Comscore Tracker

5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi, Hati-Hati!

Kamu bisa pakai aplikasi di smartphone

Kemajuan teknologi memungkinkan para penguntit untuk memata-matai seseorang dengan menggunakan kamera tersembunyi. Teknologi ini tidak mahal dan mudah didapatkan melalui outlet daring. 

Ada beberapa cara menemukan kamera tersembunyi. Hal ini perlu kamu lakukan saat mendatangi tempat baru atau menginap di suatu hotel.

Upaya mencari kamera tersembunyi yang dipaparkan di bawah ini akan membuat kamu merasa lebih aman dan terhindar dari ulah jail oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

1. Inspeksi visual

5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi, Hati-Hati!ilustrasi ruangan (unsplash.com/kam Idris)

Mengobservasi tempat disekitarmu merupakan cara termudah untuk mencari kamera tersembunyi. Waspadai barang-barang tertentu yang terletak tidak pada tempatnya atau terlihat aneh, seperti stop kontak di posisi yang janggal atau benjolan mengilap di vas bunga. 

Jika kamu menginap di hotel, pastikan juga kamu menempati kamar yang sesuai dengan pesanan. Pastikan cermin yang ada di kamar tersebut bukan cermin dua arah dengan melakukan tes refleksi. 

2. Detektor frekuensi radio

5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi, Hati-Hati!ilustrasi gelombang radio (unsplash.com/Sigmund)

Detektor frekuensi radio atau RF detector adalah alat efektif untuk mendeteksi barang-barang yang tidak bisa kamu lihat dengan mata telanjang. Alat ini bisa mendeteksi gelombang radio yang sering dipancarkan dari perangkat mata-mata, seperti kamera tersembunyi.

Sebagian besar perangkat komersial mengirimkan gelombang radio pada frekuensi 500MHz hingga 6GHz. Pastikan kamu mematikan perangkat apa pun yang dapat memicu detektor frekuensi radio. Alat-alat tersebut termasuk perangkat seluler, laptop, dan apa pun yang menggunakan Bluetooth

Baca Juga: 5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umum

3. Detektor lensa kamera

5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi, Hati-Hati!ilustrasi lensa kamera (unsplash.com/Wan Sap Yip)

Walaupun sebagian besar kamera tersembunyi mengirimkan gelombang tertentu, tetapi beberapa tidak membutuhkan gelombang radio dan tidak bisa terdeteksi detektor frekuensi radio. Akan tetapi, bukan berarti alat-alat ini tidak bisa terdeteksi.

Seperti namanya, detektor lensa merupakan alat yang bisa mendeteksi lensa kamera. Alat ini akan mencari karakteristik pantulan cahaya dari lensa kamera perekam. Jika sensor berbunyi, periksa area yang mencurigakan untuk mencari kamera tersembunyi. 

4. Kamera pencitraan termal

5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi, Hati-Hati!ilustrasi kamera termal (flir.eu)

Tanda lain yang bisa digunakan untuk mencari kamera tersembunyi adalah energi panas yang ditimbulkan. Hampir semua alat elektronik mengeluarkan panas saat digunakan. Contoh gampangnya adalah laptop atau smartphone yang menjadi panas saat digunakan.

Kamera termal bisa membantu menangkap titik panas tersembunyi yang menunjukkan lokasi perangkat elektronik. Walaupun sebagian besar barang elektronik mengeluarkan panas, kamu mungkin perlu menyelidiki area-area yang mencurigakan seperti boneka beruang yang hangat atau vas bunga. 

5. Smartphone

5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi, Hati-Hati!ilustrasi smartphone (unsplash.com/Jonas Luepe)

Smartphone yang kamu gunakan bisa menjadi alat terbaik untuk mencari kamera tersembunyi. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu menemukan kamera tersembunyi, seperti Hidden Camera Detector atau Glint Finder. 

Beberapa kamera tersembunyi menggunakan teknologi inframerah. Kamu juga bisa menggunakan kamera smartphone kamu untuk mendeteksi kamera tersembunyi dengan teknologi inframerah.

Caranya, matikan semua lampu dan gunakan kamera dengan untuk melihat sekeliling ruangan. Jika kamu melihat bintik cahaya yang tidak terdeteksi oleh mata, ini mungkin perangkat mata-mata.

Itulah lima cara menemukan kamera tersembunyi dengan mudah. Walaupun hidup dalam kekhawatiran itu tidak baik, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati terhadap kamera tersembunyi. Beberapa tips di atas akan sangat membantu kamu dalam menjaga privasi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Menggunakan Aplikasi

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya