Comscore Tracker

Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Surga tersembunyi di Pulau Bali! #LokalIDN

Bali merupakan salah satu destinasi wisata dengan pemandangan alam yang natural dan menakjubkan. Salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Bali adalah Air Terjun Banyu Wana Amertha, di mana air terjun ini memiliki relief bebatuan yang unik dan memiliki tirai alami yang terbuat dari air terjun itu sendiri, lho!

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk berkunjung ke Air Terjun Banyu Wana Amertha yang unik ini, pastikan kamu sudah mengetahui 5 informasi penting di bawah ini ya! 

1. Lokasi dan Tiket Masuk 

Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiketinstagram.com/thebalichili

Lokasi : Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Tiket Masuk : Rp10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp20 ribu untuk wisatawan asing

2. Rute 

Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiketinstagram.com/sethsetiadha

Kamu dapat mencapai lokasi Air Terjun Banyu Wana Amertha dengan berkendara sejauh 63 kilometer dari Denpasar, di mana jarak tempuh ini memakan waktu sekitar 2 jam. Selain itu, kamu juga bisa memulai perjalanan kamu dari Begudul atau Danau Beratan yang hanya berjarak 11 kilometer dari Air Terjun Banyu Wana Amertha. 

Setelah kamu mencapai Puncak Wanagiri, kamu dapat mengambil jalan ke arah Asah Gobleg. Lalu, kamu dapat mencari jalan menuju Bhuasana Sari dan mengambil belokan ke arah kanan yang berjarak 3 kilometer. Setelah sampai di area parkir, kamu hanya perlu berjalan dengan jarak sekitar 500 meter untuk mencapai lokasi air terjun. 

Dalam perjalanan menuju lokasi air terjun, kamu akan melewati perkebunan kopi dan pepohonan tropis sehingga perjalanan kamu akan menjadi menyenangkan dan menyegarkan, lho!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kece di Bali yang Mirip dengan Destinasi Luar Negeri

3. Asal Mata Air 

Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiketinstagram.com/xiongofstyle

Air Terjun Banyu Wana Amertha memiliki sumber air yang berasal dari mata air yang terletak di kawasan Hutan Lindung Desa Wanagiri, di mana air tanah yang bersumber dari Hutan Lindung ini memiliki kesegaran yang alami dan tersimpan di bawah pepohonan, lho.

Penamaan destinasi wisata ini berasal dari kata Banyu yang berarti air, Wana yang berarti hutan, dan Amertha yang berarti berkah atau anugerah.

4. Aktivitas 

Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiketinstagram.com/blessed_eye_

Air Terjun Banyu Wana Amertha menyediakan 2 lokasi dengan 4 air terjun yang bisa kamu kunjungi yaitu Air Terjun Banyu Wana Amertha, Air Terjun Spray, Air Terjun One, dan Air Terjun Twin, di mana 4 lokasi air terjun ini memiliki jarak yang berdekatan sehingga kamu bisa mengunjungi 4 lokasi ini secara langsung, lho!

Ketika kamu berkunjung ke tempat wisata ini, kamu juga bisa menikmati kesegaran air dan melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang ataupun sekedar berfoto di area air terjun ini.

Air Terjun Banyu Wana Amertha memiliki coban dengan tirai alami yang terbentuk dari air terjun sehingga menjadikan lokasi ini menjadi spot foto yang menarik dan pastinya instagrammable banget!

5. Tips 

Wisata ke Air Terjun Banyu Wana Amertha: Rute, Lokasi, dan Harga Tiketinstagram.com/_erlan666a_

Ketika kamu memutuskan untuk berkunjung ke Air Terjun Banyu Wana Amertha, pastikan kamu sudah mempersiapkan baju ganti sehingga kamu dapat menghabiskan waktu dengan bermain di dalam air secara puas. Selain itu, pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman dan aman hal ini dikarenakan kamu perlu berjalan kaki dalam mencapai lokasi air terjun ini. 

Nah, apabila kamu hendak berkunjung ke destinasi wisata ini pada saat musim hujan, pastikan kamu berhati-hati dalam perjalanan menuju lokasi air terjun di mana jalan yang akan kamu lewati menjadi becek dan licin. 

Dengan latar pemandangan alam yang natural, Air Terjun Banyu Wana Amertha menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Bali. Nah, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Baca Juga: 7 Keunikan Air Terjun Sendang Gile, Pesona Alam Kaki Gunung Rinjani

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya