Comscore Tracker

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! 

Semakin optimis cari kerja

Di masa pandemik ini, tentu ada dong dari kita yang ingin mencari challenge baru? Nah, ada beberapa hal yang mungkin kita bisa perbaiki, agar calon recruiter tertarik. Salah satunya portofolio.

Portofolio sangatlah penting. Beberapa pekerjaan seperti video editor, graphic designer, penulis dan masih banyak lagi, membutuhkan portofolio yang menarik. Yuk, simak bersama beberapa aplikasi berikut, yang mudah digunakan untuk meningkatkan kualitas portofolio kita!

1. Behance

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! ilustrasi Behance (behance.net)

Pertama, ada Behance sebagai aplikasi yang disarankan oleh creativebloq.com. Behance ini telah digunakan oleh enam puluh juta pengguna.

Behance cukup mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mempersiapkan portofolio, CV dan resume agar terlihat lebih menarik. Ada berbagai macam template untuk kita dan dapat disesuaikan untuk keperluan industri kita.  

2. Adobe Portfolio

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! ilustrasi Adobe Portfolio (portfolio.adobe.com)

Selanjutnya nih, ada ada Adobe Portofolio. Sebenarnya, Adobe Protofolio ini dulu dikenal juga sebagai Behance Pro Site. Untuk Adobe Portofolio ini kita memiliki kebebasan untuk mendesain portofolio kita.  Namun, kalau ada dari kita yang kurang jago untuk membuat desain di aplikasi Adobe, tidak masalah, tinggal ke Behance aja. 

3. Morpholio

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! ilustrasi Morpholio (morpholioapps.com)

Pernah dong, ada saatnya kita harus mempresentasikan portofolio? Morpholio ini sangat cocok untuk kita yang harus bekerja sama dengan beberapa orang untuk membangun portofolio sebelum presentasi. 

Salah satu fitur terbaiknya, penggunanya dapat berkomentar terhadap desain-desain yang ada secara langsung dan berkolaborasi di aplikasi ini. Morpholio ini juga gratis, membuatnya sangat direkomendasikan untuk kita yang bekerja di industri kreatif. 

4. Canva

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! ilustrasi Canva (canva.com)

Selanjutnya kita juga bisa memperbaiki portofolio dengan Canva. Aplikasi ini sudah hampir dikenal oleh semua orang, karena penggunaannya yang sangat mudah. Tak hanya itu saja, di Canva ini ada begitu banyak template yang bisa kita gunakan. 

Baca Juga: Kenali Fitur LinkedIn untuk Lawan Kekerasan dan Pelecehan

5. Projector

https://www.youtube.com/embed/qEoithjCBQ4

Berikutnya, ada Projector. Dalam aplikasi Projector ini, orang-orang juga dapat berkreasi dengan berbagai template yang unik-unik. Tak hanya itu saja, banyak fitur di Projector ini sebenarnya gratis. 

Pokoknya di Projector ini kita bisa membuat poster, template Instagram yang aesthetic. Nah, salah satu fitur yang terbaik dari aplikasi ini, kita dapat mendesain template yang sesuai. 

6. Minimal Folio

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! ilustrasi Minimal Folio (apple.com)

Adakah di antara kamu yang suka portofolio yang aesthetic dan simple? Ada nih, yang cocok untuk kita, Minimal Folio. 

Aplikasi ini benar-benar tidak bermerek, alias tanpa watermark, memastikan pekerjaan kita memiliki presentasi yang simple dan minimalis. Kita juga dapat mengelola beberapa portofolio; gambar dari internet dari album foto kita. 

7. Squarespace

7 Aplikasi untuk Membuat Portofolio Terbaik, yuk Bikin! ilustrasi Squarespace (squarespace.com)

Squarespace ini sebenarnya bukan aplikasi untuk membuat portofolio. Squarespace ini sebenarnya lebih untuk membangun website. Tapi, kalian tahu kan, bahwa untuk penulis, kita juga dapat membuat portofolio tulisan kita agar lebih menarik. 

Tak hanya itu saja, untuk kita yang mungkin bekerja dalam bidang foto juga dapat membuat aesthetic dan terlihat lebih profesional. Squarespace ini cocok sekali untuk kita yang ingin menggunakan waktu luang untuk benar-benar membangun portofolio. 

Dan itulah beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki portofolio kita. Namun, jangan lupa nih untuk memilah kembali apa yang ingin kita masukan di portofolio kita.

aquent.co.uk menyarankan agar kita memasukkan proses perjalanan karier kita, profil mengenai kita dan juga jangan lupa untuk memberikan yang terbaik. Selamat mencoba. 

Itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki portofolio kita. Jangan lupa untuk memilih hasil atau karya terbaik, agar lebih menarik. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Avatar, Coba yuk

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya