Comscore Tracker

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!

Semuanya tersedia di Google Playstore

Harus diakui, membaca buku secara konvensional memang lebih menyenangkan daripada secara digital. Tetapi, ada kalanya kita tidak bisa membaca buku fisik pada saat-saat tertentu. Alhasil, membaca buku digital adalah solusinya.

Lantas, aplikasi apa yang direkomendasikan untuk para book lovers? Intip jawabannya di sini!

1. ReadEra

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!androidauthority.com

Bisa dibilang, ReadEra adalah aplikasi yang populer di kalangan pembaca buku. Aplikasi yang dirilis pada tanggal 31 Maret 2017 ini berhasil meraih lebih dari 10 juta unduhan di Google Playstore.

Dengan ReadEra, kamu bisa membaca buku digital dengan banyak format, mulai dari PDF, EPUB, DOC, DOCX, RTF, TXT, ODT, MOBI, AZW3, dan masih banyak lagi. Pembaca pun dibuat nyaman karena bisa mengkustom pengaturan, seperti mengubah mode warna menjadi mode siang, malam, sepia, dan konsol.

Selain itu, kamu bisa mengatur orientasi layar dan mengubahnya menjadi vertikal atau horizontal. ReadEra juga menjanjikan aplikasinya bebas dari iklan, sehingga kamu bisa membaca tanpa terganggu.

2. Goodreads

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!goodreads.com

Aplikasi Goodreads juga sangat populer di kalangan book lovers. Goodreads yang dirilis pada 29 April 2011 ini berhasil mendapatkan lebih dari 10 juta unduhan di Google Playstore. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Goodreads?

Dengan aplikasi ini, kamu bisa men-scan cover buku untuk membaca review dari pengguna lain yang telah menuntaskannya. Goodreads juga akan merekomendasikan bacaan yang sesuai dengan seleramu.

Berkat review dan rating dari pengguna Goodreads, kamu bisa memutuskan apakah buku ini layak dibaca dan dibeli atau tidak. Kamu pun bisa berdiskusi dengan pengguna lain, baik lewat pesan personal atau grup. Tertarik?

3. Amazon Kindle

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!theverge.com

Aplikasi Amazon Kindle ibarat perpustakaan saku dalam genggaman. Di dalamnya, ada lebih dari 6 juta buku digital yang bisa dibaca, sudah termasuk majalah, komik, audiobook, dan lainnya. Ada beragam topik yang bisa dipilih, mulai dari fiksi, non-fiksi, science fiction, romance, buku anak-anak, self-help dan sebagainya.

Untuk bisa menikmati fitur tersebut, kamu harus melakukan subscribe ke Kindle Unlimited, di mana kamu hanya perlu membayar US$9,99 (atau sekitar Rp148.751) per bulan. Kamu juga bisa mengkustom aplikasi supaya kamu bisa membaca senyaman mungkin, mulai dari mengubah jenis dan ukuran font teks, memilih orientasi landscape atau potrait, dan lain sebagainya.

Berkat fiturnya yang lengkap, Amazon Kindle yang dirilis sejak 24 Maret 2015 ini berhasil meraih lebih dari 100 juta unduhan di Google Playstore.

4. iPusnas

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!ipusnas.id

Indonesia tak mau kalah dengan aplikasi lain yang telah disebutkan. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bersama dengan pengembang aplikasi Aksamaraya meluncurkan iPusnas. Ini merupakan aplikasi perpustakaan digital yang bisa digunakan oleh device Android, iOS, dan Windows.

Di dalamnya ada ribuan e-book yang bisa dipinjam dan dibaca. Selain itu, kita juga bisa memberikan rekomendasi buku, menulis ulasan buku, dan memperoleh teman dari aplikasi ini. Kamu juga bisa melihat aktivitas pengguna iPusnas lain dan memberikan feedback berupa komentar. Terdengar seru?

Aplikasi iPusnas telah dirilis sejak 14 Agustus 2016 dan berhasil meraih lebih dari 500 ribu unduhan di Google Playstore.

Baca Juga: Sering Lupa? 7 Aplikasi Password Manager Terbaik Ini Akan Membantumu

5. Google Play Books

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!chrome.google.com

Apakah nama besar Google bisa menjadi jaminan bagus atau tidaknya aplikasi? Kamu bisa mengecek sendiri lewat aplikasi Google Play Books. Aplikasi ini dirilis pada 6 Desember 2010 dan berhasil meraih lebih dari 1 miliar unduhan di Google Playstore. Angka yang fantastis!

Ini adalah aplikasi yang diperlukan untuk membaca e-book dan menikmati audiobook yang dibeli dari Google Play. Sebelum membeli, kamu bisa membaca pratinjau sampel buku gratis dahulu. Di dalamnya, ada jutaan sampel buku gratis yang bisa dibaca.

Agar membaca lebih nyaman, gunakan mode cahaya malam atau atur kecerahan dan warna background agar mata tidak sakit.

6. Wattpad

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!techcrunch.com

Siapa sih yang tak kenal Wattpad? Dari aplikasi menulis ini, banyak buku dan novel best seller yang lahir dan laris manis terjual di pasaran.

Bahkan, banyak yang diadaptasi menjadi film. Kamu bisa mengunduh Wattpad, baik untuk menulis maupun sekadar membaca karya-karya pengguna lain.

Lewat Wattpad, kamu bisa membaca cerita dalam 50 bahasa dari banyak penulis di seluruh dunia. Topiknya pun beragam, mulai dari romansa, fiksi ilmiah, komedi, misteri, fantasi, aksi, petualangan, dan masih banyak lagi. Wattpad tersedia untuk dibaca di smartphone, tablet hingga PC.

Tak perlu meragukan Wattpad. Sebab, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Playstore.

7. Storial

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Pencinta Buku, Jangan Lupa Unduh!instagram.com/dono_salimz

Terakhir, ada Storial, platform untuk membaca novel dan berbagi cerita. Di sini, penulis bisa mengunggah ceritanya di mana saja dan kapan saja. Begitu pula pembaca yang bisa membaca kapanpun lewat layar smartphone mereka.

Ada pula fitur AudioStory, di mana kamu bisa mendengar cerita lewat versi audio. Yang seru dan menantang, sering ada kompetisi menulis di Storial yang bisa diikuti dengan hadiah yang menarik.

Berkat fitur-fiturnya, aplikasi yang dirilis pada 24 Februari 2016 ini berhasil meraih lebih dari 100 ribu unduhan di Google Playstore.

Nah, itulah 7 aplikasi yang wajib diunduh oleh para book lovers. Tak usah pikir panjang, langsung unduh saja, yuk!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Vegan, Berguna Banget! 

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya