Comscore Tracker

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karir

Agar semakin dekat dengan pekerjaan impian!

LinkedIn adalah jejaring sosial yang berbeda dengan kompetitornya. Bukan diciptakan untuk bersenang-senang, LinkedIn lebih menyasar target yang berasal dari kalangan profesional. Tujuan dari dibuatnya platform ini adalah untuk membangun koneksi yang berlatar belakang bisnis.

Layaknya identitas, pengguna sering kali menjadikan LinkedIn sebagai curriculum vitae mereka. Itulah kenapa penting untuk mengisi profil dengan serius dan profesional. Hal ini penting karena kini banyak perusahaan yang mencari pekerja melalui platform tersebut.

Namun hal ini memang tidak gampang. Apalagi jika kamu baru saja membuat akun di sana. Maka dari itu, yuk ikuti tips-tips di bawah ini agar tidak salah langkah!

1. Lengkapi informasi pokok yang ada di headline

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karirxero.com

Profilmu di LinkedIn ibarat wajah profesionalmu di dunia maya. Maka buatlah dengan sebaik mungkin. Tentu kamu ingin membuat orang yang mengunjungi profilmu terkesan kan?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melengkapi informasi pokok untuk ditampilkan di profilmu. Isi nama lengkap beserta data diri, pendidikan, pekerjaan saat ini, dan kontak yang bisa dihubungi. Ingat, isi sejelas dan seinformatif mungkin.

2. Lengkapi riwayat pekerjaan, pendidikan, dan skill

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karirlinkedin.com

Ingin profilmu lengkap layaknya curriculum vitae berjalan? Jangan malas untuk melengkapinya. Kamu bisa memulai dari riwayat pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga pendidikan terakhir yang kamu tempuh. 

Kemudian jika kamu memiliki pengalaman lain seperti pekerjaan atau organisasi, jangan ragu untuk menaruhnya selengkap mungkin.Penting juga untuk menjelaskan skill apa saja yang kamu miliki. Ini bisa menjadi poin plus untuk profilmu. Kamu bisa memilih tiga keahlianmu yang paling membanggakan.

3. Gunakan foto profil yang profesional

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karirsquarespace-cdn.com

Seperti yang sudah dijelaskan, LinkedIn harus digunakan secara profesional. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan foto yang aneh-aneh untuk profil LinkedIn. Kamu harus menggunakan foto dirimu sendiri. Tidak harus pas foto kok. Asalkan wajahmu terlihat dengan jelas dan tidak menggunakan filter yang terlalu berlebihan. 

Baca Juga: 5 Risiko VPN Gratisan Buat Akses Media Sosial, Datamu Bisa Dijual

4. Membangun koneksi yang tepat

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karircompletewellbeing.com

Namanya juga dunia profesional, koneksi memegang peran penting di sini. Semakin banyak jejaring yang kamu bangun, semakin dekat pula kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan yang kamu inginkan. Kamu belum memiliki teman di LinkedIn? Jangan khawatir, kita bisa memperbaikinya.

Cara pertama yang bisa kamu tempuh adalah dengan mencari teman-temanmu dari sekolah atau tempat kerja. Kirimkan permintaan koneksi untuk mereka. Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menghubungkan LinkedIn dengan akun email yang kamu miliki. Secara otomatis, LinkedIn akan mengirimkan undangan koneksi ke kontakmu. 

5. Meminta rekomendasi dari teman

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karirlinkedjetpack.com

Jika kamu sudah memiliki banyak koneksi di LinkedIn, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu meminta rekomendasi skill dari temanmu. Ini akan menambah nilai positif di profil karena orang lain jadi tahu bahwa kamu benar-benar memiliki kemampuan tersebut.

Untuk melakukannya, kamu bisa mulai memberikan rekomendasi ke teman-temanmu. Dengan begitu, kamu tidak akan sungkan untuk meminta balasan dari mereka. 

6. Bergabunglah ke dalam grup

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karirsocialmediaexaminer.com

Seperti pada Facebook, kamu juga bisa bergabung ke dalam grup di LinkedIn. Kenapa langkah ini penting? Pertama, kamu bisa dikenal oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya. Kamu juga bisa memperluas wawasan dengan bahasan yang ada di dalam grup. 

Cara ini juga bisa memperkenalkanmu ke orang-orang yang memegang peranan penting di dalam perusahaan. Dengan begitu, kesempatan untuk direkrut menjadi lebih besar.

7. Jadilah pengguna yang aktif

Ini 7 Tips Akun LinkedIn, untuk Melejitkan Peluang Karirharvestmediaministry.com

Seperti di media sosial lainnya, kamu bisa membagikan status, foto, tautan, dan lain-lain. Akan tetapi kamu harus selalu ingat ya, apa yang kamu bagikan mencerminkan dirimu. Jadi hanya bagikan status yang bermanfaat untuk orang lain, jangan pernah berkeluh kesah atau membagikan hal yang tidak penting.

Selain itu, kamu juga bisa mengomentari atau membagikan ulang post dari orang lain. Penting juga untuk memberikan selamat atas pencapaian orang lain dan interaksi-interaksi lainnya.

Menyelami LinkedIn memang terkesan sulit bagi pengguna baru. Akan tetapi jika kamu sudah memelajarinya, kamu akan terbiasa kok. Ikuti tips di atas agar kamu bisa lebih lancar menggunakannya!

Baca Juga: Perkembangan Fitur Stories di Media Sosial, Dimulai dari Snapchat

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya