Comscore Tracker

5 Wisata Pantai di Gunungkidul, Ada Pasir Putihnya Juga Lho!

Keeksotisannya tidak kalah dengan yang ada di daerah lain

Pesisir selatan Yogyakarta dikenal memiliki banyak tempat wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh para turis lokal maupun internasional. Tidak hanya pantai selatan, tapi masih ada banyak lagi pantai yang masih belum diketahui yang tentunya juga menambah daftar panjang wisata alam di Yogyakarta yang sudah terkenal melimpah ruah.

Daerah Gunungkidul inilah yang menyuguhkan deretan pantai dengan beragam keindahannya yang memukau siapa pun saat datang berlibur ke sana.

Berikut ini adalah kelima rekomendasi wisata pantai di Gunungkidul dengan menyimpan segala keindahan yang bisa jadi alternatif untuk dikunjungi.

1. Pantai Baron

5 Wisata Pantai di Gunungkidul, Ada Pasir Putihnya Juga Lho!Pantai Baron (instagram.com/febriyantiwulan)

Pantai Baron menjadi salah satu pantai klasik primadona masyarakat Yogyakarta yang menyuguhkan panorama alam memukau dengan suasana pantai yang sejuk. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian lewat bangunan mercusuar yang ada di sekitar pantai.

Istimewanya lagi, di sini juga terdapat deretan kapal nelayan yang difungsikan sebagai fasilitas untuk berkeliling menikmati keindahan Pantai Baron lebih dalam.

Gimana, berwisata ke Pantai Baron jadi semakin asyik dan seru bukan?

2. Pantai Timang

5 Wisata Pantai di Gunungkidul, Ada Pasir Putihnya Juga Lho!Pantai Timang (instagram.com/omahsundak)

Tidak hanya Pantai Baron dengan segala keunikannya, saat mengunjungi Pantai Timang pun wisatawan juga akan disuguhkan fasilitas berupa kereta gantung tradisional sebagai spot untuk menikmati keindahan pantai.

Berdiri tepat di bawah jalur gondola, pengunjung bisa menapaki kereta gantung tersebut untuk bisa melihat ganasnya deburan ombak pantai selatan.

Nah, jika tertarik buat mencoba menaiki kereta gantung, pengunjung perlu membayar tiket sekitar Rp150 ribu. Lumayan mahal kan ya?

Baca Juga: 9 Wisata Underrated di Gunungkidul yang Sayang Banget untuk Dilewatkan

3. Pantai Nglambor

5 Wisata Pantai di Gunungkidul, Ada Pasir Putihnya Juga Lho!Pantai Nglambor (instagram.com/dianekapuspita)

Pantai di Gunung Kidul memang terkenal menyimpan pesona dan keelokan yang selalu menarik untuk dikunjungi. Di Pantai Nglambor misalnya. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan pantai lengkap dengan ombak sekaligus bebatuan bukit karang disekeliling.

Selain keindahan di pantai, pemandangan di bawah lautnya pun tak kalah memukau. Karena sudah cukup lama Pantai Nglambor jadi salah satu pantai yang memiliki tempat snorkeling, cocok nih untuk dijadikan spot foto underwater.

4. Pantai Jogan

5 Wisata Pantai di Gunungkidul, Ada Pasir Putihnya Juga Lho!Pantai Jogan (instagram.com/paulcomont)

Pantai dengan hamparan pasir putih memang jadi salah satu destinasi paling hits ketimbang pasir hitam. Ya, kamu gak perlu jauh-jauh untuk menikmati pasir putih karena di Gunungkidul juga ada Pantai Jogan yang menawarkan pemandangan alam berupa pasir putih dan laut biru yang menyejukkan mata.

Gak hanya itu aja, kamu pun bakalan dimanjakan air terjun setinggi 12 meter tepat di sisi pantai. Asli deh keeksotisannya bikin makin pengin berlama-lama di sini.

5. Pantai Siung

5 Wisata Pantai di Gunungkidul, Ada Pasir Putihnya Juga Lho!Pantai Siung (instagram.com/ladyledoy)

Memiliki gugusan batu karang di sekeliling sekaligus hamparan pasir putih juga menjadi salah satu spot yang dimiliki Pantai Siung. Suasananya tenang dan adem, membuat Pantai Siung paling cocok disambangi ditengah hiruk pikuk ibu kota.

Apalagi ditambah ombaknya yang relatif tenang, sehingga kamu juga bisa berenang disekitaran pantai biar makin afdal liburan ke Pantai Siung.

Deretan rekomendasi pantai di daerah Gunungkidul tersebut bisa menjadi referensi buat kamu yang pengin liburan ke pantai tanpa harus mengeluarkan bujet besar. Tempatnya strategis dan nyaman, momen berwisata jadi makin tenang bersama rombongan.

Baca Juga: 6 Fakta Gua Jomblang, Destinasi Istimewa di Gunungkidul

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya