Comscore Tracker

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol Spesial

SEGA udah, Nintendo udah, terus habis gini apa? Atari?

Belum berselang satu bulan setelah pengumuman adanya konsol baru bernama Polymega dan kontroler Nintendo Switch dalam bentuk kontroler Nintendo Entertainment System, Sony turut mengumumkan akan hadirnya konsol kenangan. Namanya PlayStation Classic. Ini adalah replika dari PlayStation 1 yang rilis di 1995 dan menjadi permulaan dari sejarah PlayStation. Konsol ini begitu diagung-agungkan oleh para pemainnya dikarenakan banyaknya konsep game yang sangat inovatif, menjadi cikal bakal konsep-konsep game jaman sekarang. Begini kenampakannya di Tokyo Game Show dalam booth Sony:

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol Spesialkotaku.com/Brian Ashcraft

Tentu saja PlayStation Classic berbeda dengan PlayStation 1. Pertanyaannya adalah apa sajakah hal yang berbeda dari kedua konsol ini sehingga meyakinkan kita untuk memilikinya? Berikut adalah beberapa informasi penting seputar PlayStation Classic!

1. Ukuran yang lebih kecil

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol Spesialplaystation.com

Di dalam video teaser-nya, PSC dikenalkan memiliki desain yang sama dengan versi awal PS1. Akan tetapi konsol kenangan ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Setidaknya mereka klaim PSC memiliki ukuran 45 persen lebih kecil ketimbang PS1.

2. Adanya output HDMI

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol SpesialAmazon.com

PS1 di jaman dahulu hanya memiliki sistem untuk dikoneksikan ke televisi menggunakan kabel AV. Di PSC, hal tersebut telah dikembangkan dengan memberikan colokan HDMI di bagian belakang sehingga para pengguna bisa memainkannya di televisi ataupun proyektor jaman sekarang. Selain itu, kabel powernya pun diganti dengan USB port.

3. Kontroler replika versi awal

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol SpesialAmazon.com

Mereka yang memesan konsol ini akan mendapatkan dua kontroler langsung. Kontroler ini bukanlah versi dualshock di mana terdapat sistem getar sekaligus analog. Kontroler yang ada di PSC adalah kontroler PS1 di era awal yang hanya memberikan sistem tombol saja.

Baca Juga: Mengapa Kontroler PlayStation Itu Segitiga, Kotak, Lingkaran dan X?

4. Desain yang serupa

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol SpesialAmazon.com

Kenostalgiaan PSC datang dari desainnya. Terdapat tombol buka di sisi kanan konsol untuk membuka PSC dan memasukkan CD game-nya, sedangkan di kanan merupakan tombol power. Terdapat pula tombol reset untuk memutar ulang game. Dan jika kamu perhatikan lebih lanjut, terdapat pula memory card port yang digunakan untuk memasang memory card. Belum diketahui lebih lanjut apakah port itu akan berfungsi atau tidak.

5. Mendapatkan game-game klasik

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol Spesialign.com

Ketika membeli konsol ini, para kostumer akan mendapatkan 20 game klasik secara langsung. Adapun game-gamenya yang telah diketahui adalah Final Fantasy VII, Wild Arms, Jumping Flash, Ridge Racer Type 4, dan Tekken 3. Game-game lain yang diperkirakan akan ikut dalam bundling ini salah satunya adalah Lunar.

6. Banyak pertanyaan yang muncul

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol SpesialAmazon.com

Pengumuman PSC juga memberikan pertanyaan kepada para penggunanya. Beberapa pertanyaan itu adalah:

  • Apa game ini masih memerlukan memory card untuk melakukan save?
  • Menggunakan sistem USB / memory kah untuk memainkan ini ataukah sepenuhnya CD, ataukah bisa keduanya?
  • Apa semua CD-CD game PS1 terdahulu kompatibel dengan konsol ini tanpa adanya keterbatasan area?
  • Apakah game-game klasik yang nanti dikeluarkan ikut mengalami pengembangan ataukah tetap dibiarkan seperti versi terdahulu?
  • Akankah pembeli juga mendapatkan USB AC adapter ataukah tidak? Jika iya, apakah adapter tersebut bakal disesuaikan dengan stop kontak di tiap area?
  • Jika dibuka service resminya, bisakah kita memperbaiki juga PS original yang dulu?

7. Pre-order telah dibuka

7 Hal Tentang PlayStation Classic yang Membuatnya Jadi Konsol Spesialign.com

Pre-order konsol dengan tema retro ini telah dibuka beberapa jam setelah pengumumannya melalui video. Untuk pemesanannya, kamu perlu mengeluarkan uang berkisar US$ 99 atau sekitar Rp1,5 hingga Rp2 juta. Pesanan bisa dilakukan di Walmart, Amazon, GameStop dan Best Buy. Konsol ini akan dirilis pada 3 Desember nanti. Itu berarti konsol ini sangatlah cocok untuk hadiah natal.

Menurutmu, setelah ini akan keluar konsol apa lagi? Jangan tergesa-gesa untuk membelinya lho, mengingat adanya Polymega yang dapat menangani beberapa konsol sekaligus. Tunggu review-nya saja.

Baca Juga: PlayStation 2 Resmi Ditutup, Ini 7 Hal Yang Pasti Akan Gamer Rindukan!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya