Comscore Tracker

Langsung dari Ahlinya, Ini Tips Jadi YouTuber Gamer Keren!

Yuk curi ilmunya!

Setuju gak kalau YouTube disebut sebagai salah satu kiblat baru media di era millennials? Seiring berjalannya waktu website video sharing ini gak hanya jadi sumber informasi, tapi juga tempat mencetak konten-konten bermutu dan mengangkat talent-talent tersembunyi.

Seperti yang ditunjukkan pada YouTube FanFest Showcase Surabaya pada 6 sampai 8 Oktober 2017 ini. Banyak sekali para kreator alias YouTuber yang memberi insight menarik bagi para pengunjung dan anak-anak muda yang juga ingin menjadi kreator mumpuni.

USHI Gaming, YouTuber asli Surabaya yang digandrungi para penonton dari luar negeri!

Langsung dari Ahlinya, Ini Tips Jadi YouTuber Gamer Keren!Triadanti/IDN Times

Mungkin sebagian dari kamu belum tahu apa atau siapa itu USHI GAMING. Meski begitu, channel khusus mobile video game ini sudah punya banyak pengikut setia dari Singapura, Filipina, Jepang dan Amerika Serikat.

Salah satu yang membuat USHI begitu unik dibandingkan YouTuber gaming lain di Indonesia adalah kemampuan dwibahasa yang ia manfaatkan dalam setiap videonya. USHI biasanya menggunakan bahasa Jepang dengan teks Inggris atau sebaliknya, dengan begini ia bisa merangkul pangsa pasar penonton yang jauh lebih luas.

Kepada IDN Times, Ushi yang punya nama asli Erdwin Susanto Wijaya, bercerita bahwa kemampuan bahasa Jepangnya didapat langsung di negeri sakura. Dia belajar di sekolah bahasa di Jepang selama dua tahun. Sementara ia fasih bahasa Inggris karena sudah diajari di sekolah sejak SD ditambah kemauan untuk belajar otodidak.

Menurutnya untuk memulai channel YouTube yang penting bukanlah alat yang mahal, tapi ide yang unik dan berbeda. "Percuma beli equipment mahal-mahal kalau penontonnya gak ada! Manfaatkan saja dulu peralatan yang ada, lalu upgrade seiring perkembangan channel." ujarnya saat tampil di YouTube FanFest Showcase Surabaya 2017. Memilih game yang akan dijadikan konten juga penting lho!

Game yang populer memang lebih mudah dicari penonton, namun sudah banyak pula YouTuber lain yang lebih difavoritkan. Sementara dengan memainkan game yang belum tenar, kamu punya kesempatan untuk jadi yang terbaik dan jika suatu saat nanti game-nya booming, namamu juga bakal ikut melonjak.

Pesan USHI buat para YouTuber yang baru memulai: Jangan berhenti membuat video meski belum kunjung panen viewer.

Langsung dari Ahlinya, Ini Tips Jadi YouTuber Gamer Keren!Triadanti/IDN Times

Menurut Ushi yang biasa jadi kendala para YouTuber baru adalah mudah menyerah karena merasa tak kunjung dapat hasil yang diinginkan. Ia berpesan kepada para YouTuber baru untuk jangan berhenti membuat video meski belum kunjung ada yang sukses, karena kelak bakal ada satu breakthrough, satu video yang viral kemudian ikut mendongkrak channel-mu!

Baca juga: Membanggakan, 6 YouTuber Indonesia Peraih Gold Button

Tepe46 mengawali channel dari gaming dan terus mengembangkan berbagai konten menarik lainnya.

Langsung dari Ahlinya, Ini Tips Jadi YouTuber Gamer Keren!Triadanti/IDN Times

Cowok asal Jember ini memulai akun YouTube-nya sejak setahun yang lalu dengan growth yang begitu besar. Mengawali channel-nya dengan video gaming, Tepe yang bernama asli Teguh Prakoso, mengembangkannya untuk mengekspresikan berbagai hal yang ia sukai. Mulai dari game, musik, sampai webseries.

Gaming memang menjadi salah satu daya tarik terbesar dari akun Tepe46. Namun, berbeda dengan gamer YouTuber lainnya, Tepe ingin menyajikan berbagai spektrum dalam hidupnya kepada subscribers-nya lewat aneka cabang tema tadi. Selain itu, Tepe mengungkapkan kepada IDN Times bahwa salurannya punya kelebihan lain yaitu "Channel-ku bisa dibilang sebagai pelopor channel live streaming di Indonesia".

Ketika ditanya apa gak takut kehilangan pengikut setia karena hobi "bereksperimen" dengan channel-nya, Tepe mengatakan bahwa ia selalu mengingatkan dirinya bahwa ide awal membangun Tepe46 adalah untuk berekspresi dan berkarya, bukan untuk dikontrol oleh orang lain atau mencari keuntungan semata.

Namanya juga bekerja dalam bidang kreatif, pasti ada kalanya ide seret dan stuck. Tapi Tepe selalu bisa mengatasinya dengan mudah. "Caraku mengatasinya ya jalan-jalan, ngobrol sama berbagai orang, ngopi, biasanya dari situ ide-ide segar muncul."

Pesan Tepe46 untuk para YouTuber baru: Nikmati prosesnya jangan kejar hasilnya semata.

Langsung dari Ahlinya, Ini Tips Jadi YouTuber Gamer Keren!Triadanti/IDN Times

Tepe berpesan kepada para YouTuber baru untuk membangun channel mereka karena memang ingin berkarya, bukan sekadar ingin terkenal atau mencari keuntungan. "Nikmati prosesnya, jangan kejar hasilnya doang!" ujarnya sambil tersenyum lebar. Dengan begitu, karya yang dihasilkan akan jadi lebih bermakna dan kamu bisa melakukannya dengan hati gembira.

Itulah tadi tips jadi YouTuber Gamer keren dari USHI Gaming & Tepe46 yang mereka bagikan di YouTube FanFest Showcase Surabaya 2017. Jadi jangan asal ikut-ikutan bikin channel aja kalau kamu ingin serius jadi kreator sukses. Punya panutan boleh, jadi penjiplak jangan. Tetap konsisten dan jangan menyerah!

Baca juga: Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Kenal 10 Tamu YouTube FanFest Showcase Surabaya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya