Comscore Tracker

7 Game Horor Menyeramkan yang Berlatar di Rumah Sakit

Hadirkan nuansa angker yang mencekam

Dari sekian banyaknya tempat, rumah sakit menjadi salah satu tempat atau bangunan favorit yang dipilih sebagai latar tempat utama dari game horor. Baik rumah sakit biasa maupun rumah sakit jiwa, tempat ini dipilih karena nuansa angker dan mengerikan yang dimilikinya dapat dengan mudah membuat pemain gelisah dan merasa tidak nyaman.

Dalam beberapa tahun terakhir ada cukup banyak game horor yang mengadopsi rumah sakit sebagai latar tempat utama, dan banyak yang mengeksekusi hal tersebut dengan sangat baik. Berikut beberapa di antaranya yang paling menyeramkan!

1. Silent Hill 2

https://www.youtube.com/embed/dk7JkSArEdQ

Hingga kini, bisa dibilang belum ada game horor survival yang seikonik Silent Hill 2. Meski telah berpuluh-puluh tahun sejak pertama kali dirilis untuk PS2, Silent Hill 2 tetap dianggap sebagai salah satu game horor terbaik berkat elemen psikologis yang sempurna, cerita yang menarik untuk terus diikuti, dan tentu saja berbagai lokasi menakjubkan yang dijelajahi karakter pemain yaitu, James Sunderland.

Salah satu lokasi yang paling menyeramkan adalah Brookhaven Hospital. Di samping mencekam, rumah sakit jiwa tersebut juga dihuni oleh salah satu karakter antagonis berupa perawat yang disebut Bubble Head Nurse.

2. Outlast

https://www.youtube.com/embed/uKA-IA4locM

Outlast merupakan salah satu game horor mengerikan dengan karakter utama Miles Upshur, yakni seorang jurnalis yang berusaha menginvestigasi sebuah rumah sakit jiwa terkenal bernama Mount Massive Asylum.

Rumah sakit tersebut berada di daerah pegunungan dan di awal perjalanannya menuju ke sana, Miles hanya disambut dengan kegelapan, kabut, dan suara menakutkan yang datang dari kejauhan.

Tidak hanya itu, bagian dalam dari Mount Massive Asylum juga jauh dari kata bersahabat, di mana Miles terus diburu oleh salah satu penghuninya dan buruknya, tanpa senjata untuk bisa melawan.

3. The Evil Within

https://www.youtube.com/embed/H2qITQHud2I

The Evil Within merupakan game hasil buah pikiran Shinji Mikami yang notabene merupakan kreator dari game pertama Resident Evil. Karenanya, tak heran jika game yang satu ini sama seperti Resident Evil, memuat banyak lokasi mengerikan.

Salah satu yang diketahui adalah Beacon Mental Hospital, rumah sakit kumuh yang benar-benar menyeramkan dan menjadi “rumah” untuk antagonis dan salah satu karakter sentral game, yaitu Ruvik dan Leslie Withers. Beacon Mental Hospital memiliki semua yang bisa diharapkan dari rumah sakit angker mulai dari darah, mayat, hingga hantu.

Baca Juga: 7 Game Horor Mengerikan yang Terinspirasi Cerita Rakyat

4. Until Dawn

https://www.youtube.com/embed/3NcF7EOnjow

Until Dawn mengusung pendekatan di mana pemain bisa memilih jalan mereka sendiri, yang mana ini berhasil dieksekusi dengan baik lewat genre horor yang dimilikinya.

Berkisah mengenai segerombolan remaja di kabin pegunungan terpencil, Until Dawn menyiapkan banyak kengerian untuk meneror para pemain. Salah satu lokasi paling menyeramkan dalam game ini adalah Blackwood Sanitorium yang muncul menjelang akhir permainan. Blackwood Sanitorium sendiri sejatinya merupakan resor yang juga digunakan sebagai suaka bagi orang-orang yang mengalami gangguan jiwa.

5. Silent Hill: Homecoming

https://www.youtube.com/embed/ryTnY9IRDLk

Salah satu lokasi awal yang akan pemain jelajahi di Silent Hill: Homecoming adalah Alchemilla Hospital. Sama seperti halnya Brookhaven Hospital, Alchemilla Hospital juga menjadi salah satu rumah sakit paling mengerikan di seri Silent Hill.

Bukan tanpa alasan, rumah sakit tersebut sangat gelap dan seakan penuh akan penghuni yang mengintai pemain dari berbagai sudut. Dalam rumah sakit yang juga membantu menjelaskan pentingnya Toluca Lake di Silent Hill itu, sang karakter utama, yaitu Alex Shepherd, juga bertemu dengan saudaranya, meski pertemuan itu justru menciptakan kebingungan baru baginya.

6. Tormented Souls

https://www.youtube.com/embed/JN4DmhYZbz0

Tormented Souls menjadi game terbaru di daftar ini yang seakan kembali membangkitkan masa-masa kejayaan game horor survival dengan menghadirkan rumah sakit mengerikan bernama Winterlake.

Rumah sakit tersebut nampak seperti perpaduan dari Spencer Mansion di Resident Evil dengan atmosfir mencekam yang dimiliki oleh Silent Hill 2. Dari awal, terlihat sangat jelas jika Winterlake menjadi saksi bagi banyaknya tindakan keji. Winterlake menyimpan banyak rahasia gelap yang ingin untuk segera diungkap, di samping berisi banyak penghuni jahat yang ingin menyakiti karakter pemain dari berbagai sisi.

7. Infliction: Extended Cut

https://www.youtube.com/embed/cfXKipN8J6c

Infliction: Extended Cut merupakan salah satu game horor terbaik di mana sang karakter utama menjelajahi berbagai lokasi seperti rumah berhantu, hutan, dan rumah sakit jiwa. Game ini seakan memadukan P.T. dan Layers of Fear dengan cerita yang sangat mengganggu.

Dari sekian banyaknya lokasi yang diusung, rumah sakit jiwa menjadi yang paling mengerikan ketika berbicara soal tingkat keseraman. Meski memang tidak sekumuh rumah sakit jiwa di banyak game horor lain, rumah sakit jiwa dalam game ini tetap menyeramkan, terlebih lewat fakta bahwa pemain hanya dibekali kamera untuk menemukan kunci, pintu, dan pesan tersembunyi.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi game horor menyeramkan yang berlatar di rumah sakit. Berani menguji adrenalin dengan memainkan semua game di atas?

Baca Juga: 7 Game Horor Psikologis Paling Menguji Mental di 2022

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya