Comscore Tracker

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk Coba

Semuanya gratis

Menjaga keamanan smartphone Android adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh kamu pengguna perangkat Android. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk itu, salah satunya dengan meng-install aplikasi tertentu.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat meningkatkan keamanan. Di sini, akan diberikan beberapa rekomendasi aplikasi Android peningkat keamanan perangkat yang mudah digunakan, tidak menggunakan banyak sumber daya, efektif, dan gratis.

1. Bitwarden Password Manager

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaBitwarden Password Manager (Dok. Bitwarden Inc)

Bitwarden Password Manager merupakan aplikasi sederhana yang efektif untuk menyimpan kata sandi. Aplikasi ini menggunakan enkripsi AES 256-bit bersama dengan PBKDF2 SHA-256.

Aplikasi ini mengenkripsi semua yang ada di balik kata sandi utama dan mampu menyinkronkan beberapa perangkat. Dengan demikian, Bitwarden tidak akan pernah melihat informasi yang diberikan pengguna.

2. Google Find My Device

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaGoogle Find My Device (Dok. Google LLC)

Google Find My Device adalah aplikasi buatan Google yang digunakan untuk melacak lokasi smartphone. Aplikasi ini juga mampu memutar suara agar lebih mudah ditemukan. Itu juga dapat menampilkan pesan dan mengunci smartphone dari jarak jauh.

Kemampuan untuk menemukan smartphone yang hilang tentu saja sangat penting untuk melindungi privasi. Nilai tambahnya, aplikasi ini sepenuhnya gratis tanpa iklan dan tanpa pembelian dalam aplikasi.

3. Firefox

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaFirefox (Dok. Mozilla)

Mozilla telah melakukan banyak pengembangan untuk Firefox, termasuk dalam hal fitur keamanan. Firefox mencakup berbagai add-on untuk meningkatkan fungsionalitas, mode pribadi yang menghapus riwayat penelusuran saat kamu keluar browser, mode gelap, dan mode perlindungan pelacakan yang ditingkatkan yang memblokir lebih dari 2.000 pelacak secara otomatis.

Baiklah, saat ini kamu mungkin memiliki browser yang cukup nyaman, bahkan mungkin lebih nyaman daripada Firefox. Namun, jika yang kamu inginkan adalah keamanan privasi saat sedang berselancar di internet, maka Firefox adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone

4. GlassWire

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaGlassWire (Dok. SecureMix LLC)

GlassWire merupakan aplikasi keamanan yang memungkinkan kamu melihat aplikasi apa yang menghabiskan banyak data. Di sini, kamu dapat melihat grafik yang menunjukkan berapa banyak data yang dikonsumsi suatu aplikasi.

Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak data yang digunakan setiap aplikasi. Juga, ini merupakan cara yang bagus untuk melihat aktivitas aneh yang mungkin terjadi di latar belakang. Tujuan utama alat ini adalah untuk memastikan kamu tidak menggunakan data melebihi jumlah yang kamu tetapkan.

5. LastPass

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaLastPass (Dok. LogMeIn, Inc.)

LastPass adalah aplikasi pengelola kata sandi yang memungkinkan pengguna menyimpan kata sandi, PIN, dan info sensitif lainnya serta dapat digunakan secara cepat. Semua data yang kamu masukkan terlindungi dengan baik di balik kata sandi utama yang kamu tentukan.

Versi gratis LastPass akan memberi kamu banyak fitur keamanan di perangkat Android. Namun, kamu juga bisa membeli versi pro untuk keamanan tambahan. Versi pro memberikan kamu beberapa fitur tambahan, lebih banyak opsi sinkronisasi, dan banyak lagi.

6. ProtonVPN

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaProtonVPN (Dok. Ptoton AG)

ProtonVPN, bahkan versi gratisnya dapat digunakan secara tidak terbatas dengan kecepatan yang dikurangi. Aplikasi ini juga memiliki kebijakan larangan berbagi dan enkripsi jaringan yang ketat sehingga menawakan pengguna keamanan.

ProtonVPN juga datang dengan versi premium yang tanpa kebijakan pencatatan, tanpa kebijakan berbagi, dan juga enkripsi. Meskipun begitu, versi gratis maupun berbayar sama-sama memiliki manfaat yang sama dalam hal perlindungan data.

7. Resilio Sync

7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk CobaResilio Sync (Dok. Resilio Inc)

Resilio Sync adalah aplikasi yang memungkinkan kamu menciptakan penyimpanan cloud sendiri. Software ini datang dalam versi komputer maupun aplikasi smartphone. Versi komputer memungkinkan kamu mengubah komputer menjadi server penyimpanan cloud. Sedangkan, aplikasi di Android memungkinkan kamu menyinkronkan file antara PC dan smartphone atau tablet.

Aplikasi ini bagus untuk menyimpan data yang bersifat sensitif. Atau, untuk kamu yang kurang merasa nyaman menggunakan penyimpanan cloud online. Versi gratis Resilio Sync sangat mumpuni untuk penggunaan sederhana. Namun, ada juga versi pro dengan fitur yang lebih banyak.

Jika kamu ingin meningkatkan keamanan smartphone Android, kamu mungkin perlu mencoba meng-install satu atau beberapa aplikasi ini. Selain aplikasi di atas, adakah aplikasi yang sudah lama kamu gunakan untuk menjaga keamanan smartphone?

Baca Juga: 5 Bot Telegram Ini Bisa Ganti Aplikasi Android, Sudah Coba?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya