Comscore Tracker

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!

Diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya

Mengalahkan konsol yang sering disebut sebagai ‘ketidaknyamanan’, PC tumbuh menjadi salah satu hal terbaik yang terjadi pada industri video game sejak pergantian abad. Bagaimana tidak? setiap harinya, rig PC gaming yang ‘menghancurkan’ konsol tradisional diproduksi secara massal.

Akan tetapi, PC tak selamanya menguntungkan dan lebih baik dari konsol. Salah satu kelemahan yang dimiliki PC adalah ukuran gamenya yang tidak masuk akal, bahkan sampai ratusan GB untuk satu game saja. Berikut beberapa game dengan ukuran terbesar.

1. Gears Of War 4 – 112 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!slantmagazine.com

Mampu melihat melalui ‘kacamata’ senjata ketika menembak memang menyenangkan, namun ada sesuatu yang lebih spesial ketika bisa melihat karakter ‘secara penuh’. Gears Of War 4 merupakan salah satu dari sedikit game third-person shooter yang mampu menangkap visual itu dengan sempurna.

Tentu, itu harus dibayar dengan ukuran file yang tidak main-main mencapai 112 GB. Dengan mekanisme yang luar biasa, plot dari Gears Of War 4 juga cukup melibatkan emosi di mana pemain berperan sebagai anak dari Marcus Fenix yaitu JD, bersama dengan dua rekannya, Kait dan Del.

2. Call Of Duty: Black Ops III – 113 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!thekoalition.com

Salah satu judul paling populer dari franchise Call Of Duty yaitu Black Ops III, dikembangkan oleh Treyarch dan diterbitkan oleh Activision. Pasca perilisannya di tahun 2015, game ini disambut dengan banyak ulasan positif, terutama untuk mode Zombies-nya yang terbukti sangat sulit.

Mode multiplayer-nya juga berhasil memberikan tingkat kebahagiaan ke level yang lebih tinggi, berkat kehadiran sepuluh karakter yang masing-masing memiliki senjata dan kemampuan unik sendiri-sendiri. Untuk ukuran file, Black Ops III tidak jauh berbeda dengan Gears Of War 4 di angka 113 GB.

3. Final Fantasy XV – 148 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!extremetech.com

Para penyelamat tanah Lucis pada Final Fantasy XV bukanlah sekelompok orang ‘tidak layak’ seperti banyak judul sebelumnya, melainkan orang-orang penting yaitu pangeran Noctis, Gladiolus, Ignis dan Prompto. Sama seperti pendahulunya, elemen role-playing dan dunia terbuka FFXV dieksekusi dengan sangat baik.

Tambahkan itu dengan combo jarak dekat dan visual yang memukau, FFXV siap untuk mengajak gamer manapun terpaku kepadanya selama berjam-jam. Ukuran file game dasar FFXV sejatinya hanya 85 GB, namun dengan tambahan ekspansi hi-res bisa naik hingga 148GB.

Baca Juga: 7 Game PC Klasik yang Kini Tersedia di Android, yuk Kita Bernostalgia!

4. Red Dead Redemption 2 – 150 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!pushsquare.com

Mengikuti kesuksesan besar game sebelumnya, beberapa bulan menjelang perilisan Red Dead Redemption 2 dipenuhi dengan segudang antusiasme dan hype. Akhirnya, mahakarya terbesar Rockstar ini dirilis pada tahun 2018, diikuti dengan versi PC-nya pada November 2019.

Mulai dari terlibat dengan pertempuran baku tembak melawan geng rival hingga mengeksekusi pencurian besar-besaran, Red Dead Redemption 2 menawarkan segala yang terbaik yang dimiliki oleh Wild West. Untuk mengakomodasi kualitas terbaiknya, RDR2 versi PC memiliki ukuran ‘monster’ hingga 150 GB.

5. Destiny 2: Shadowkeep – 165 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!playstation.com

Game lain yang baru-baru ini dirilis untuk daftar ini adalah Destiny 2: Shadowkeep – yang merupakan ekspansi besar untuk Destiny 2 di mana bulan menjadi medan perang utama. Di atasnya, pemain harus berhadapan dengan sejumlah musuh yang tangguh sembari mencari karakter bernama Eris Morn.

Terlepas dari fakta bahwa bulan sudah digunakan di ekspansi sebelumnya, Shadowkeep yang ‘menggemukkan’ ukuran Destiny 2 menjadi 165 GB, tetap membawa beberapa hal baru seperti mode PvP dan PvE, serta senjata dan artefak untuk gameplay yang lebih bervariasi.

6. Call Of Duty: Modern Warfare – 175 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!humblebundle.com

Bagi banyak gamer, Call Of Duty: Modern Warfare adalah game yang merefleksikan bagaimana luar biasanya tahun 2019 bagi industri video game. Mode campaign-nya ditempatkan dalam latar dunia modern sesuai namanya, dan bercerita tentang aliansi ‘tidak mungkin’ di antara CIA, SAS dan pemberontak Urzikstan melawan penjajah Rusia.

Realisme tetap jadi ciri khas dari judul ‘reboot’ ini, terutama dengan keputusan yang kini sepenuhnya di tangan pemain. Dengan visual dan detail yang bisa dibilang next-gen, COD: MW punya ukuran file yang cukup gila di 175 GB.

7. Quantum Break – 178 GB

7 Game dengan Ukuran File Terbesar, Bahkan Sampai Ratusan GB!maroonersrock.com

Bukan tanpa alasan game third-person shooter dari Remedy Entertainment dan Microsoft Studios – Quantum Break, memiliki ukuran file yang sangat besar hingga 178 GB. Dengan pembaruan rutin yang meningkatkan kualitas permainan, ukuran file Quantum Break terus naik sejak dirilis pada tahun 2016.

Dipuji karena memadukan game dan live-action dengan luar biasa, Quantum Break menawarkan visual memikat, plot gila dan karakter menarik. Time travel menjadi tema yang selalu gagal dikerjakan oleh film, namun Quantum Break berhasil mencapai standar itu.

Demikian tadi sedikit ulasan menarik mengenai game dengan ukuran file terbesar. Sudah pernah memainkan game dalam daftar di atas?

Baca Juga: 7 Video Game Paling Berpengaruh dalam Satu Dekade Terakhir

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya