Comscore Tracker

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudah

Ada juga yang bisa optimalkan performa ketika gaming

Ketika Valve meluncurkan Steam, banyak gamer yang merasa dimudahkan karena lewatnya mereka bisa dengan mudah meluncurkan game-game mereka dalam satu tempat. Sejak saat itu, banyak perusahaan lain yang akhirnya membawa konsep serupa dengan menawarkan “game launcher” mereka sendiri.

Beberapa adalah game launcher sekaligus marketplace seperti Steam di mana gamer juga bisa membeli game-game yang mereka minati, namun tidak sedikit adalah aplikasi untuk mengoptimalkan performa gaming yang juga bisa digunakan sebagai game launcher. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 di antaranya yang direkomendasikan.

1. GOG Galaxy

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi GOG Galaxy (gog.com)

GOG Galaxy awalnya merupakan launcher untuk game-game yang dibeli via GOG, namun kini, GOG Galaxy menjelma menjadi lebih dari itu, yaitu game launcher yang bersifat universal. Universal disini berarti GOG Galaxy tidak hanya bisa mengintegrasikan game-game PC yang dibeli di GOG, Epic Games Store, Origin, Steam atau Uplay, tapi juga game-game konsol yang ada di Xbox Live dan PlayStation Network.

Tentu bukan untuk dimainkan via GOG Galaxy, melainkan hanya untuk sekedar melihat achievement, statistik, data, screenshot dan banyak lagi. Selain itu, GOG Galaxy juga bisa mengkombinasikan semua daftar teman gamer yang tersebar di semua platform yang didukungnya.

2. Razer Cortex

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi Razer Cortex (filehorse.com)

Razer Cortex bisa melakukan banyak hal mulai dari mengoptimalkan performa game yang dimainkan, sistem operasi, membersihkan file-file sampah dan banyak lagi. Tidak hanya itu, sama seperti GOG Galaxy, Razer Cortex juga merupakan game launcher yang bakal menampilkan secara otomatis game-game yang telah terinstal di berbagai launcher seperti Steam, Microsoft Store dan Origin.

Satu-satunya kekurangan pada Razer Cortex mungkin hanyalah fakta bahwa opsi kustomisasi hanyalah sebatas mengganti cover art dan membuat list game favorit. Kendati demikian, ini punya fitur yang jarang ditemukan di game launcher lain yaitu menemukan diskon dari game-game tertentu.

3. LaunchBox

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi LaunchBox (launchbox-app.com)

Berbeda dengan kebanyakan game launcher di daftar ini, LaunchBox awalnya hanyalah front-end untuk emulator DOSBox. Seiring berjalannya waktu, developernya menambahkan lebih banyak fitur hingga di titik di mana kini, LaunchBox jadi salah satu game launcher paling direkomendasikan untuk digunakan.

Namun tentu, ini tidak sempurna. Ada banyak kustomisasi yang ditawarkan oleh LaunchBox, namun beberapa fitur “otomatis” yang dimiliki banyak game launcher tidak tersedia di LaunchBox. Salah satu diantaranya adalah fakta bahwa gamer harus menambahkan koleksi game mereka secara manual satu per satu. Meskipun begitu, LaunchBox tetap disarankan.

Baca Juga: 7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PC

4. Playnite

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi Playnite (playnite.link)

Developer dibalik Playnite melakukan tugas yang sangat baik dalam membuat game launcher untuk PC yang tidak hanya bisa secara otomatis memindai game-game yang telah terinstal, namun juga menawarkan beragam fitur menarik dan UI yang mudah dinavigasikan. Salah satu alasan mengapa Playnite begitu baik adalah fakta bahwa ini merupakan proyek open-source di mana ada banyak kontributor yang ikut ambil bagian dalam pengembangan game launcher ini.

Karenanya, tak heran jika Playnite bisa tumbuh dengan cepat. Selain itu, Playnite juga mengusung fitur emulator, sehingga gamer yang ingin bernostalgia dengan game-game retro favorit mereka, bisa memainkannya dengan mudah via Playnite.

5. Steam

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi Steam (vg247.com)

Kurang pas rasanya jika membicarakan game launcher namun tidak memasukkan nama Steam – game launcher sekaligus marketplace garapan Valve. Steam pertama kali dirilis pada 2003 silam dan sejak saat itu menjadi salah satu pilihan utama gamer ketika ingin membeli game.

Melalui Steam, gamer bisa dengan mudah memperbarui game-game yang telah mereka beli serta melihat achievement dan screenshot, secara langsung lewat halaman utama game terkait. Gamer juga bisa menambahkan game-game non-Steam ke Steam, namun itu harus dilakukan secara manual dan tidak ada banyak informasi yang diberikan ketika game terkait sudah dimasukkan ke dalam library atau koleksi gamer.

6. Radeon Software

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi Radeon Software (rockpapershotgun.com)

Radeon Software merupakan aplikasi yang dirancang secara khusus untuk gamer yang menggunakan GPU dari AMD di PC atau laptop mereka. Fungsi utama aplikasi yang satu ini adalah untuk mengubah pengaturan GPU, melakukan pembaruan driver dan mengoptimalkan game yang akan dimainkan.

Meskipun begitu, Radeon Software juga bisa digunakan sebagai game launcher di mana aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan semua game yang telah terinstal. Melaluinya, gamer bisa dengan mudah menjalankan game favorit mereka langsung dari Radeon Software di samping melakukan kustomisasi pengaturan GPU agar game terkait bisa berjalan dengan lebih optimal dan lancar.

7. GeForce Experience

7 Game Launcher Terbaik di PC untuk Main Game Lebih Mudahilustrasi GeForce Experience (nvidia.com)

Jika AMD memiliki Radeon Software maka kompetitornya yaitu NVIDIA, punya GeForce Experience. Sama seperti Radeon Software yang eksklusif untuk GPU AMD, GeForce Experience juga eksklusif untuk PC atau laptop yang menggunakan GPU dari NVIDIA. Melalui aplikasi ini, gamer bisa merubah beberapa pengaturan GPU untuk performa lebih optimal dan melakukan update driver.

Di samping itu, GeForce Experience juga bisa dipakai sebagai game launcher. GeForce Experience secara otomatis memindai semua game yang terinstal dan menampilkannya dengan rapi, lengkap dengan box art dan deskripsi. Jika mau, gamer juga bisa mengoptimalkan game favorit mereka hanya dengan satu kali klik.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game launcher terbaik di PC untuk main game dengan lebih mudah. Pernah menggunakan beberapa game launcher di atas? Jika iya, sebutkan game launcher favoritmu!

Baca Juga: Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PC

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya