Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu Pulau

Punya potensi wisata yang menakjubkan! #LokalIDN

Pulau yang menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia ini merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia sehingga kamu bisa melihat berbagai wisatawan asing yang berasal dari Singapura ataupun Malaysia ketika kamu sedang berkunjung ke Pulau Sebatik, lho.

Selain merupakan daerah perbatasan, Pulau Sebatik juga menyimpan berbagai pemandangan alam yang mempesona dan kondisi sosial budaya yang unik sehingga kamu dapat mengalami berbagai pengalaman menarik ketika berkunjung ke destinasi wisata ini. Yuk, lihat apa saja!

1. Perbatasan antara Indonesia dan Malaysia 

5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu PulauTugu Perbatasan Garuda Perkasa (correcto.id)

Pulau yang dikenal sebagai pulau terluar di Indonesia ini memiliki sebuah kawasan yang dijadikan sebagai tugu perbatasan, di mana tugu ini dijadikan sebagai penanda bagi penduduk Pulau Sebatik untuk mengetahui batas wilayah masing-masing.

Nah, pada wilayah Indonesia, tugu pembatas tersebut berupa patung Garuda yang dijadikan sebagai lambang negara Indonesia dan diletakan pada wilayah Aji Kuning yang terletak pada Sebatik Timur.

2. Pelabuhan Sei Pancang 

5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu PulauPelabuhan Sei Pancang (instagram.com/insta.sebatik)

Pelabuhan yang dijadikan sebagai pembatas antara Indonesia dengan Malaysia ini terletak pada Sungai Limau yang berada di Sebatik Timur di mana karena letaknya yang berada pada daerah perbatasan, kamu juga bisa melihat Kota Tawau yang terletak di Malaysia ketika berkunjung ke Pelabuhan Pancang.

Nah, selain berada di daerah perbatasan, Pelabuhan Pancang juga merupakan pelabuhan terpanjang dengan total panjang sebesar 2 kilometer. Selain itu, Pelabuhan Pancang juga berdekatan dengan pangkalan TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk menjaga wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia, lho.

Baca Juga: Pulau dalam Danau, Ini 5 Aktivitas Seru Saat Berlibur di Pulau Samosir

3. Potensi wisata yang mempesona 

5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu PulauPantai Batu Lamampu (instagram.com/sm_acekkribo)

Pulau Sebatik memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan dikarenakan kondisi alam yang tergolong alami dan memiliki berbagai pemandangan alam yang mempesona. Pulau Sebatik juga memiliki 3 destinasi pantai yang dapat kamu kunjungi, yaitu Pantai Marina, Pantai Kayu Angin, dan Pantai Batu Lamampu.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan alam Pulau Sebatik secara luas pada Pos Bambangan yang terletak di Pulau Sebatik bagian barat di mana daerah ini memiliki pemandangan tebing yang curam dan pepohonan yang menghiasi tebing sehingga daerah ini memiliki tingkat polusi yang rendah dan terbebas dari kendaraan bermotor.

4. Desa Tanjung Aru 

5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu PulauPantai Batu Lamampu (ksmtour.com)

Desa Tanjung Aru berada pada kawasan wilayah Nukukan yang terletak di Sebatik Timur, di mana desa ini dikabarkan akan menjadi ibu kota dari Pulau Sebatik. Sebagai salah satu desa pesisir, Desa Tanjung Aru juga menyimpan berbagai keindahan alam yang berupa pantai dengan pemandangan alam yang mempesona.

Nah, selain kamu dapat melihat keindahan pantai, kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari senja yang akan perlahan turun menuju sela-sela dermaga pantai, lho.

5. Kondisi masyarakat 

5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu PulauPulau Sebatik (airmagz.com)

Bila kamu sedang berkunjung ke Pulau Sebatik, maka kamu dapat menjumpai berbagai toko yang menjual beberapa barang Malaysia yang dapat dibeli secara langsung dari kota Tawau yang terletak di Malaysia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pulau Sebatik. Hal ini dikarenakan pasokan barang dan makanan terdekat dari Pulau Sebatik berasal dari Malaysia dan Surabaya.

Nah, dengan adanya kondisi ini, maka proses jual beli yang terjadi di Pulau Sebatik masih menggunakan 2 mata uang yaitu rupiah dan ringgit sehingga kamu dapat membeli barang kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan mata uang Malaysia pada wilayah Indonesia, lho.

Pulau yang menjadi wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia ini menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan dan keadaan sosial budaya yang tidak akan kamu temukan di destinasi wisata lainnya.

Fakta menarik mana nih yang buat kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Sebatik?

Baca Juga: Jadi Pulau Terluar di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik dari Pulau Wetar

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya