Comscore Tracker

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi Panas

Ketika kinerja AC tidak optimal

AC menjadi solusi utama untuk mendinginkan ruangan yang panas. Selain mendinginkan suhu, AC juga berfungsi sebagai ventilasi udara di ruangan tertutup. Namun, ada beberapa masalah yang bisa membuat AC kamu tidak bekerja optimal sehingga suhu ruangan menjadi tidak dingin.

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab AC tidak dingin. Ketahui supaya tepat solusinya.

1. Filter AC jarang dibersihkan

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi filter AC yang bersih (dok. Lancaster Heating, Plumbing, Cooling & Electrical)

Salah satu penyebab AC kamu menjadi tidak dingin adalah filter yang kotor. Filter ini berguna untuk menyaring udara kotor yang ada. Kamu harus membersihkan filter AC supaya udara lebih dingin dan udara kotor lebih dapat disaring.

Kamu bisa membersihkan filter AC seminggu sekali. Filter AC boleh dicuci menggunakan sabun deterjen. Pastikan kamu melapisi ruangan sekitar kamu dengan kertas bekas supaya barang-barang yang ada tidak terkena debu.

2. Kondensor AC kotor

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi unit kondensor AC di luar ruangan (unsplash.com/Carlos Lindner)

Selain filter, kondensor AC yang kotor juga bisa membuat udara yang keluar menjadi tidak dingin. Kondensor yang terletak di luar ruangan digunakan untuk mengatur suhu freon supaya AC bisa mengeluarkan udara yang dingin.

Unit kondensor juga harus dibersihkan secara rutin. Jika kamu tidak bisa membersihkannya, kamu boleh memanggil jasa teknisi yang bisa membersihkan AC.

3. Kurang freon atau habis

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi unit kondensor AC (unsplash.com/Tregg Frank)

Freon merupakan senyawa yang digunakan untuk mendinginkan udara yang dialirkan oleh AC. Jika kandungan freon pada AC kurang atau habis, udara yang dialirkan AC menjadi kurang dingin.

Jika AC dirasa kurang dingin, kamu boleh memeriksa kapasitas freon yang ada. Kamu juga bisa memeriksa apakah terdapat kebocoran pada jalur freon. Untuk mengisi ulang freon, kamu bisa memanggil teknisi untuk memeriksa kondisi AC.

Baca Juga: 8 Cara Alami Agar Rumah Dingin Tanpa AC, Sudah Dilakukan Sejak Dulu

4. Ruangan terlalu luas

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi ruangan yang luas (unsplash.com/Sidekix Media)

Ruangan yang terlalu luas bisa menjadi salah satu faktor AC kamu menjadi tidak dingin. Sebelum membeli AC, kamu bisa mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Pada ruangan seluas 3 * 3 meter, kamu bisa menggunakan AC dengan kekuatan 1/2 PK. Untuk ruangan yang lebih luas, kamu bisa membeli AC dengan kekuatan yang lebih besar.

5. Pintu dan jendela yang dibuka

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi ruangan dengan pintu terbuka (pexels.com/Jack Sparrow)

Fungsi AC adalah untuk menyesuaikan suhu ruangan, agar bisa sama seperti suhu yang diinginkan. Jika kamu membuka pintu dan jendela, udara panas dari luar ruangan akan masuk ke dalam. Udara panas ini akan meningkatkan suhu ruangan sehingga AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Ketika menyalakan AC, pastikan kamu menutup pintu dan jendela yang ada. Pengaruh udara panas ini cukup mengganggu kinerja AC untuk mendinginkan ruangan.

6. Pengaturan yang kurang tepat

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi pengatur suhu AC (unsplash.com/Erik Mclean)

Unit AC memiliki pengendali yang dapat mengatur suhu agar sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mengatur seberapa sejuk suhu ruangan. Namun, ketika kamu salah mengatur suhu AC akan menyesuaikan suhu sesuai dengan angka yang tertera.

Biasanya, AC juga memiliki beberapa jenis udara yang dikeluarkan. Jika ingin mendinginkan suhu ruangan, kamu bisa mengatur AC ke mode cool.

7. AC kamu bisa saja bermasalah

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi PanasIlustrasi AC yang rusak (unsplash,com/Dan)

Selain beberapa faktor yang sudah disebutkan, ada kemungkinan AC kamu memiliki masalah internal. Jika seandainya terjadi kerusakan yang tidak diketahui, kamu harus memanggil teknisi untuk memperbaiki kondisi AC kamu supaya optimal lagi.

Barusan adalah pembahasan mengenai penyebab AC tidak dingin. Jika terjadi masalah, akan lebih baik untuk menyerahkan proses perbaikan kepada teknisi yang mengerti.

Apakah kamu pernah mengalami AC terasa tidak dingin? Bagikan komentarmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: 7 Air Purifier Terbaik dari Berbagai Harga, Sudah Punya?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya