Comscore Tracker

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 Mendatang

Boleh minta nomor pin kamu ?

BBM merupakan salah satu aplikasi chat yang populer ketika smartphone Blackberry sedang dalam puncak kejayaannya dan smartphone Android mulai bermunculan.

Aplikasi ini sebelumnya hanya eksklusif bagi pengguna smartphone Blackbeery. Tetapi kemudian akhirnya dirilis juga bagi pengguna smartphone Android, Ios dan Windows Phone/Mobile. 

Sempat tidak terdengar kabarnya beberapa tahun lalu, BBM mulai bangkit kembali pada tahun 2016 dengan sejumlah perombakan tampilan dan fitur meskipun di tengah gempuran aplikasi chat lainnya yang menawarkan fungsi serupa namun dengan berbagai fitur yang menarik seperti Line, WhatsApp, dan Facebook Messenger. 

Akan tetapi, sepertinya BBM Messenger tidak mampu bertahan lebih lama lagi. Dilansir dari halaman resminya, mereka sudah mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh pengguna dan karyawan yang telah setiap menggunakan aplikasi ini.

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangCrackberry Forum

1. BBM tetap beroperasi hingga 31 Mei 2019, setelah itu tidak dapat digunakan lagi

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangPexels.com/Alessandro Nofi

Dalam situs resminya, pihak BBM menegaskan jika aplikasinya masih bisa digunakan oleh pengguna hingga tanggal 31 Mei 2019 mendatang. Setelah itu, kamu tidak bisa lagi menggunakannya untuk mengirim maupun menerima pesan alias berhenti total.

Bahkan untuk melihat pesan yang pernah kamu kirim atau terima dari kontakmu, juga tidak bisa kamu lakukan lagi setelah BBM dihentikan nantinya.

2. Kamu bisa mendownload data pribadi yang tersimpan di BBM

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangPexels.com/Anastasia Zhenina

Jika kamu membutuhkan foto, video atau dokumen milikmu yang masih tersimpan di BBM, bisa kamu download maksimal 7 hari setelah BBM dihentikan. Artinya, paling lambat tanggal 7 Juni 2019 kamu harus mengambil data tersebut atau kamu tidak akan pernah lagi bisa mengambilnya karena sudah dihapus dari server.

3. Terdapat beberapa yang data tidak bisa kamu dapatkan kembali

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangUnsplash.com/Tinh Khuong

Sayangnya, beberapa data seperti daftar kontak, feeds, BBM Channel dan BBM sticker tidak bisa kamu download. Pihak BBM mengatakan jika data seperti ini tidak dapat mereka ekspor keluar dari aplikasi.

Baca Juga: 5 Fitur Whatsapp yang Sangat Berguna Tapi Jarang Dimanfaatkan

4. Tenang, data tersebut aman kok di server BBM dan akan dihapus nantinya

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangUnsplash.com/Tinh Khuong

Pihak BBM menegaskan jika data tersebut yang tidak bisa diambil kembali oleh pengguna, tidak tersimpan di server seperti halnya file yang ada di smartphone. Data tersebut akan terhapus nantinya setelah 7 hari layanan BBM dihentikan. Akan tetapi beberapa data tidak akan dihapus dengan alasan hukum. 

Pihak BBM mengaku membutuhkan waktu 180 hari untuk menghapus seluruh data dari Cloud infrastructure milik mereka sendiri.

5. Uang pembelian stiker, rewards dan saldo DANA bisa kamu dapatkan kembali

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangPexels.com/Mark Luc

Kabar gembiranya, kamu bisa mendapatkan kembali uangmu jika pernah membeli stiker aplikasi ini melalui Google Play atau App Store. Sementara itu, jika kamu memiliki Rewards & Value balance di BBM, sebaiknya segera lakukan proses redeem sebelum tanggal 20 Mei 2019 atau kamu akan kehilangan sepenuhnya setelah 31 Mei 2019 mendatang.

Selain itu, kamu bisa tetap menggunakan saldo DANA milikmu untuk proses transaksi tanpa perlu takut kehilangan setelah BBM dihentikan sepenuhnya nanti. Kamu hanya perlu login menggunakan nomor dan PIN yang sama kamu gunakan untuk akun DANA milikmu. 

6. Pengguna yang sepi menjadi alasan BBM ditutup

Sepi Pengguna, BBM Messenger dihentikan Mulai 31 Mei 2019 MendatangGuardian.ng/Timileyin Omilana

Pihak BBM mengaku telah berusaha dengan keras untuk menarik perhatian konsumen agar menggunakan aplikasi ini. Sayangnya, berbagai usaha yang mereka lakukan seperti perombakan besar-besaran tampilan dan fitur serta melakukan promosi lewat iklan, tampaknya sebagian besar konsumen lebih memilih menggunakan aplikasi yang lain yang memiliki fungsi serupa.

Bika kamu yang memiliki data seperti yang telah ditulis diatas, sebaiknya segera ambil kembali sebelum batas waktu yang ditentukan. Jika kamu pengguna setia dan fanatik BBM, sebaiknya manfaatkan sisa waktu yang ada untuk "bermesraan" dengan aplikasi chat kesayanganmu.

Baca Juga: Sempat Booming, 5 Aplikasi Chatting Ini Sekarang Tinggal Kenangan

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:00:05

Progress: 759.771 dari 813.350 TPS (93.41255%)

Just For You