. Begitu juga untuk seri-seri S10 lainnya, seperti S10e dan S10+.

Nah, itu dia spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S10 yang wajib kamu ketahui. Sayangnya seri ini tidak dijual lagi di situs resminya Samsung. Jika berminat, kamu perlu mencarinya di toko lain dan usahakan masih mendapat garansi resminya.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S20 FE Terbaru

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya