Comscore Tracker

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Android

Nomor 2 dan 5 paling direkomendasikan

Aplikasi translator atau penerjemah punya peranan penting di dunia dengan multi bahasa ini. Aplikasi penerjemah membantu orang-orang untuk dapat berkomunikasi atau mengerti arti dari sebuah ‘bahasa asing’ tanpa harus mempelajari bahasa tersebut selama berbulan-bulan.

Google Translate menjadi salah satu yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang. Namun, di luar aplikasi penerjemah unggulan dari Google itu, ada banyak aplikasi serupa lain yang menawarkan fungsi serupa dan bahkan lebih baik dari Google Translate itu sendiri. Berikut 7 di antaranya.

1. Aplikasi BK Translate

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androidandroidauthority.com

BK Translate sejatinya merupakan developer yang menggarap banyak aplikasi penerjemah di Play Store. Mereka memiliki segudang aplikasi penerjemah dari berbagai bahasa seperti Spanyol, Arab, Jerman, Indonesia, Prancis dan banyak lagi.

Setiap aplikasi bekerja dengan cara yang sama dan menerjemahkan kalimat atau kata apapun dari bahasa yang didukung. Terdapat fitur untuk menerjemahkan via suara atau tulisan tangan juga, dan UI yang diusung juga sederhana dan mudah digunakan. Ini sepenuhnya gratis tanpa ada iklan di dalamnya.

2. Dict Box

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androidapkpure.com

Dict Box merupakan aplikasi kamus multibahasa yang mendukung banyak bahasa mulai dari Inggris, Spanyol, Prancis, Korea, Cina, Arab dan lain-lain. Untuk fitur, Dict Box memiliki segudang fitur luar biasa seperti dukungan offline, koreksi kata dan pengucapan audio.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik bagi mereka yang ingin belajar menghafal arti kata atau kalimat dari suatu bahasa. Ini juga dibekali dengan fitur kamera, untuk menerjemahkan kata melalui gambar. Secara keseluruhan, Dict Box mudah dinavigasikan dan punya fitur lengkap.

3. Dict.cc

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androidteamandroid.com

Dict.cc merupakan aplikasi penerjemah sekaligus kamus multibahasa. Ini bisa digunakan untuk menerjemahkan banyak bahasa seperti Italia, Latin, Portugis, Rusia dan lain-lain. Namun, tidak seperti Google Translate, Dict.cc hanya bisa menerjemahkan per kata saja.

Meskipun begitu, ini direkomendasikan karena memiliki fitur-fitur keren seperti pengucapan audio dan dukungan offline. Dict.cc hadir dalam bentuk gratis untuk diunduh namun untuk beberapa bahasa saja. Sementara untuk versi premiumnya, mendukung semua koleksi bahasa dan menghilangkan iklan.

Baca Juga: 6 Fungsi Google Translate Mobile Ini Berguna Banget untuk Keseharianmu

4. Dictionary Linguee

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androidhotrecentnews.com

Dictionary Linguee menjadi salah satu aplikasi kamus multibahasa dan penerjemah paling populer. UI yang dibawa sangat simpel, sehingga segala yang dibutuhkan bisa dinavigasikan dengan mudah. Fitur-fitur yang diusung antara lain dukungan offline, contoh kalimat, pengucapan audio dan banyak lagi.

Satu-satu kekurangan Dictionary Linguee mungkin hanyalah bahasa yang belum banyak, namun secara keseluruhan mampu melakukan tugasnya dengan sangat baik. Plus, ini juga gratis, tidak memiliki versi premium dan bebas iklan.

5. Microsoft Translator

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androiddroidmen.com

Tak mau kalah dari Google, Microsoft juga membuat aplikasi penerjemah sendiri bernama Microsoft Translator. Aplikasi ini mendukung lebih dari 60 bahasa – lebih sedikit dari Google Translate, namun jadi yang paling banyak di antara yang lain di daftar ini. Semua bahasa bisa diunduh datanya dan digunakan secara offline.

Selain itu, ada pula fitur percakapan dua arah (hingga 100 orang sekaligus), panduan pengucapan, dukungan Android Wear dan terjemahan alternatif. UI-nya lumayan bagus, tidak ada iklan dan bisa diunduh secara gratis tanpa versi premium.

6. Naver Papago

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androidandroidauthority.com

Naver Papago merupakan aplikasi penerjemah dari Naver, search engine paling populer di Korea Selatan. Secara fungsi dan fitur, Papago tidak jauh berbeda dengan Google Translate. Bedanya, sejauh ini, Papago baru mendukung 13 bahasa saja.

Pada aplikasi ini, pengguna bisa menerjemahkan teks, gambar dan suara secara langsung. Dukungan offline juga ikut dibawa, bersama dengan fitur penerjemah untuk tulisan tangan dan situs. Ini memang belum selengkap atau sebagus Google Translate, namun dari segi UI dan kegunaan, sudah lebih dari cukup.

7. Reverso Dictionary

7 Aplikasi Translator Terbaik Alternatif Google Translate di Androidapkfab.com

Yang terakhir ada Reverso Dictionary, yang tidak kalah populer dengan aplikasi penerjemah lain di daftar ini. Reverso mungkin tidak sebagus Dict.cc atau Dictionary, namun telah mendukung cukup banyak bahasa.

Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur menarik seperti contoh kalimat, pengucapan audio, dukungan offline dan banyak lagi. Sama seperti Dict Box, Reverso juga dapat membantu mereka yang ingin belajar bahasa secara menyenangkan lewat permainan kata untuk menghafal. Di luar itu, tidak ada banyak hal yang bisa dibicarakan dari aplikasi ini.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi penerjemah alternatif Google Translate untuk Android. Dari tujuh aplikasi di atas, Dict Box dan Microsoft Translator jadi yang terbaik dan paling direkomendasikan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penerjemah Ini Gak Kalah Lengkap dari Google Translate Lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya