Comscore Tracker

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasa

Nomor 11 pasti bikin kangen anak generasi 90-an.

Puasa bukan halangan untuk beraktivitas seperti biasa. Termasuk untuk traveling. Salah satu destinasi yang paling pas selama bulan puasa adalah pergi ke museum. 

Selain kita bisa mengenal sejarah lebih dalam, berfoto-foto di spot instagenic, kita juga gak akan kepanasan saat jalan-jalan. Kira-kira museum mana saja sih yang bisa kamu kunjungi selama bulan puasa? Berikut daftarnya! 

1. Museum Angkut - Batu

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasavillahotelbatu.com

Museum Angkut dikenal dengan koleksi transportasinya, baik di Indonesia maupun level dunia. Berbagai macam jenis transportasi bisa kamu temui di sini, mulai dari sepeda, mobil, kapal hingga pesawat.

Museum Angkut ini digadang sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Saking bagusnya, kamu harus siap-siap dengan antreannya yang panjang saat ke sini.

2. Museum Nasional Indonesia - Jakarta

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasanowjakarta.co.id

Museum yang berada di pusat ibu kota Jakarta ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Museum ini juga sering dikenal sebagai Museum Gajah, karena adanya patung gajah perunggu pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Museum bergaya Eropa ini menyimpan sekitar 141 ribu benda-benda sejarah dan prasejarah dari berbagai periode.

3. Museum Fatahillah - Jakarta

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasaromanceofthegrandtour.com

Museum Fatahillah berada di Kota Tua Jakarta dan pernah menjadi Balai Kota Jakarta pada zaman Batavia Lama. Pada 30 Maret 1974, gedung ini berganti menjadi museum yang berisi benda-benda peninggalan pada zaman tersebut. Di dalamnya ada total 23.500 benda bersejarah, baik dalam bentuk asli maupun replika.

4. Museum Blanco Renaissance - Ubud

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasafind-travel.jp

Bali tidak hanya jadi tempat hangout yang asyik, tapi juga tempat yang kental dengan karya seninya. Salah satunya adalah Museum Blanco Renaissance, yang didirikan oleh Antonio Blanco, seniman keturunan Spanyol.

Antonio telah berkeliling dunia demi mendalami pengetahuannya mengenai kesenian. Hingga pada akhirnya dia berhenti di Bali pada 1952. Di dalam museum ini, terdapat berbagai macam karya lukisan yang pernah Antonio buat, sebelum meninggal dunia pada 1999.

5. Museum Ullen Sentalu - Yogyakarta

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasajpswisata.com

Terletak di Kabupaten Sleman, museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan peninggalan Jawa Kuno dari para bangsawan semasa Dinasti Mataram. Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa "ulating blencong sejatine tataraning lumaku", yang artinya "nyala lampu blencong (wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan".

Baca juga: 25 Pantai Tercantik di Pulau Jawa yang Bikin Kamu Lupa Rumah!

6. Museum Tsunami Aceh - Banda Aceh

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasabandaaceh.com

Ini merupakan museum simbolis yang dibuat sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu. Museum ini sekaligus menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat, jika terjadi bencana serupa lagi. Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang ditujukan untuk menghormati para korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding.

7. Museum Siwalima - Ambon

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasa1hal.com

Museum ini terletak di Teluk Ambon, yang membuat tempat ini semakin eksotis. Siwalima berasal dari kata 'siwa' diambil dari kata Ulisiwa yang artinya sembilan dan 'lima' diambil dari Patalima yang artinya lima. Ribuan koleksi mengenai kelautan, geologi, biologika, dan masih banyak yang lainnya dari Maluku ada di dalam sini.

8. Museum House of Sampoerna - Surabaya

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasai1os.com

Bangunan yang dulunya merupakan gedung pentas ini dimiliki oleh manufaktur rokok terbesar di Indonesia, Sampoerna. Di dalamnya, kamu akan menemukan kumpulan rokok-rokok dari pertama kalinya dibuat hingga rokok modern masa kini.

Dari lantai dua, kamu bisa melihat proses bagaimana rokok dibuat dari pabrik Sampoerna yang terletak di sebelahnya. Tidak hanya museum, tapi tempat ini juga menyediakan kafe bagi kamu yang lelah berkeliling.

9. Museum Geologi - Bandung

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasakamilazizar.com

Bagi kamu yang tertarik dengan dinosaurus dan fosil zaman purba, maka museum satu ini cocok untukmu. Bangunan ini dulunya dijaga oleh JICA Jepang (Japan International Coorperation Agency). Diresmikan pada 23 Agustus 2000, Museum Geologi dijadikan tempat untuk keperluan penelitian dan pendidikan.

Sejumlah koleksi dan materi ada di sini, utamanya berkaitan dengan dunia geologi seperti bebatuan, fosil, dan mineral serta kondisi natural alam. Misalnya seperti bencana alam hingga pemanfaatan sumber daya bumi.

10. Museum Rekor Indonesia - Semarang

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasapesonaindo.com

Lebih dikenal dengan nama MURI, museum yang terletak di Semarang ini telah mencatat dan menyimpan sekumpulan rekor-rekor yang telah berbagai orang Indonesia lakukan.

Sejak diresmikan pada 1990, antusias orang Indonesia untuk memecahkan rekor semakin meningkat, baik dalam skala nasional maupun internasional. Kamu yang ingin memecahkan sejarah juga, bisa cek rekor-rekor yang sudah ada di museum ini.

11. Museum Anak Kolong Tangga - Yogyakarta

11 Museum Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Liburan Asyik Selama Puasajejak-bocahilang.com

Ini merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dibangun pada 2 Februari 2008 oleh Rudi Corens, Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan 'kekhawatiran' terhadap anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya serta tradisi mereka di zaman now ini.

Kebanyakan mainan yang dikoleksi museum ini berasal dari era 90-an. Lebih dari 16 ribu koleksi mainan, buku cerita, gambar, baik dari dalam negeri dan berbagai negara lainnya ada di sini. Cocok banget buat kamu yang ingin bernostalgia masa kecilmu.

Mau ke museum mana dulu, nih? Selamat berpuasa dan liburan!

Baca juga: 10 Destinasi Liburan Mewah Favorit Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

 

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !