Comscore Tracker

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Kalian pernah alami yang mana?

Earphone adalah perangkat yang penting buat pengguna ponsel dan juga smartphone. Dalam penggunaanya, para pengguna sering kali mengeluh karena earphone mereka kerap rusak. Entah karena kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Biasanya kerusakan earphone apa aja sih yang sering dijumpai? Lalu solusinya gimana? Simak artikel berikut ya.

1. Putus

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinyacircuitbest.com

Earphone putus adalah hal yang paling sering banget ditemukan. Setiap orang pasti pernah mengalami momen menyebalkan ini.

Biasanya earphone putus karena tertarik tidak sengaja. Untuk mencegahnya kalian harus lebih telaten seperti tidak menggunakannya ketika sedang berlari, berada di tempat yang sangat ramai seperti gerbong kereta, ataupun tidak memakainya saat tidur.

2. Mati Sebelah

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinyawikihow.com

Hal ini benar-benar sangat menjengkelkan. Earphone yang harusnya bunyi keduanya malah mati sebelah. Ini biasanya terjadi karena kabel earphone mengalami putus di dalam. Penyebab lain adalah earphone pernah terbentur, namun kasus ini biasa terjadi pada produk abal-abal.

Untuk mengatasinya, coba dengarkan musik lalu tekuk-tekuk kabel sampai bagian yang mati mengeluarkan suara. Jika sudah tahu lokasi kerusakan, gunting kabel menjadi dua bagian. Kupas kulit luar kabel, lalu kalian bakal melihat beberapa kabel kecil dengan warna yang berbeda. Kupas kembali kabel-kabel tersebut lalu sambungkan sesuai dengan warnanya.

3. Bass Mati

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinyapexels.com/ Burst

Kejadian lain yang menyebalkan adalah ketika bass pada earphone mati. Musik tanpa suara bass ibarat makan mi instan tanpa micin. Hentakan dari basslah yang membuat musik tersebut hidup.

Biasanya bass earphone mati akibat earphone yang kemasukan air. Jangan sekali-kali menyimpan earphone pada kantong baju atau celana karena berisiko tercuci dan membuat bassnya mati.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Headset Gaming Murah yang Terbaik untuk Kamu!

4. Bunyi Pelan

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinyajurnalapps.co.id

Sebenarnya bunyi pelan ini bisa berasal dari dua faktor, yaitu sistem (seperti dari ponsel atau memang musiknya bervolume rendah) dan juga dari earphone itu sendiri. Jika earphone kalian yang bermasalah, coba cek apakah ada kabel yang tertekuk.

Kalian bisa memberi selotip hitam agak bagian tersebut tidak tertekuk. Solusi lain adalah menggunakan aplikasi tambahan untuk memaksimalkan suara.

5. Menyetrum

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinyatheheartysoul.com

Ini adalah masalah yang cukup berbahaya. Earphone yang menyetrum terjadi karena mengalami korsleting dan juga menggunakan earphone ketika ponsel dalam keadaan charging. Banyak beberapa kasus orang yang meninggal akibat menggunakan earphone ketika hp sedang dicharge. Sebaiknya charge dulu ponsel sampai penuh, barulah menggunakan earphone.

6. Patah di Dalam Ponsel

https://www.youtube.com/embed/B1QCXWsFuJ0

Kejadian ini cukup merepotkan karena kalian tidak akan bisa mendengarkan musik dengan earphone akibat patahannya masih tersangkut di jack port. Untuk masalah earphonenya tidak dapat diselamatkan kecuali kalian membeli jack baru dan menyolder kabe-kabel ke jack yang baru.

Hal yang rumit adalah mengeluarkan patahan earphone tersebut. Cara mengakalinya adalah menggunakan cotton bud yang diberi sedikit lem pada ujungnya. Setelah itu masukkan cotton bud dan dorong sampai menyentuh patahan. Diamkan sebentar, lalu tarik cotton bud keluar secara perlahan hingga patahan ikut tercabut.

7. Mati Total

7 Jenis Kerusakan Headset yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinyapexels.com/Pixabay

Earphone yang mati total bisa terjadi karena kabel yang putus, kemasukan air, atau terinjak. Jika kumpulan tip di atas tadi tidak bisa mengembalikan earphone seperti sedia kala, maka satu-satunya cara adalah lembiru alias lempar beli baru. Sudah saatnya mengganti dengan earphone yang baru.

Jadi itulah beberapa kerusakan earphone yang sering ditemui beserta solusinya. Jaga baik-baik earphone kalian, jangan sampai teledor hingga menimbulkan kerusakan yang membuat kalian menyesal.

Baca Juga: Ingin Beli Headset Bluetooth dengan Baterai Awet? Ini 7 Rekomendasinya

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You