Comscore Tracker

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021

Dari pantai sampai museum, ada semua di sini lho!

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Jeju? Pulau dengan sejuta pesona ini memang telah mendunia dan menyajikan berbagai destinasi wisata yang tak pernah sepi dari wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional.

Pesona Pulau Jeju juga kerap ditampilkan dalam beberapa KDrama. Tahun 2021 ini, setidaknya ada 11 tempat di Pulau Jeju yang menjadi lokasi syuting drama-drama populer. Di mana saja itu? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Handam Coastal Walk

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Park Bo Young dan Seo In Guk di Handam Coastal Walk (dok. tvN/Doom at Your Service)

Handam Coastal Walk atau juga dikenal sebagai Aewol Handam Coastal Trail merupakan jalur pejalan kaki yang berkelok-kelok sepanjang 1,2 km dan terletak di kawasan Pantai Handam, 6083 Iljuseo-ro, Desa Aewol, Aewol-eup, Pulau Jeju. Jalur ini menjadi bagian dari Jeju Olle Trail 15B Course sekaligus salah satu dari 31 hidden secrets of Jeju.

Sedangkan Pantai Handam dikenal dengan pasir putihnya dan bebatuan di sepanjang pesisirnya. Para snorkel berpengalaman kerap mengunjungi pantai ini karena terdapat banyak ikan di sekitar bebatuan. Pada musim tertentu atau ketika cuaca berangin arus airnya menjadi sangat kuat sehingga tidak disarankan untuk berenang di sana.

Pertangahan tahun 2021 ini, Handam Coastal Walk muncul dalam beberapa episode drama Doom At Your Service yang dibintangi Park Bo Young dan Seo In Guk. Pantai ini menjadi tempat Tak Dong Kyung (Park Bo Young) ‘kabur’ ketika ia sedang sedih atau ingin sendiri.

2. Malona Stay

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Malona Stay di Pulau Jeju (instagram.com/malona_stay)

Malona Stay juga menjadi tempat syuting drama Doom At Your Service. Penginapan ini digambarkan sebagai rumah masa kecil Tak Dong Kyung (Park Bo Young) yang ada di Pulau Jeju. Ia 'kabur' ke tempat ini pada episode 10 dan 11. Kemudian adik, bibi, paman, dan sahabatnya menyusulnya ke sini setelah diberi tahu Myul Mang (Seo In Guk).

Malona Stay merupakan penginapan tepi pantai dengan bangunan batu berusia 80 tahun yang baru dibuka pada tahun 2019 lalu. Lokasinya berada di 29, Gwideok 11-gil, Hallim-eup, Pulau Jeju.

Penginapan ini terdiri dari dua bangunan, yaitu bangunan depan digunakan sebagai dapur dan tempat makan, sedangkan bangunan belakang kamar tidur dengan kapasitas 2 sampai 4 orang dan kamar mandi.

Harga per malam mulai dari KRW 400.000 hingga KRW 500.000 tergantung hari atau musim. Tertarik menginap di sini?

3. Baboramyeon 

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Suasana di dalam Baboramyeon-Pulau Jeju (instagram.com/b.s.joo1160)

Selain Handam Coastal Walk dan Malona Stay, Baboramyeon ini juga muncul dalam drama Doom At Your Service.

Pada episode 11, Tak Dong Kyung (Park Bo Young) dan Myul Mang (Seo In Guk) makan siang di kedai ini sembari bercerita tentang pertemuan pertama dengan sahabatnya, Na Ji Na (Shin Do Hyun). 

Baboramyeon merupakan sebuah kedai dengan signature dish berupa seafood ramyeon dan samgyeopsal ramyeon dengan daging sapi. Dibuka pada tahun 2019, kedai ini berada di kawasan pantai Desa Handong atau tepatnya di 1016 Haemajihaean-ro, Gujwa-eup, Pulau Jeju.

4. Oedolgae Rock

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Oedolgae Rock Jeju (visitjeju.net)

Dan satu lagi tempat menarik di Pulau Jeju yang menjadi lokasis syuting drama Doom At Your Service, yaitu Oedolgae Rock. Di taman inilah Tak Dong Kyung (Park Bo Young) menghabiskan waktu bersama sahabatnya, Na Ji Na (Shin Do Hyun) sembari berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak dan berhenti di sebuah titik pandang untuk foto bersama. 

Oedolgae Rock yang berarti batu independen merupakan tumpukan batu basal vulkanik terkikis setinggi 20 meter dan keliling 8-10 meter yang terletak di lepas Pantai Chilshipri, 791 Seohong-dong, Seogwipo, Pulau Jeju.

Para pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari taman yang muncul dalam drama Doom At Your Service tersebut.

5. Gimnyeong Seonsegi Beach

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Gimnyeong Seonsegi Beach di Pulau Jeju (visitjeju.net)

Gimnyeong Seonsegi Beach merupakan salah satu pantai di Pulau Jeju yang dikenal dengan air laut berwarna kobalt dan pasir putih berbutir halus dengan bebatuan lava hitam. Selain itu, ciri khas pantai ini adalah pembangkit listrik tenaga anginnya. Lokasinya berada di 7-6 Sunrise Coast Road/Haemajihaean-ro, Desa Gimnyeong, Gujwa, Pulau Jeju.

Tahun 2021 ini, Gimnyeong Seonsegi Beach menjadi lokasi syuting drama High Class. Pada episode 15, Hwang Na Yoon (Park Se Jin) berjumpa kembali dengan putrinya, Hwang Jae In (Park So Yi), atas bantuan Song Yeo Wool (Cho Yeo Jeong) dan Danny Oh (Ha Joon). 

Baca Juga: 10 Spot Keren di Pulau Jeju yang Pernah Muncul di Drama Korea

6. Jeju Swiss Village

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Kompleks Jeju Jocheon Swiss Village (swissvillage.modoo.at)

Jeju Swiss Village atau juga dikenal dengan nama Jeju Jocheon Swiss Village merupakan sebuah kompleks komersial sekaligus perumahan yang terdiri dari 66 bangunan berwarna-warni (didominasi warna merah, oranye, dan kuning terang). Lokasinya berada di 566-27 Hamwa-ro Jocheon-eup, Pulau Jeju.

Karena bernuansa Eropa, Jeju Swiss Village ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama Dali and Cocky Prince dan digambarkan sebagai kota Amsterdam, Belanda.

Pada episode 1, Kim Da Li (Park Gyu Young) bersepeda melintasi kawasan ini dalam dalam perjalanan pulang. Jin Moo Hak (Kim Min Jae) juga datang ke sini untuk mencari Da Li pada episode berikutnya.

7. Saint Four Golf and Resort

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Saint Four Gold and Resort Jeju (stfour.com)

Selain Jeju Swiss Village, tempat lain di Pulau Jeju yang pernah muncul dalam drama Dali and Cocky Prince adalah Saint Four Golf and Resort. Salah satu bangunan di resor ini digunakan sebagai tempat tinggal Kim Da Li (Park Gyu Yeong) selama bekerja sebagai peneliti tamu di Amsterdam, Belanda.

Saint Four Golf and Resort merupakan kompleks resor, hotel, sekaligus lapangan golf mewah dan ramah lingkungan yang terletak di 445-55 Seonyu-ro, Gujwa, Pulau Jeju.

Kata four pada nama resor ini merujuk empat kesatuan alam, yaitu pada hutan, laut, langit, dan hidup manusia.

8. Kimnyeong Maze Park

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Kimnyeong Maze Park di Pulau Jeju (jejumaze.com)

Kimnyeong Maze Park merupakan taman labirin dedaunan yang hijau sepanjang tahun dan memiliki empat jalur yang cukup rumit.

Taman ini dirancang oleh Adrian Fisher, seorang perancang labirin populer dari Inggris, dan didanai oleh Frederic H. Dustin, mantan profesor di Jeju National University. Lokasinya berada di 122 Manjanggul-gil, Gujwa-eup, Pulau Jeju.

Kimnyeong Maze Park muncul dalam drama Check Out The Event. Pada episode 1, para pemenang kontes Tur Musim Panas pergi ke sini sebagai bagian dari perjalanan mereka di Pulau Jeju.

Ketika Ha Song Yi (Bang Min Ah) melewati labirin sendirian, ia melihat mantan pacarnya, Park Do Gyeom (Kwon Hwa Woon), berbicara dengan Jang Ru Ri (Lee Joo Myoung).

9. Arte Museum Jeju

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Salah satu ruang pameran Arte Museum Jeju (instagram.com/artemuseum_jeju)

Arte Museum Jeju baru dibuka pada 30 September 2020 lalu. Kemunculannya dalam drama Melancholia menjadikan museum ini semakin dikenal.

Pada episode 4, Ji Yoon Su (Im Soo Jung) dan Baek Seung Yoo (Lee Do Hyun) mengunjungi tempat ini untuk melihat 'pesta cahaya bintang yang dibuat dengan seni kertas'.

Arte Museum Jeju diyakini sebagai tempat pameran seni imersif terbesar di Korea Selatan. Bangunan museum ini adalah bekas pabrik yang telah direnovasi dan menampilkan 10 pameran seni media dengan tema 'alam abadi'.

Lokasinya berada di 478 Eorimbi-ro, Aewol, Pulau Jeju.

10. Genius Loci Yumin Art Gallery

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021Im Soo Jung di Genius Loci Yumin Art Gallery (dok. tvN/Melancholia)

Setelah berkunjung ke Arte Museum Jeju, Ji Yoon Su (Im Soo Jung) dan Baek Seung Yoo (Lee Do Hyun) pergi ke Genius Loci Yumin Art Gallery dalam drama Melancholia. Seung Yoo mengambil gambar di depan galeri. Namun, rupanya hanya bagian depan galeri ini yang digunakan sebagai lokasi syuting.

Genius Loci Yumin Art Gallery merupakan sebuah galeri seni yang berada di dalam kompleks Phoenix Jeju Island Resort.

Saat ini Genius Loci Yumin Art Gallery sedang memamerkan kerajinan kaca bergaya Art Nouveau. Lokasinya berada di 107, Seopjikoji-ro, Seongsan-eup, Seogwipo, Pulau Jeju.

11. The Seaes Hotel and Resort Jeju

11 Tempat di Pulau Jeju yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Tahun 2021The Seaes Hotel and Resort Jeju (dok. tvN/Melancholia)

Satu lagi tempat di Pulau Jeju yang jadi lokasi syuting drama Melancholia, yaitu The Seaes Hotel and Resort Jeju. Bagian taman dari resor ini menjadi lokasi syuting episode 4, yaitu ketika Yoo Hye Mi (Pyeon Jung Su) menjamu tim AI (Artificial Intelligence) Institute makan siang dalam mendukung putrinya, Sung Ye Rin (Woo Da Vi).

The Seaes Hotel and Resort Jeju merupakan kompleks hotel dan resor tradisional Korea bintang 5 pertama di Korea Selatan. Arsitektur resor ini berupa perpaduan tradisional dengan elemen modern yang menawarkan pemandangan laut yang sangat indah. Lokasinya berada di 196 Jungmungwangwang-ro, Seogwipo, Pulau Jeju.

Barangkali tempat-tempat di atas hanyalah sedikit dari berjuta pesona yang ada di Pulau Jeju. Jika kamu mengetahui destinasi wisata menarik lainnya di Pulau Jeju, tuliskan di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988

Fasrinisyah Suryaningtyas Photo Verified Writer Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya