Comscore Tracker

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Dunia

Kamu sudah pernah mencobanya?

Vending machine atau mesin penjual otomatis adalah solusi untuk kehidupan masyarakat yang serba cepat. Dengan adanya mesin ini, kita tidak perlu lagi masuk ke toko untuk membeli barang-barang tertentu. Cukup temukan vending machine, masukkan sejumlah uang, kamu pun bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

Pada umumnya, mesin penjual otomatis menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Misalnya snack, soda, kopi, teh, dan lain-lain. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini ada berbagai hal yang bisa kamu dapatkan dari vending machine. Penasaran apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Memandikan anjing

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Duniadailymail.co.uk

Memandikan anjing kesayangan adalah pekerjaan yang kadang menyusahkan. Lantai, baju, dan semua benda di sekitar menjadi basah. Namun masalah itu tidak akan terjadi kalau kamu menggunakan vending machine Dog-O-Matic. Mesin buatan Romain Jarry ini bisa memandikan anjingmu secara otomatis. 

Dog-O-Matic dilengkapi dengan sampo, semprotan air yang lembut, serta pengeringan bulu dengan udara yang hangat. Kamu perlu mengeluarkan uang berkisar antara 21 hingga 49 USD, tempatkan anjing di dalam kabin, dan biarkan mesin melakukan pekerjaan tersebut. Sayangnya hingga saat ini Dog-O-Matic hanya tersedia di Prancis

2. Karya seni

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Duniaamericanart.si.edu

Di Amerika Serikat, kamu bisa membeli karya seniman lokal menggunakan vending machine bernama Art-o-mat. Pada awalnya mesin tersebut menjual rokok. Akan tetapi, Clark Whittington, seorang seniman, mengubahnya menjadi vending machine karya seni. 

Ada berbagai jenis seni yang dijual, seperti foto, miniatur, dan lain-lain. Hingga saat ini ada sekitar 100 mesin yang tersebar di seluruh Amerika Serikat dan lebih dari 400 seniman lokal yang terlibat.

3. Kepiting hidup

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Duniatheatlantic.com

Pernah terpikir untuk membeli kepiting hidup lewat vending machine? Kamu bisa menemukan mesin tersebut di China dan Jepang. Kepiting disimpan dalam mesin yang bersuhu 5 derajat celsius dalam kondisi hibernasi. 

Perusahaan menjamin bahwa kamu akan mendapatkan kepiting dalam keadaan hidup. Jika kamu menerima kepiting mati, mereka akan menggantinya dengan tiga kepiting hidup. Kamu harus menyiapkan uang sebesar 3,5 USD untuk tiap kepiting yang ingin kamu beli.

Baca Juga: 7 Poin Ini Penting untuk Kamu Ketahui jika Ingin Memahami Teknologi

4. Emas

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Duniaemirates247.com

Gold to Go adalah vending machine yang akan memberikan emas batangan pada penggunanya. Kamu hanya perlu menggesekkan kartu kredit dan memilih berapa gram emas murni yang kamu butuhkan. Rata-rata pengguna bisa menghabiskan 445 USD dalam sekali transaksi. 

Mesin pertama terletak di lobi hotel Emirates Palace di Abu Dhabi. Saat ini, Gold to Go sudah diekspansi sehingga kamu bisa menemukannya di beberapa daerah di Eropa, Peru, New York, dan Las Vegas.

5. Perlengkapan bayi

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Duniawonderfulengineering.com

Butuh susu atau popok darurat tapi toko terdekat sudah tutup? Inilah fungsi dari vending machine perlengkapan bayi bernama Happy Baby Vending. Ia menyediakan tisu, susu formula, bedak, popok, makanan ringan, hingga mainan bayi.

Tinggal menggesekkan kartu kredit pada mesin, kamu bisa mendapatkan perlengkapan tersebut dengan mudah. Sayangnya mesin ini hanya tersedia di daerah California.

6. Buku

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Duniaguim.co.uk

Meskipun kemajuan teknologi dianggap sebagai ancaman bagi buku cetak, lain halnya di Amerika Serikat. Kamu bisa mendapatkan buku dalam bentuk fisik dengan mudah melalui vending machine. Espresso Book Machine memungkinkan penggunanya untuk memilih buku dari daftar yang tersedia dan mencetaknya secara berkualitas saat itu juga. 

Tidak perlu menunggu lama, mesin seperti printer ini hanya butuh beberapa menit untuk menyelesaikan pesanan. Hingga kini sudah lebih dari tujuh juta judul buku yang diterbitkan. Terdapat 70 mesin yang tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat. Kamu bisa menemuinya di sekitar perpustakaan, universitas, dan toko buku.

7. Bertukar barang

Antimainstream, 7 Vending Machine Teraneh di Seluruh Dunianbcnews.com

Ternyata vending machine tidak hanya berfungsi untuk memberikan barang kepada penggunanya. Ada pula mesin penjual otomatis yang memungkinkan penggunanya untuk menukar benda-benda yang tidak diperlukan dengan benda dari orang lain. Ia adalah Swap-O-Matic. 

Kamu hanya perlu memasukkan benda yang tidak kamu butuhkan ke dalam mesin. Swap-O-Matic akan memberikan poin yang bisa kamu tukarkan nantinya dengan benda dari orang lain yang menurutmu menarik. Ini adalah cara yang unik dan pintar untuk melakukan daur ulang.  

Ternyata ada banyak hal lain yang bisa kita dapatkan dari vending machine. Kira-kira kapan mesin-mesin itu tersedia di Indonesia ya?

Baca Juga: 10 Mitos Dunia Teknologi dalam Keseharian yang Masih Dipercayai Orang

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya