Comscore Tracker

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019

Facebook mengumumkan banyak hal baru di F8 tahun ini!

Seperti yang kita ketahui, Facebook mendapatkan sedikit masalah tahun lalu. Akan tetapi, tahun ini Facebook berusaha mengubah nasibnya melalui F8 – konferensi tahunan yang diadakan di San Jose, California. CEO sekaligus pendiri Facebook – Mark Zuckerberg, memulai F8 dengan kalimat “future is private”. Ini menunjukkan niat Facebook untuk lebih meningkatkan privasi dan keamanan layanannya pasca skandal privasi yang sempat mereka hadapi.

Selain Facebook, F8 tahun ini juga datang dengan pengumuman dari banyak layanan Facebook lain seperti Instagram, Oculus, WhatsApp dan Messenger. Berikut 7 hal mengagumkan yang Facebook umumkan di F8 2019!

1. Tampilan baru Facebook

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019macrumors.com

Facebook mengumumkan perubahan desain besar-besaran pada website utama dan aplikasi mereka. Pembaruan yang disebut sebagai FB5 ini membawa Facebook ke dalam tampilan yang lebih bersih, modern dan mudah dinavigasi.

Putih menjadi warna yang mendominasi desain baru ini, dengan logo ikonik Facebook yang juga mendapatkan pembaruan. Selain itu, Dark Mode yang begitu diinginkan juga ikut disertakan. Penampilan baru Facebook ini telah resmi meluncur untuk aplikasinya (sementara ini baru di US) dan untuk desktop-nya baru meluncur dalam beberapa bulan ke depan.

2. Messenger dapatkan aplikasi desktop sendiri untuk MacOS dan Windows

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019theverge.com

Selain lebih cepat, lebih mudah diakses juga menjadi fokus Facebook terhadap Messenger di tahun ini. Karenanya, Facebook akhirnya membuat aplikasi desktop sendiri untuk Messenger yang akan tersedia untuk MacOS dan Windows.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat menggunakan seluruh fitur Messenger tanpa harus pergi ke halaman Facebook.com atau Messenger.com. Ini juga memiliki desain baru yang Messenger bawa beberapa bulan yang lalu untuk aplikasi mobile-nya, termasuk Dark Mode. Facebook mengatakan jika aplikasi desktop ini akan meluncur secepatnya tahun ini.

3. Project Lightspeed untuk Messenger diumumkan

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019neowin.net

Tak hanya mengumumkan aplikasi desktop untuk Messenger, Facebook juga mengumumkan Project LightSpeed. Apa itu? Project LightSpeed bertujuan untuk meminimalisir waktu yang dibutuhkan ketika membuka dan menjalankan Messenger.

LightSpeed yang akan diluncurkan akhir tahun ini, memastikan bahwa Messenger akan memiliki ukuran kurang dari 30MB dan dapat dibuka dalam waktu kurang dari 2 detik. Tentu, langkah ini akan membantu banyak pengguna di seluruh dunia, terutama yang hidup di negara-negara dengan internet yang lambat dan mahal.

Baca Juga: 9 Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah, Gak Usah Beli!

4. Fitur baru dan perluasan Facebook Dating

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019techcrunch.com

Pada F8 tahun lalu, Facebook meluncurkan Facebook Dating – layanan cari jodoh yang terintegrasi langsung dengan Facebook. Tahun ini melalui F8, Facebook membawa beberapa hal baru untuk Dating termasuk fitur baru bernama Secret Crush.

Fitur ini memungkinkan pengguna memberi tahu Dating mengenai siapa yang disukai dan jika yang disukai menyukai balik, maka Dating akan mengatakan cocok. Selain fitur baru, Dating juga mendapatkan perluasan tahun ini. Setelah sebelumnya hanya tersedia di Thailand, Kanada, Argentina dan Meksiko, mulai hari ini Dating akan tersedia di 14 negara lain di Asia dan Amerika Selatan.

5. Instagram ‘dihadiahi’ dengan beberapa pembaruan

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019memeburn.com

Meski tidak seinovatif atau semengangumkan pembaruan Facebook, Instagram tetap dihadiahi dengan sejumlah fitur baru yang menarik untuk dicatat. Salah satunya adalah kemampuan untuk langsung membeli apapun yang kreator gunakan tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Selain itu, Instagram juga akan mendapatkan fitur mengumpulkan dana amal via stories melalui stiker dan mode kamera baru bernama Create. Mode baru ini memungkinkan untuk membuat stories berisi stiker, teks, pertanyaan, quiz dan lain-lain dengan lebih mudah.

6. Oculus umumkan dua headset VR baru

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019teknoblog.com

Facebook membuat beberapa pengumuman menarik pula terkait Oculus, termasuk peluncuran Oculus Quest dan Oculus Rift S. Quest diposisikan sebagai headset yang lebih diantisipasi ketimbang S, karena ini tidak memerlukan penambatan atau perangkat ekstra karena segalanya sudah ada di dalamnya.

Sementara Rift S, jauh lebih kuat dari Rift sebelumnya namun tetap harus terkoneksi secara langsung dengan perangkat ketika digunakan. Keduanya akan meluncur pada 21 Mei mendatang dengan harga yang sama di US$399 atau sekitar Rp5,7 juta.

7. Portal akan tersedia di lebih banyak tempat

Bocoran Tampilan Baru Facebook & 6 Hal Lain yang Diumumkan di F8 2019firstpost.com

Facebook merilis smart display bernama Portal tahun lalu, namun itu dirilis secara terbatas. Akan tetapi, tahun ini akan mulai membawa Portal ke lebih banyak tempat. Facebook akan membawa Portal ke Kanada secepatnya, dengan ekspansi ke Eropa menyusul di musim gugur.

Selain diperluas ke banyak negara, Portal juga mendapatkan sejumlah peningkatan yang membantu. Itu termasuk ketersediaan Whatsapp, fitur smart home yang lebih banyak dan mode berjuluk SuperFrame yang memungkinkan pengguna untuk memasang foto favorit mereka di Portal.

Itulah tadi sedikit rangkuman mengenai beberapa hal mengagumkan yang Facebook umumkan di F8 2019. Dari beberapa hal baru atau pengumuman di atas, mana yang menurutmu paling menarik?

Baca Juga: 7 Media Sosial di Masa Lalu Ini Gagal Secara Mengenaskan, Miris Banget

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You