Comscore Tracker

12 Game Apokaliptik Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Waktu Luangmu

Apa kamu suka dengan game tentang akhir dunia?

Sebagai pencinta game PC dan konsol, tentunya kamu tahu apa itu game apokaliptik, kan? Yup, game bertema apokaliptik merupakan game dengan latar belakang cerita mengenai kehancuran dunia, bahkan akhir dari kehidupan manusia. Selain seru dan menantang, game bergenre apokaliptik kerap dikumpulkan menjadi sebuah koleksi karena biasanya dibuat dalam bentuk serial.

Nah, di antara banyak game bertema apokaliptik, setidaknya ada dua belas judul yang dianggap sebagai game apokaliptik terbaik hingga saat ini. Kamu bisa memainkan game keren ini untuk mengisi waktu luangmu. Yuk, disimak!

1. Left 4 Dead (2008)

https://www.youtube.com/embed/Z5g3mrK82VA

Left 4 Dead adalah game bertema apokaliptik yang dirilis pada 2008 untuk PC dan konsol Xbox 360. Game buatan Valve South ini akan menugaskan kamu untuk menjadi penyintas di tengah ganasnya dunia yang sudah terinfeksi oleh virus zombi. Pola permainannya cukup sederhana, yakni berjalan dari satu titik ke titik lainnya sampai selamat.

Meskipun memiliki pola permainan yang cukup sederhana, game yang seri keduanya dirilis pada 2009 ini ternyata disukai oleh banyak gamer di dunia. Dengan sistem multiplayer yang apik, survival horror game ini dapat dengan mudah membuat banyak orang jatuh hati. Satu lagi, kamu bisa memilih satu dari empat tokoh utama untuk kamu mainkan. Tentu saja, kamu akan menyelesaikan misi secara berkelompok sebanyak empat orang tadi.

2. Telltale: The Walking Dead (2012)

https://www.youtube.com/embed/7Ly9cDgH15I

Mirip dengan jalan cerita dalam buku komik, The Walking Dead yang dikeluarkan oleh Telltale ini mampu meraih skor tinggi oleh mayoritas pengguna Steam. Faktanya, game yang episode pertamanya dirilis pada 2012 lalu ini memang memiliki jalan cerita yang dalam dan intens.

Dari awal, kamu akan mengikuti cerita dari tokoh utama yang harus bertahan hidup di tengah pandemik zombi. Tugas itu tidaklah mudah karena sang tokoh utama juga harus melindungi seorang anak kecil yang telah kehilangan orangtuanya. Nah, kalau suka dengan game apokaliptik dengan cerita yang dalam, kamu bisa memainkan game buatan Telltale Games ini.

3. Resident Evil 3 (2020)

https://www.youtube.com/embed/vXM0VzI2N4U

Jika pernah memainkan game Resident Evil 3: Nemesis yang dirilis pada 1999 untuk PlayStation, kamu pasti akan rindu untuk bernostalgia dengan game buatan Capcom tersebut. Bukan tanpa sebab, Resident Evil 3: Nemesis diyakini oleh banyak gamer sebagai seri Residen Evil terbaik yang pernah dibuat oleh Capcom.

Nah, untuk mengobati rasa rindu kita sebagai pencinta game zombi, Capcom telah merilis game yang sama dengan judul Resident Evil 3 pada 2020 ini untuk PC, PS4, dan Xbox One. Jalan ceritanya juga dibuat mirip dengan pendahulunya. Namun, tentu saja, grafis yang ditampilkan jauh lebih baik dan berkualitas. Gimana? Udah siap menghadapi Nemesis bersama Jill Valentine?

4. Fallout 3 (2008)

https://www.youtube.com/embed/iYZpR51XgW0

Bukan berarti seri Fallout lainnya tidak bagus. Namun, harus diakui bahwa Fallout 3 menjadi salah satu karya terbaik Bethesda Game Studios. Di awal cerita, kamu akan menjalani kehidupan masa kecil hingga remaja di dunia bawah tanah. Nah, suatu saat, ayahmu menghilang dan kamu mencari tahu keberadaannya di dunia luar yang ternyata sudah hancur.

Game ini dirilis untuk PC, PS3, dan Xbox 360 sehingga untuk masalah grafis bisa dibilang kalah dengan game terkini. Namun, dengan gameplay asyik dan pengalaman baru untuk menjadi penyintas di dunia apokaliptik, kamu akan betah berlama-lama memainkan RPG ini.

5. World War Z (2019)

https://www.youtube.com/embed/m_EGqXQ0IKI

Terinspirasi dari kesuksesan filmnya, World War Z versi game dibuat di bawah bendera developer bernama Saber Interactive. Ceritanya juga mirip, yakni berlatar belakang lingkungan dunia yang babak belur akibat wabah zombi. Dalam game ini, kamu gak akan menemukan zombi yang lambat dan berjumlah sedikit. Sebaliknya, ribuan zombi yang berlari cepat harus kamu hadapi dengan senjata yang terbatas.

Game yang sepintas mirip dengan Left 4 Dead ini dirilis untuk PC, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch. Oh ya, khusus untuk PC, game ini meminta spesifikasi PC yang cukup tinggi. So, tunggu apa lagi? Akhir pekan adalah waktu yang pas untuk membantai zombi. Sudah siap?

6. Plant vs. Zombie (2009)

https://www.youtube.com/embed/CHAbHz8iYHc

Jangan salah, game sederhana macam Plant vs. Zombie juga bisa menjadi salah satu game terbaik, lho. Mau bukti? Mayoritas pemain di Steam memberikan skor sempurna untuk game buatan PopCap Games ini, yakni 10/10. Bahkan, sampai saat ini, game ringan tersebut masih sering dimainkan oleh banyak kalangan.

Meskipun terlihat sederhana, bukan berarti game ini mudah untuk dimainkan. Sejalan dengan level yang kamu selesaikan, permainan akan semakin sulit dan menantang. Bahkan, variasi serangan dari berbagai macam zombi juga akan berkembang dan cukup menyulitkan. Pokoknya, kamu mainkan saja game keren ini, dijamin seru!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Game Hewan Peliharaan Virtual Terbaik

7. Dead Island (2011)

https://www.youtube.com/embed/Bwtr_-4vz6g

Dead Island merupakan survival horror game yang memiliki grafis sangat bagus di zamannya. Di sebuah pulau yang sangat indah, kamu akan menjadi salah satu penyintas yang harus bertahan hidup di tengah wabah zombi. Sebetulnya, game buatan Techland ini memiliki cerita yang sangat mainstream dan linear.

Dalam beberapa waktu, ada bagian-bagian game yang mungkin dirasa agak membosankan. Namun, terlepas dari itu semua, Dead Island yang bisa dimainkan di PC, PS3, dan Xbox 360 ini masih layak kamu mainkan di akhir pekan kamu.

8. The Last of Us (2013)

https://www.youtube.com/embed/46ohP30YA_Y

Naughty Dog selaku pengembang game profesional memang jago dalam menelurkan banyak game berkualitas, salah satu judulnya The Last of Us. Ya, dari judulnya saja, kita bisa mengetahui bahwa game ini akan menceritakan tentang kehancuran dunia akibat sesuatu.

Benar saja, game yang dirilis untuk PS3 dan PS4 ini memang menceritakan petualangan tokoh utama di tengah dunia yang porak-poranda akibat wabah misterius yang mengubah manusia menjadi zombi. Hebatnya lagi, game ini justru berfokus pada drama dan bukan pada pembantaian zombi layaknya game apokaliptik lainnya.

9. Days Gone (2019)

https://www.youtube.com/embed/p9XlSvnRk3E

Grafis ciamik dan gameplay seru menjadi bagian penting dalam memasarkan sebuah judul game. Faktanya, game buatan SIE Band Studio berjudul Days Gone memang layak mendapat jempol. Dalam game ini, kamu akan menemukan banyak sekali zombi yang akan menyerangmu dari berbagai macam sisi.

Tugasmu adalah berlari sembari menembak zombi yang ada di belakangmu. Dengan kecepatan dan kelincahan dalam menghindari serangan zombi, kamu akan merasakan keseruan yang intens yang gak membosankan. Gimana? Kamu coba deh. Pasti seru, lho!

10. State of Decay (2013)

https://www.youtube.com/embed/edVYXynxzio

State of Decay adalah game apokaliptik yang dibuat oleh Undead Labs dan dirilis pada November 2013. Game ini cukup unik karena menawarkan sesuatu yang baru, yakni bagaimana seharusnya bertahan hidup di tengah kehancuran dunia. Mulai dari mengumpulkan perbekalan, membangun markas, mencari obat-obatan, hingga merakit senjata, semuanya bisa kamu lakukan dalam game ini.

Dengan sistem open world, pemain juga disuguhkan dengan luasnya dunia dan segala macam keindahannya. Meskipun secara kualitas grafis masih tidak sebagus game konsol terkini, State of Decay masih tetap seru untuk kamu mainkan di akhir pekan.

11. I Am Alive (2012)

https://www.youtube.com/embed/uUfBJrnrPNg

Darkworks dan Ubisoft Shanghai pernah merilis game yang cukup bagus pada 2012 lalu berjudul I Am Alive. Game ini tentu saja menceritakan tentang kehancuran dunia dan dampaknya yang masih harus dirasakan oleh orang-orang yang masih hidup. Fokus pada game ini adalah bertahan hidup di tengah minimnya rasa kemanusiaan dari mayoritas orang yang tersisa di muka Bumi.

Kehancuran kota digambarkan cukup baik. Selain itu, menjalankan peran tokoh utama sebagai orang biasa juga tidak begitu mudah mengingat tidak ada persenjataan yang bombastis dalam game ini. Jika kamu merupakan gamer yang gak suka jalan cerita yang lambat, mungkin kamu gak akan cocok dengan game yang satu ini. Namun, gak ada salahnya juga dicoba untuk mengisi waktu senggangmu.

12. Gears of War (2006)

https://www.youtube.com/embed/wy8LRlS1SCc

Semua serial game Gears of War terbilang bagus dan mendapatkan skor tinggi oleh banyak pemain di dunia. Namun, pada seri pertama yang dirilis pada 2006 lalu, game ini telah menjadi tonggak sejarah dan tolok ukur bagaimana seharusnya game apokaliptik itu dibuat. Grafis keren, gameplay oke, jalan cerita yang dalam, dan karakter yang badass membuat game buatan Epic Games ini menjadi karya terbaik pada 2006 lalu.

Kamu akan bermain sebagai Marcus Fenix, seorang tentara yang tergabung dalam pasukan khusus untuk berperang menghadapi The Locust Horde, pasukan alien jahat yang berasal dari dunia bawah tanah. Oh ya, ini juga menjadi salah satu game yang membuat penjualan konsol Xbox 360 meningkat secara drastis dan dapat bersaing ketat dengan konsol PS3 di Asia dan Amerika Serikat.

Itulah beberapa game terbaik bertema apokaliptik. Apa kamu sudah siap memainkan banyak game keren tersebut?

Baca Juga: Fans SimCity, Ini 8 Game Bangun Kota Terbaik Paling Unik

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya