Comscore Tracker

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Mudah dan nggak pakai ribet

Mendengarkan musik ketika bepergian bisa sama mengasyikkannya ketika menikmati lagu di sebuah ruangan jika menggunakan headset bluetooth. Bisa digunakan tanpa kabel, tentu saja merupakan keuntungan terpenting dari headset tipe ini. Jarak jangkauannya bisa mencapai 10 meter bahkan 20 meter. Sehingga, bisa mengontrol lagu yang dimainkan dari jarak jauh.

Kemudian jangan ragukan konektivitas headset bluetooth, karena beberapa tipe headset ini masih bisa digunakan dalam cuaca yang nggak bersahabat. Dan meskipun nggak memiliki kabel, kualitas suara yang dihasilkan nggak bisa diremehkan. Kualitasnya cukup bagus. Bahkan, sudah ada headset bluetooth yang mendukung surround sound atau suara 360.

Karena beberapa tipe headset bluetooth dirancang untuk mendengarkan musik di luar ruangan, terdapat juga fitur tahan air. Meski ada beragam fitur yang nggak tersedia di headset konvensional, headset tipe ini berharga cukup terjangkau. Dengan uang Rp100 ribu sudah bisa memilikinya. Jika ada diskon, pastinya lebih murah lagi.

Tapi apa artinya headset bluetooth jika nggak bisa menggunakannya. Nah, berikut ini adalah tujuh cara menggunakan headset bluetooth di ponsel pintar atau perangkat lainnya.

1. Aktifkan headset bluetooth

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset BluetoothYouTube.com/Jam Audio

Aktifkan dengan cara menekan tombol daya yang ada pada headset bluetooth. Sebagian besar headset jenis ini memiliki lampu indikator yang menyala ketika headset sedang diisi ulang daya atau aktif. Jadi, jika headset menunjukkan warna lampu LED berkedip, berarti headset aktif. Dan di beberapa headset tanpa kabel ini, terkadang membutuhkan waktu tekan tombol daya lebih lama untuk menyalakannya.

2. Atur headset bluetooth dalam mode pairing

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetoothiphonehelp.expert

Langkah ini jika antara smartphone atau perangkat lain belum pernah terhubung satu sama lain. Caranya bisa dengan menekan dan menahan tombol multi-fungsi atau power / on selama beberapa detik. Pada beberapa tipe headset bluetooth, biasanya warna yang muncul dari lampu LED ketika mode pairing adalah merah atau merah-biru. Tergantung pada merek headset bluetooth yang digunakan.

3. Aktifkan bluetooth di perangkat yang ingin dihubungkan dengan headset bluetooth

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetoothtechspirited.com

Caranya bisa melalui jalan pintas status bar atau melalui menu settings (jika di smartphone). Itu tergantung keefektifan dan efisiensi masing-masing individu. Dan untuk menghubungkannya dengan laptop, nggak semua laptop dilengkapi dengan fitur bluetooth. Periksa buku manual untuk memastikan apakah laptop memiliki fitur bluetooth atau nggak.

Bluetooth pada laptop bisa diaktifkan dengan menekan tombol bluetooth di samping laptop, di keyboard atau pintasan.

Baca Juga: 9 Cara untuk Membuat Headset dan Kabelnya Lebih Awet, Gak Ganti Melulu

4. Pindai perangkat headset bluetooth

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetoothandroidcentral.com

Langkah selanjutnya adalah memindai headset bluetooth pada perangkat yang akan dihubungkan. Ini bertujuan apakah headset bluetooth yang telah diaktifkan terdeteksi dengan benar. Tunggulah beberapa detik proses pemindaian sampai headset bluetooth terdeteksi. Jika nggak terdeteksi, coba ulangi proses pemindaian pada perangkat yang akan dihubungkan secara manual.

Cara lainnya jika belum atau nggak terdeteksi, matikan dahulu headset bluetooth kemudian nyalakan lagi. Atau matikan keduanya (headset bluetooth dan fitur bluetooth pada perangkat yang akan dihubungkan), kemudian ulangi dari langkah ke 1 sampai 3.

5. Hubungkan / koneksikan perangkat dengan headset bluetooth

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetoothmedium.com

Jika telah menemukan perangkat, langsung saja sambungkan headset. Biasanya, dalam proses pairing / menghubungkan akan diminta memasukkan PIN. Maka isilah dengan 0000 atau lihat pada buku manual headset. Setelah pesan muncul bahwa headset telah terhubung, siap digunakan.

6. Jika headset bluetooth dengan perangkat sudah pernah terhubung, maka lebih mudah

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetoothshop.sennheiserindia.com

Cukup nyalakan headset bluetooth dan fitur bluetooth di perangkat yang digunakan. Maka kedua perangkat akan berpasangan secara otomatis. Itu jika terdeteksi dengan normal. Jika belum terdeteksi, matikan headset bluetooth atau keduanya (headset bluetooth dan fitur bluetooth pada perangkat yang digunakan).

Kemudian, ikuti langkah ke 1 sampai 3 (jika sudah terdeteksi). Jika belum terdeteksi, ikuti sampai langkah ke 4.

7. Siap digunakan

Biar Gak Dibilang Gaptek, Berikut 7 Cara Menggunakan Headset Bluetoothcoolheadphonez.com

Setelah perangkat dan headset bluetooth berhasil terhubung, bisa mulai mendengarkan musik. Selain itu juga bisa digunakan untuk melakukan dan atau menerima panggilan telepon.

Mudah, kan? Dan sekedar info yang perlu diketahui, semua headset bluetooth yang beredar, cara penggunaannya hampir sama. Bahkan dalam hal nomor PIN.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Beda Headphone, Headset, Earphone & Handsfree

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya