Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Laptop Tetap Awet

Lakukan cara terbaik menggunakan laptop 

Tidak semua orang memahami bagaimana cara merawat laptop dengan baik. Terutama untuk komponen baterai pada laptop, sebagai basis agar laptop dapat dipakai lebih lama. Cenderung dari mereka masa bodoh dengan kinerja  laptop meskipun sudah dapat dirasakan bahwa laptop sudah tidak mendukung lagi untuk dioperasikan. Lalu, bagaimana cara agar orang-orang dapat memahami betul cara menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut?

1. Jangan operasikan laptop di bawah sinar matahari langsung

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Laptop Tetap Awetilustrasi menggunakan laptop di luar ruangan (pexeles.com/Armin Rimoldi)

Seringkali mahasiswa mendapat tugas di luar kampus, sehingga memaksakan diri untuk menghidupkan laptop di bawah sinar matahari. Secara tidak langsung baterai laptop akan meningkatkan kadar panas inilah yang akan berdampak buruk pada laptop. Bahkan, risikonya tidak hanya pada kerusakan baterai tetapi juga pada sistem CPU dan video card.

Apabila keadaan sedang darurat, baiknya cari tempat rindang agar laptop tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

2. Gunakan tas laptop ketika membawa laptop pergi keluar

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Laptop Tetap Awetilustrasi orang membawa laptop (pexels.com/Keira Burton)

Sekarang ini banyak toko ataupun online shop yang menjual berbagai variasi tas laptop. Baik dari warna, variasi ukuran laptop hingga spesifik pada style. Pergunakan tas laptop baik dari bawaan asli maupun tas yang kamu beli lewat online. Tujuannya adalah untuk melindungi laptop dari benturan benda lain semisal kamu satukan dalam satu tempat di dalam tas.

Adanya tas laptop mempermudah kamu mengambil laptop dan meminimalkan jika laptop jatuh tidak langsung terbentur karena ada lapisan dari luar.

Baca Juga: Ikuti Tips 7 Cara Meningkatkan Umur Baterai Laptop, Awet Lebih Lama

3. Jangan meletakkan laptop di atas kasur

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Laptop Tetap Awetilustrasi menggunakan laptop di atas meja (pexeles.com/Kindel Media)

Biasanya ini sering terjadi oleh perempuan. Laptop yang diletakkan di atas kasur bisa menyebabkan kebocoran baterai. Alasannya, ini bisa menyumbat sirkulasi panas pada laptop saat bekerja karena permukaan pada kasur tidaklah rata. Sehingga mengganggu panas yang keluar dari ventilasi udara laptop.

Agar lebih aman sebaiknya gunakan meja sebagai alas untuk menggunakan laptop, ya.

4. Matikan laptop dalam keadaan seluruh folder atau aplikasi tertutup dengan benar

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Laptop Tetap Awetilustrasi tombol off laptop (pixabay.com/Lemons and Tea)

Sebelum mematikan laptopmu pastikan untuk menyimpan dan menutup seluruh folder ataupun aplikasi yang kamu pakai. Ini juga menjadi penyebab kenapa folder sering hilang, sebab belum di simpan dengan benar. 

Selain itu, laptop yang di shut down  dengan benar akan mengurangi hambatan saat dioperasikan nanti.

5. Jangan biarkan laptop nge-drop dalam waktu yang lama

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Laptop Tetap Awetilustrasi pengisian daya baterai pada laptop (pixabay.com/Josemdelaa

Jika ini terjadi, kamu bukan saja merusak kapasitas baterai tetapi juga akan merusak operasional kinerja baterai. Maksimalkan dalam mengisi daya baterai. jangan biarkan terlalu penuh saat mengisi dan jangan biarkan baterai habis karena tidak diisi. Intinya harus bisa memastikan bahwa baterai tercukupi daya saat dipergunakan.

Lakukan perawatan servis minimal dua bulan sekali agar kualitas baterai dan komponen laptop dalam keadaan baik. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar daya kapasitas baterai tetap terjaga.

Sudahkah kamu menghindari salah satu kebiasaan di atas? Tentu kamu akan lebih senang jika baterai laptopmu awet dan tahan lama, kan?

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Malah Bikin Baterai Laptop Cepat Rusak

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Temukan saya di @qoniahm_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya