Comscore Tracker

Tanpa Koneksi Internet, Kamu Bisa Cari Informasi di Google Search. Begini Caranya!

Hemat data

Google membawa kabar gembira untuk kamu para pengguna smartphone Android nih! Raksasa teknologi asal Mountain View itu dilaporkan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan kamu gak perlu koneksi internet saat mencari informasi menggunakan Google Search.

Kini, kamu dilaporkan bisa berselancar dengan nyaman di dunia maya sembari mencari-cari informasi tanpa perlu terkoneksi internet. Namun tentunya ada syarat dan cara yang perlu diikuti untuk bisa menikmati fitur baru ini. Berikut langkah-langkahnya.

Gunakan aplikasi Google Search bukan browser!

Tanpa Koneksi Internet, Kamu Bisa Cari Informasi di Google Search. Begini Caranya!idntimes.com/indra

Jadi, untuk menikmati fitur baru ini maka kamu wajib mencari informasi di aplikasi Google Search bukannya browser internet. Aplikasi ini biasanya terdapat di tengah atas halaman Home smartphone Androidmu. Mudah dicari lah!

Jika sudah masuk Google Search, langsung ketik kata kunci yang hendak kamu cari.

Tanpa Koneksi Internet, Kamu Bisa Cari Informasi di Google Search. Begini Caranya!idntimes.com/indra

Setelah berhasil masuk ke aplikasi Google Search maka kamu bisa mulai menelusuri informasi-informasi tertentu di mesin pencari tanpa koneksi internet. Kamu bisa cari informasi sebanyak-banyaknya, tapi ingatlah informasi yang kamu cari dalam mode offline ini gak bisa langsung kamu nikmati karena sistemnya hasil pencarian akan tertunda.

Baca Juga: Ini yang Akan Kamu Temukan Ketika Mencari Palestina di Google Maps!

Ketika berhasil terkoneksi internet, maka kamu bisa menikmati hasil pencarian di Google Search yang tertunda.

Tanpa Koneksi Internet, Kamu Bisa Cari Informasi di Google Search. Begini Caranya!giphy.com

Saat kamu berhasil terkoneksi dengan internet maka secara otomatis kamu bisa menikmati hasil pencarian di Google Search-mu yang sempat tertunda alias tersimpan. Google dilaporkan bakal memberikan notifikasi bahwa hasil pencarianmu sudah tersedia dan bisa diakses.

Kamu gak perlu masuk manual kok ke aplikasi dan mengetik ulang kata kunci. Ringkas dan simpel lah!

Fyi, untuk menikmati fitur baru ini maka kamu wajib meng-update aplikasi Google Search di smartphone Android ke versi terbaru yang saat ini sudah tersedia di Google Play Store. Jika sudah di update, maka swipe aplikasi ke bagian kiri lalu kamu akan melihat opsi Settings.

Kemudian, pilih menu Offline Search dan aktifkan menu Always Retry Searches. Sebagai catatan, semua hasil pencarianmu saat dalam mode offline bisa kamu akses di pilihan menu Manage Searches.

Gimana, mudah bukan memanfaatkan mode offline untuk browsing di Google Search? Cepat cobain deh dan bagi pengalamanmu browsing secara offline di aplikasi Google Search langsung ke kolom komentar bawah ini.

Baca Juga: 7 Produk Google yang Kamu Belum Pernah Dengar

Topic:

Berita Terkini Lainnya