Comscore Tracker

Cara Main BTS Island: In The Seom, Army Sudah Coba?

Karakternya mirip banget sama member Bangtan

Walau tengah hiatus, member boyband BTS justru memberikan banyak kejutan untuk penggemar. Mulai single kolaborasi Jungkook dengan Charlie Puth, aktivitas pribadi member, hingga yang terbaru adalah game BTS Island: In The Seom. Game ini akhirnya rilis pada 28 Juni 2022.

Sudah ditunggu-tunggu oleh para Army, lalu bagaimana cara main BTS Island: In The Seom? Yuk, coba bareng IDN Times!

Tentang gim BTS Island: In The Seom

Cara Main BTS Island: In The Seom, Army Sudah Coba?ilustrasi BTS Island: In The Seom (bts-island.com)

Jadi proyek spesial, BTS Island: In The Seom terasa berbeda dengan sentuhan langsung tujuh member Bangtan Sonyeondan. Namjoon, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook bekerja sama dengan tim developer guna menentukan sendiri warna, logo, hingga penentuan nama game.

Bahkan, karakter yang ada di dalam permainan pun disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing member. Begitu memainkannya, Army pasti langsung tersenyum mengingat betapa persisnya karakter dengan aslinya. Misalnya, Namjoon yang dijuluki 'God of Destruction' atau J-Hope yang selalu ceria. 

Gak berhenti di situ, Suga terlibat dalam pembuatan soundtrack lagu yang bakal menyambut permainan. Dibuat sangat personal, gak heran jika saat diumumkan 26 April 2022 lalu, sebanyak satu juta pengguna langsung mengikuti pre-registrasi.

BTS Island: In The Seom merupakan permainan match puzzle yang dilengkapi dengan kisah bersambung. Selama bermain, kamu akan diajak berpetualang dengan cerita seru ketujuh member BTS yang tersesat di pulau gak berpenghuni. Kamu harus bermain untuk mengumpulkan bintang guna membantu karakter mini Bangtan bertahan hidup di pulau asing tersebut.

Cara main BTS Island: In The Seom

Biar gak makin penasaran, langsung coba saja main game besutan HYBE IM ini, yuk! Pertama, kamu perlu mengunduh permainan melalui Google Play Store atau Apps Store. Pastikan ponsel memiliki kapasitas ruang cukup, ya. Sebab, aplikasi ini membutuhkan setidaknya 400 MB yang terhitung cukup besar. 

Setelah terpasang, kamu bisa menjalankan aplikasi untuk memulai permainan. Cara main BTS Island: In The Seom pun cukup mudah. Kalau kamu pernah main Candy Crush Saga pasti akrab dengan permainan match puzzle ini. 

1. Jalankan aplikasi BTS Island: In The Seom

Cara Main BTS Island: In The Seom, Army Sudah Coba?ilustrasi halaman awal BTS Island: In The Seom (IDN Times/Laili Zain Damaika)

Saat pertama membuka aplikasi, kamu akan diminta menunggu data tambahan terunduh. Sembari menikmati desain logo karya member BTS, kamu juga bisa mendengarkan soundtrack berjudul 'Our Island' dari Suga.

Setelah data lengkap, akan muncul halaman baru berisi dialog member yang mengisahkan awal mula perjalanan BTS di pulau gak berpenghuni. Ikuti jalan ceritanya hingga selesai, ya. Kalau mau langsung bermain, bisa klik tombol skip untuk melewati bagian prolog.

2. Mengenali menu dalam game BTS Island: In The Seom

Cara Main BTS Island: In The Seom, Army Sudah Coba?ilustrasi menu dalam game BTS Island: In The Seom (IDN Times/Laili Zain Damaika)

Di halaman rumah, Army akan disuguhkan pemandangan pulau dengan karakter BTS di dalamnya. Ilustrasi mini dari seluruh member tersebut bergerak ke sana kemari, berdiam di satu tempat, atau menarikan koreografi lagu-lagu BTS.

Kamu juga bisa memindahkan karakter-karakter ini, lho. Cukup tekan agak lama pada member yang ingin dipindahkan, lalu geser ke mana pun kamu mau. Lucunya, karakter member akan protes melalui bubble yang berisi dialog ketika kamu mengangkatnya. 

Selain itu, halaman rumah menampilkan berbagai tombol yang berisi menu-menu permainan. Berikut uraiannya: 

  • Logo Army di kiri atas: berisi profil pemain yang meliputi level, followers, total trophies, costume score, dan lain-lain. Kamu bisa menyesuaikan foto profil dan username di sini
  • Ikon hati: menunjukkan jumlah hati yang bisa kamu gunakan untuk bermain. Ketika habis, kamu perlu menunggu hingga hati terisi ulang
  • Bintang: merupakan kartu yang bisa digunakan untuk mengetahui kelanjutan cerita para member selama di pulau
  • Koin: sebagai alat tukar yang bisa kamu belikan skill permainan atau fitur lainnya
  • Berlian: serupa dengan koin, tetapi digunakan untuk upgrade fitur, seperti desain tenda atau kostum lebih menarik
  • Ikon catatan: terletak di kiri bawah, jika diklik, ikon ini akan menampilkan 'Today's Missions' dan lanjutan cerita member BTS yang bisa kamu buka menggunakan bintang
  • Ikon chara: tempat menyesuaikan mix and match style karakter member Bangtan
  • Ikon sekop: menu untuk dekorasi pulau
  • Ikon pesan: jendela baru berisi clubs, friends, ranking, juga mailbox dari sesama pemain BTS Island: In The Seom
  • Keranjang: merupakan toko dan menyediakan koin, berlian, hingga lucky box yang bisa dibeli menggunakan uang sungguhan.

Baca Juga: 7 Game yang Dimainkan Idol KPop

3. Mulai permainan

Cara Main BTS Island: In The Seom, Army Sudah Coba?ilustrasi memainkan BTS Island: In The Seom (IDN Times/Laili Zain Damaika)

Setelah memahami fungsi menu di dalam game, kini saatnya memulai permainan. Cara main BTS Island: In The Seom yakni seperti ini:

  1. Klik play button berwarna kuning di bagian kanan bawah layar
  2. Pada jendela yang muncul, klik tombol 'Play' untuk memulai permainan sesuai level
  3. Lihat misi yang harus dijalankan pada bagian kiri layar. Misalnya, pada level 12, kamu harus menghilangkan sebanyak 28 buah box dengan 24 kali geseran
  4. Geser stroberi, kerang, daun, kura-kura, dan bunga yang ada di dalam kotak permainan. Susun setidaknya tiga bentuk untuk membuatnya menghilang. Menyusun lebih dari tiga akan mendapatkan fitur khusus, seperti Army bomb yang mampu menghilangkan banyak bentuk sekaligus
  5. Selesaikan misi. Ketika berhasil, kamu akan mendapat tambahan koin dan bintang yang bisa digunakan untuk melanjutkan cerita BTS di pulau.

Ingat, kamu memiliki batasan bergerak, ya. Kalau limit sudah habis dan misi belum selesai, maka kamu dianggap kalah dan kehilangan satu hati. Kamu pun gak mendapatkan koin dan bintang, serta harus mengulang level yang sama. 

Capai level tertentu untuk membuka opsi skill yang bisa membantumu selama permainan. Pada beberapa level, kamu juga akan mendapatkan objek baru, seperti tenda, untuk mendukung cerita dan aktivitas karakter BTS di pulau. Mudah dan seru, bukan?

Undang Army sebanyak-banyaknya untuk main bersama. Kamu juga berkesempatan melihat album foto berisi exclusive BTS photos selama bermain, melansir US BTS Army.

Cara main BTS Island: In The Seom ini cukup santai, pun karakter di dalamnya juga lucu dan menghibur. Gak heran jika member Bangtan menyebut permainan ini sebagai persembahan untuk menemani dan menghibur Army. Yuk, main bareng!

Baca Juga: 7 Game yang Dimainkan BTS, Army Wajib Coba!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya