Comscore Tracker

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok dan Ketentuannya

Kalau dianggap anak di bawah umur, kontennya dibatasi

Saat membuat akun TikTok pertama kali, setiap calon pengguna akan diminta memasukkan tanggal dan tahun lahir. Beruntung bagi kamu yang gak asal mengisi tahun atau membuatnya lebih muda jauh dari usia legal. Sebab, kebijakan baru TikTok membatasi fitur tertentu bagi pengguna sesuai kategori umur.

Lah, kalau sudah terlanjur mengatur umur jadi di bawah usia legal, gimana, dong? Tenang, coba cara mengubah tanggal lahir di TikTok ini. Sebelum mengisi, pastikan telah memiliki kartu identitas yang menunjukkan bahwa kamu berusia lebih dari 17 tahun, ya. 

Kebijakan pembatasan konten berdasar usia di TikTok

Popularitas TikTok kian menanjak.  Tak heran, jika variasi konten terus bertambah dari waktu ke waktu. Selain itu, jumlah penggunanya pun terus meroket. Gak terbatas pada kalangan dewasa, remaja bahkan anak-anak kini sudah membuat akun TikTok sendiri. Weleh-weleh!

Demi menampilkan konten yang relevan dengan usia, TikTok menerapkan kebijakan baru terkait pengguna di bawah umur. Ketentuan ini tentu membantu orang tua memfilter tontonan anaknya. Dilansir halaman Support TikTok, berikut ketentuan usia yang berlaku pada tahun 2022:

  1. Pengguna TikTok dengan identitas akun terdaftar berusia kurang dari 18 tahun gak akan bisa diatur menjadi ‘publik’. Selain itu, mereka gak bisa menggunakan fitur send gift
  2. Akun yang terdaftar dengan identitas usia di bawah 16 tahun gak bisa mengirim ataupun menerima pesan DM, melakukan live, ataupun menggunakan fitur duet
  3. Pengguna TikTok yang mendaftarkan akun dengan identitas umur di bawah 15 tahun hanya akan muncul di fitur ‘Suggestion
  4. Akun dari pengguna yang berumur antara 13–15 tahun gak akan menerima notifikasi TikTok setelah lewat pukul 21.00. Adapun akun yang didaftarkan dengan usia antara 16–17 tahun, gak akan mendapatkan notifikasi TikTok setelah pukul 22.00.

Kebijakan tersebut tentu membantu orang tua dalam mengontrol tontonan buah hati. Sekaligus membatasi screen time dan melindungi interaksi mereka di media sosial. 

Namun, ketentuan ini jadi masalah buat kamu yang salah memasukkan tanggal dan tahun lahir. Apabila saat mendaftarkan akun, kamu membuat usia kurang dari 18 tahun, maka mau gak mau akunmu ikut terpengaruh oleh terms and conditions di atas. 

Baca Juga: Cara Download Video TikTok tanpa Watermark

Cara mengubah tanggal lahir di TikTok

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok dan Ketentuannyaiustrasi pengaturan TikTok (pixabay.com/SAM-RIZ44)

Kecuali kamu oke dengan ketentuan tersebut, maka gak perlu ganti umurnya. Sebaliknya, jika kamu ingin memperbarui umur terdaftar, maka perlu mengikuti cara mengubah tanggal lahir di TikTok ini.

Berbeda dengan media sosial lain yang menyediakan fitur penggantian langsung di pengaturan, TikTok membutuhkan konfirmasi terlebih dahulu. Bisa dibilang, langkah-langkahnya cukup ribet, karena melibatkan customer service dan waktu yang cukup panjang. 

Bukan tanpa alasan, pembatasan penggantian tanggal dan tahun lahir tersebut bertujuan untuk memastikan usia pengguna sama dengan identitas asli. Dengan begitu, konten yang disajikan pun sesuai kebutuhan. 

Buat kamu yang ingin mengganti tanggal lahir di TikTok, berikut panduan step by step-nya. Jangan lupa sediakan KTP, SIM, atau identitas terverifikasi dari pemerintah lainnya, ya.

  1. Buka aplikasi TikTok yang ada di ponsel
  2. Klik ikon ‘Profil’ yang digambarkan dengan ilustrasi orang di bagian kanan bawah
  3. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun yang ingin diganti usianya
  4. Klik opsi menu garis atau titik tiga di pojok kanan atas
  5. Pilih menu ‘Pengaturan dan Privasi’
  6. Gulir ke bawah hingga menemukan ‘Laporkan Masalah’
  7. Di halaman pelaporan, klik ikon dokumen di bagian pojok kanan atas
  8. Selanjutnya, kembali klik ikon pensil di pojok kanan atas pada halaman ‘Umpan Balik Anda’
  9. Tuliskan tujuan pelaporan yang dalam tutorial ini merupakan cara mengubah tanggal lahir di TikTok. Artinya, kamu harus memberitahukan tujuan sekaligus alasan mengapa langkah laporan ini penting
  10. Jika sudah, klik tombol ‘Laporkan’ di bagian bawah. Kamu gak perlu mengunggah gambar atau foto apapun, termasuk identitas diri
  11. Tunggu 1–2 hari hingga tim TikTok membalas laporanmu melalui email 
  12. Pada tahap sebelumnya, Tim Support TikTok akan meminta kamu melakukan verifikasi usia. Biasanya, kamu akan diminta memberikan salinan dokumen yang menunjukkan tanggal dan tahun lahir resmi.

Setelahnya, kamu hanya perlu menunggu Tim Support TikTok mengubah tanggal dan tahun lahirmu secara otomatis. Tentunya jika dokumen dan verifikasi dinyatakan sesuai dengan identitas asli, ya.

Untuk tahap kesembilan, contoh uraian yang bisa kamu tuliskan, misalnya:

"Saya ingin mengganti tanggal lahir di akun saya. Sebab, tanggal dan tahun lahir yang tercantum saat ini tidak sesuai dengan identitas asli saya. Untuk verifikasi, saya bisa memberikan salinan dokumen identitas resmi yang menunjukkan tanggal dan tahun lahir asli saya."

Kenapa gagal mengganti tanggal lahir di TikTok?

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok dan Ketentuannyailustrasi memakai TikTok (pexels.com/Cottonbro)

Tim Support TikTok akan melakukan verifikasi terlebih dahulu kepada pelaporan yang ingin mengganti tahun lahir. Makanya, kamu perlu mempersiapkan dokumen resmi yang menunjukkan tanggal dan tahun lahir asli. Begitu kamu gak bisa menunjukkannya, maka TikTok pun berwenang untuk gak mengganti identitas terdaftar di akunmu.

Selain itu, beberapa penyebab gagalnya cara mengubah tanggal lahir di TikTok bisa jadi karena:

  • koneksi internet ponsel kurang stabil;
  • aplikasi TikTok belum di-update ke versi terbaru;
  • adanya crash pada aplikasi dengan perangkat;
  • server TikTok mengalami gangguan atau maintenance;
  • dokumen pendukung (KTP, SIM, Paspor) kurang atau gak dipercaya oleh pihak TikTok.

Cara mengubah tanggal lahir di TikTok memang cukup rumit. Maka dari itu, usahakan untuk memberikan identitas asli ketika melakukan pendaftaran, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Cara Download Sound TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya