Comscore Tracker

Snapchat Rilis Fitur Ramah Penyandang Disabilitas, Inklusif!

Ekspresi diri makin mudah dengan Snapchat

Sebagai media sosial dengan pengguna paling bahagia di dunia, Snapchat ingin memberdayakan semua orang agar bisa mengekspresikan diri secara autentik. Mengusung empati dan inklusivitas, Snapchat ingin aplikasinya bisa bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Pada 2022, Snapchat telah meluncurkan berbagai fitur ramah untuk penyandang disabilitas sebagai bagian komitmen tersebut. Jadi, apa saja fitur inklusif terbaru yang dirilis oleh Snapchat? Para Snapchatter, inilah fitur terbaru Snapchat tersebut!

1. Bitmoji mendukung penyandang disabilitas

Snapchat Rilis Fitur Ramah Penyandang Disabilitas, Inklusif!stiker Bitmoji ramah disabilitas (Dokumentasi Snap)

Sebagai salah satu fitur utama dalam Snapchat, Bitmoji adalah fitur personalisasi dari Snapchat agar pengguna bisa membuat avatar atau stiker diri sendiri. Stiker ini bisa digunakan di Snapchat atau aplikasi media sosial lainnya.

Pembaruan Snapchat mulai dari Bitmoji. Sesuai dengan rilisan yang diterima IDN Times, penyandang disabilitas yang menggunakan Snapchat bisa membuat Bitmoji mereka sendiri lengkap dengan tongkat, alat bantu dengar, atau pose 3D dengan kursi roda dengan variasi warna yang disukai.

Baca Juga: SPS 2022: Snapchat Umumkan Fitur Kamera AR dan Drone Baru

2. Edukasi bahasa isyarat lewat lensa AR Snapchat

Snapchat Rilis Fitur Ramah Penyandang Disabilitas, Inklusif!fitur ASL Alphabet Lens di Snapchat (Dokumentasi Snap)

Saat ini, dunia makin memeluk erat teknologi realitas tertambah atau augmented reality (AR). Selain berbelanja, teknologi AR memiliki potensi untuk memperkuat komunikasi visual di kalangan penyandang disabilitas wicara.

Oleh karena itu, pada 5 April 2022 lalu, Snapchat meluncurkan lensa baru, ASL Alphabet Lens. Untuk mewujudkan fitur ini, Snap bekerja sama dengan Signall, perusahaan teknologi yang mengandalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan komputer untuk mengenali dan menerjemahkan bahasa isyarat.

"Indonesia, sebagai salah satu pengadopsi American Sign Language/ASL, bisa mulai memanfaatkan lensa ini untuk belajar mandiri menggunakan bahasa isyarat," tulis Snap dalam pernyataan resminya pada 12 Mei 2022.

3. Kampanye Make Way di Snapchat

Snapchat Rilis Fitur Ramah Penyandang Disabilitas, Inklusif!banner konten Make Way di Snapchat (Dokumentasi Snap)
Snapchat Rilis Fitur Ramah Penyandang Disabilitas, Inklusif!kode Snapchat untuk menyaksikan konten Make Way di Snapchat (Dokumentasi Snap)

Kemudian, dalam rangka meningkatkan kesadaran akan keseteraan untuk kelompok penyandang disabilitas, Snapchat memperkenalkan konten baru pada Shows-nya. Konten tersebut bernama Make Way.

Dibagi dalam beberapa episiode, konten Make Way merangkum berbagai kisah nyata para penyandang disabilitas menjalani keseharian mereka. Snapchat berharap bahwa pengguna Snapchat di Indonesia mau belajar memahami masalah yang sering terselubung dalam konteks disabilitas.

"Acara-acara ini sangat bagus untuk menunjukkan perwakilan yang lebih beragam dari industri hiburan, serta untuk milenial dan Gen Z pada umumnya, untuk lebih memahami beberapa masalah yang mungkin jarang dibahas dalam konteks disabilitas," tulis Snap.

Baca Juga: 7 Media Sosial yang Paling Laris di Asia, Apa Favoritmu?

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya