Comscore Tracker

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemula

Fiturnya lengkap, bisa buat desain rumah impian~

Siapa di sini yang tertarik atau bahkan menggeluti bidang desain rumah? Nah, IDN Times punya rekomendasi aplikasi desain rumah iOS yang bisa kamu manfaatkan. Tidak hanya membuat rancangan rumah, kamu pun berkesempatan menemukan ide rumah menarik yang bisa digunakan sebagai referensi.

Tidak perlu repot menenteng laptop, semua aplikasi desain rumah iOS ini bisa diunduh serta digunakan melalui iPhone maupun iPad. Yuk, cek lis lengkapnya!

1. Home Design 3D

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Home Design 3D (apps.apple.com)

Jika kamu memasukkan kata kunci 'desain rumah' di kolom pencarian App Store, maka Home Design 3D akan muncul pertama. Pasalnya, Home Design 3D menghadirkan fitur menarik yang dikemas dalam aplikasi desain rumah gratis. 

Di aplikasi ini, kamu dibebaskan untuk mendesain rumah sesuai keinginan. Serunya lagi, kamu tidak perlu menggambar perkakas untuk isi rumah. Sebab, di sini telah tersedia beragam template siap pakai sehingga memudahkanmu mendesain seluruh isi ruangan.

Sesuai namanya, karya desain rumahmu nantinya akan ditampilkan dalam bentuk 3D dan tersedia fitur room tour. Dengan demikian, kamu bisa melihat dengan detail gambaran rumah yang didesain serta penempatan barang-barang dan interior maupun eksterior di dalamnya.

2. Planner 5D- Desain Interior

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Planner 5D: Interior Design (apps.apple.com)

Jika kamu lebih fokus pada desain interior, Planner 5D- Desain Interior pasti cocok buatmu. Aplikasi ini menyediakan maket digital dengan kemampuan 360 derajat preview. Jadi, kamu bisa melihat hasil desainmu dari segala sisi. 

Fitur lainnya yang tersedia yakni fungsi 'Snapshot' yang mampu menciptakan hasil foto realistis lengkap dengan pencahayaan, teksur, dan bayangan. Plusnya lagi, ada 5000+ katalog yang bisa digunakan untuk merombak, merenovasi, dan merancang interior rumah.

Dibuat lengkap untuk pengguna iOS, Planner 5D- Desain Interior mendukung penggunaan Apple Pencil, bisa split screen, dan dukungan sentuhan 3D. Kamu akan mendapatkan aplikasi desain rumah iOS yang canggih dan bebas iklan, lho.

Baca Juga: 6 Aplikasi Desain Rumah Android, Bantu Dekor Rumah Impian!

3. House Designer

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi House Designer (apps.apple.com)

Mendesain rumah bisa dengan mudah kamu lakukan bahkan sambil goler. Sebab, aplikasi House Builder mendukung pemasangan di perangkat iOS, baik iPhone maupun iPad. Dengan rating penilaian 4.8, aplikasi ini jelas harus kamu coba. 

Fitur utamanya, mendesain 2D secara detail termasuk pengukuran ruangan dan estimasi ukuran barang di dalamnya. Pengguna dibebaskan menyesuaikan tata letak. Namun, ada bantuan teknologi artificial intelligence-nya membantu kamu mengenali jenis ruangan dan menyarankan properti yang sesuai.

Sangat lengkap, aplikasi House Builder menyediakan fitur export image to photos yang memungkinkanmu menyimpan hasil desain. Namun, perlu dicatat bahwa fitur penyimpanan desain tidak tersedia dalam versi aplikasi lite, ya!

4. Desain Rumah: Interior Design

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Desain Rumah (apps.apple.com)

Satu lagi rekomendasi aplikasi desain rumah iOS yang khusus untuk interior. Dengan bantuan aplikasi Desain Rumah: Interior Design, pengguna bebas menyesuaikan peralatan rumah tangga pada setiap ruangan yang kamu buat. Kamu bisa memvisualisasikan ruangan impian atau melihat contoh desain yang ada sebagai inspirasi.

Desain Rumah: Interior Design menyediakan lebih dari 5000 katalog yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Tinggal seret dan letakkan barang sesuai keinginan di tempat yang menurutmu pas. Bukan sembarang barang, katalog properti interior yang disediakan juga terdiri dari berbagai brand, lho. Jadi, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan pembelian nantinya.  

Terdapat berbagai jenis serta jumlah ruangan tidak terbatas yang bisa kamu gunakan untuk mendesain. Fitur-fitur canggih ini tersedia dalam pembelian berkala dengan sistem subscribe alias berlangganan, ya.

5. Live Home 3D- House Design

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Live Home 3D (apps.apple.com)

Buat desain rumah sesuai keinginan dan tampilkan dalam bentuk 3D. Yup, di aplikasi Live Home 3D- House Design, pengguna bisa leluasa membangun dan merombak sendiri bagian luar maupun dalamnya. Cukup desain dalam bentuk 2D dan aktifkan mode 'live' untuk mengubah desain menjadi bentuk 3D yang realistik.

Nantinya, desain 3D yang sudah kamu buat dapat disesuaikan dengan lingkungan sekitar dengan fitur 'real world surroundings'. Aplikasi ini telah mendukung LiDAR technology besutan Apple yang memungkinkan kamu memindai ruangan secara langsung. Dengan demikian, kamu bisa mendesain ruanganmu secara digital. Seru, ya?

Apabila kesulitan membuat desain awal, ada beragam template yang tersedia dan dapat digunakan sebagai inspirasi. Selain itu, ada lebih dari 2500 material dan properti siap pasang untuk diletakkan di desain ruanganmu.

6. Morpholio Board - Mood Board

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Morpholio Board (apps.apple.com)

Buat sendiri desain rumahmu dari mood board hingga rancangan tiga dimensi. Semua fitur ini tersedia dalam satu aplikasi desain rumah iOS bernama Morpholio Board - Mood Board. 

Setelah mendesain bentuk, pengguna bisa menyesuaikan benda-benda yang ada di ruangan. Ada banyak properti yang tersedia untuk digunakan. Seluruhnya merupakan top brands seperti Knoll, Dyson, Porcelanosa, Herman Miller, dan banyak lainnya. Nantinya, desain yang kamu buat bisa diekspor menjadi bentuk 3D dengan visual AR. 

Selain itu, terdapat fitur 'Pinterest Portal' yang memungkinkanmu menemukan inspirasi hunian estetik yang tersebar di Pinterest. Pada mode gratis, pengguna bisa mendesain hingga 5 project. Mark up tools, currated gallery, hingga AR furniture seluruhnya bisa dinikmati secara cuma-cuma. 

Baca Juga: 10 Aplikasi Sudoku Terbaik di Android, Ayo Coba!

7. HomeByMe

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi HomeByMe (apps.apple.com)

Butuh aplikasi desain rumah iOS yang menyediakan berbagai inspirasi? HomeByMe layak untuk kamu coba. Pasalnya, aplikasi ini memperbolehkan pengguna melihat karya pengguna HomeByMe lain yang memang diatur untuk publik. Nantinya, kamu bisa menyimpan hasil karya pengguna lain serta mengetahui produk yang digunakan dalam desainnya.

Aplikasi ini berbasis 3D dan 2D. Jadi, pengguna dapat menyesuaikan desain sesuai keinginan dan kebutuhan. Ada ribuan inspirasi dan katalog produk yang bisa dipakai untuk mendesain rumah dan ruangan impianmu. 

Untuk pengguna profesional, HomeByMe menyediakan fasilitas sharing atau edit bersama. Jadi, kamu dan klien bisa bersama-sama menentukan desain rumah impian secara virtual dalam waktu bersamaan. 

8. Houzz - Home Design & Remodel

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Houzz (apps.apple.com)

Rekomendasi aplikasi desain rumah iOS ke delapan adalah Houzz - Home Design & Remodel. Sesuai namanya, aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur menarik buat kamu yang ingin membuat baru atau merombak desain rumah secara digital. 

Ada 20 juta foto dan gambar berkualitas tinggi mulai dari kamar tidur hingga kamar mandi. Seluruhnya bisa dijadikan inspirasi sekaligus informasi terkait merek dan benda-benda yang ada di dalamnya. Pengguna juga dapat berbelanja di toko interior terdekat yang bekerja sama dengan Houzz, lho.

Bagi yang masih bingung, ada layanan diskusi dengan komunitas Houzz yang memungkinkanmu bertanya dan mendapatkan saran seputar desain rumah. Ada pula artikel dan video singkat yang memberikan inspirasi terkait rumah idaman.

Baca Juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

9. Magicplan

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi magicplan (apps.apple.com)

Dapatkan desain menarik dengan sentuhan magis yang menawan hanya dengan aplikasi Magicplan. Aplikasi ini memudahkanmu membuat dan membagikan floors plan, fields report, hingga perkiraan yang dibutuhkan untuk membangunan rumah secara mudah. 

Kolaborasi tim juga bisa dengan mudah dilakukan bersama partner atau klien. Sebab, Magicplan memiliki fitur streamline remote yang memungkinkanmu bekerja bersama dari jarak jauh. Ada measuring dan sketching, reporting dan documentation, hingga estimating yang serba fleksibel dan cepat. 

Untuk fitur kolaborasi dan penggunaan project tanpa batasan jumlah, kamu perlu berlangganan terlebih dahulu, ya. Jika kamu tertarik menggunakan versi gratis, kamu tetap bisa mengakses seluruh sumber daya baik gambar atau lainnya sesukamu. 

10. Roomle 3D & AR Room Planner

10 Aplikasi Desain Rumah iOS, Mudah Digunakan oleh Pemulailustrasi aplikasi Roomle (apps.apple.com)

Rekomendasi aplikasi desain rumah iOS terakhir adalah Roomle 3D & AR Room Planner. Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan layanan floor desain yang nantinya bisa diubah dan mendukung visual berbasis Augmented Reality atau AR. Tersedia juga fitur sketching dalam bentuk AR yang memudahkanmu mendesain ruangan.

The 3D furnitures catalog juga menyediakan variasi peralatan rumah yang menarik. Setelah memilih furniture, pengguna dipersilakan memilih warna, ukuran, hingga menyesuikan posisi sesuka hati. 

Dari aplikasi Roomle, kamu bisa berbelanja online barang-barang yang sudah dipilih secara virtual. Tinggal tunggu, dan voila! Kamu  akan mendapatkan furniture meski hanya duduk manis di rumah. Sebagai catatan, fitur ini mungkin menyesuaikan lokasi tempat kamu tinggal dan toko yang tersedia, ya.

Sudah siap mendesain atau mendekor ulang rumahmu? Dengan aplikasi desain rumah iOS di atas, kamu tidak perlu repot menggambar secara manual atau menggunakan tools profesional. Tinggal pilih dan geser, desain virtual rumah atau kamar siap kamu cetak. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Esensial Ini Mempermudah Hidupmu, Buruan Pasang di HP!

Topic:

  • Laili Zain Damaika
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya