Comscore Tracker

5 Vihara Terindah di Indonesia, Ada Replika Candi Borobudur Juga! 

Patungnya sampai ada yang masuk MURI, lho 

Vihara merupakan rumah ibadah bagi masyarakat penganut agama Buddha. Vihara tidak saja digunakan untuk tempat ibadah, tapi juga untuk kegiatan suci lainnya, salah satunya seperti kegiatan meditasi.

Di Indonesia sendiri, ada banyak vihara yang bisa ditemukan di berbagai daerah. Beberapa di antaranya bahkan termasuk kategori vihara tertua, terbesar, bahkan terindah di Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi bukti dari keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia.

Penasaran vihara mana saja yang termasuk kategori terindah di Indonesia? Yuk, simak sampai habis ulasan berikut ini, ya!

1. Vihara Padepokan Dhammadipa Arama 

5 Vihara Terindah di Indonesia, Ada Replika Candi Borobudur Juga! potret vihara dhammadipa arama (instagram.com/fa_amelia)

Vihara Padepokan Dhammadipa Arama berada di ruas jalur utama Kota Malang dan Kota Batu, tepatnya di Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Vihara yang didirikan pada tahun 1971 ini merupakan vihara terbesar, tertua, dan terlengkap di Kota Batu.

Berdiri di atas lahan sekitar 5 hektar dan berada di dataran tinggi membuat udara di vihara ini selalu sejuk. Suasana inilah yang menjadikan Vihara Padepokan Dhammadipa Arama sangat nyaman digunakan sebagai tempat meditasi. Kepala vihara ini adalah Bhikkhu Khantidharo Mahathera.

Dari luar vihara ini memang tidak terlihat mencolok. Namun, begitu memasuki area dalam, kamu akan dibuat kagum dengan kemegahan bangunan, luasnya area, serta pernak-pernik religi yang tersimpan di dalamnya.

Di gerbang utama kamu akan disambut dengan dua buah arca di kiri dan kanan setinggi tiga meter. Masuk lebih dalam, tampak kemegahan bangunan pagoda dengan kombinasi warna emas dan putih. Bangunan ini merupakan replika Pagoda Shwedwagon yang ada di Myanmar.

Di samping pagoda tersebut terdapat lorong kecil menuju museum yang menyimpan benda-benda berhubungan dengan penyebaran agama Buddha di Indonesia. Lorong museum ini sendiri berakhir di zona Patung Buddha Tidur.

Ukuran patung berwarna emas ini mencapai kurang lebih 8 meter. Tidak jauh dari patung ini, juga terdapat patung lima murid pertama Sang Buddha yang dikelilingi dengan taman indah dan kolam ikan berhias bunga teratai.

2. Vihara Bodhigiri 

5 Vihara Terindah di Indonesia, Ada Replika Candi Borobudur Juga! potret tampak atas vihara bodhigiri (instagram.com/wisatablitar)

Vihara Bodhigiri berada di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di ketinggian 550 m di atas permukaan laut menjadikan Vihara Bodhigiri dikelilingi oleh pegunungan, antara lain Gunung Kawi dan Gunung Kelud. Vihara ini menempati lahan yang sangat luas, yaitu hampir 60.000 m². Daerah perbukitan ini dibangun menjadi sebuah vihara yang megah dan indah dengan kontur bangunan arsitektur yang menarik sehingga menarik banyak minat wisatawan untuk berkunjung.

Vihara Bodhigiri yang berdiri pada tahun 1987 ini dulunya dikenal dengan nama Panti Semedi Balerejo. Vihara ini lebih sering digunakan sebagai tempat untuk berlatih meditasi karena berada di lingkungan yang jauh dari kebisingan kota.

Menariknya lagi, pada bagian belakang vihara terdapat jajaran relief serta beberapa goa. Melansir buddhazine, Vihara Bodhigiri termasuk dalam objek wisata unggulan yang ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar. Jika berkunjung ke sini, kamu akan diantar oleh pemandu yang disediakan vihara, lho.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Siu San Keng, Vihara Tertua di Medan

3. Brahma Vihara Arama 

5 Vihara Terindah di Indonesia, Ada Replika Candi Borobudur Juga! potret brahma vihara arama (instagram.com/goes_raii)

Brahma Vihara Arama atau yang lebih dikenal dengan nama Vihara Buddha Banjar terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Vihara yang berada di kawasan perbukitan Banjar Tegeha ini merupakan vihara terbesar di Bali. Vihara ini dibangun pada tahun 1969 dan luasnya sekitar 4 hektar. Suasana yang sepi, nyaman, dan tenang bikin vihara ini cocok banget untuk kegiatan meditasi.

Memasuki area vihara, kamu akan menjumpai patung Buddha yang cukup besar berada di tengah kolam yang dihiasi bunga teratai. Setelah itu, ada juga bangunan Dhammasala untuk pujabhakti. Di sebelah barat terdapat Uposatha Gara. Pada dindingnya terdapat ukiran-ukiran yang menggambarkan kelahiran Sang Buddha. Di sebelah utara Uposatha Gara, ada lonceng raksasa berwarna kuning emas dan terdapat stupa di sebelahnya.

Di bagian selatan terdapat pohon bodhi yang cukup besar yang dikelilingi oleh relief. Yang menjadi keunikan dan daya tarik wisatawan adalah sebuah taman yang luas yang menawarkan spot replika Candi Borobudur dengan lima stupa. Spot paling menakjubkan untuk berfoto sendiri ada di anak tangga paling atas. Dari spot tersebut, kamu dapat melihat keindahan Pantai Lovina dari kejauhan. Tak heran jika vihara ini menjadi salah satu objek wisata favorit di kawasan Kabupaten Buleleng.

4. Vihara Avalokitesvara Graha 

5 Vihara Terindah di Indonesia, Ada Replika Candi Borobudur Juga! potret vihara avalokitesvara (instagram.com/swetha.sridar81)

Vihara Avalokitesvara Graha berada di Kelurahan Air Raja, Jalan WR Supratman, km 14, Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Bangunan super besar yang diresmikan pada 2009 lalu ini tampak sangat mencolok dari kejauhan. Gerbang berwarna kuning dan merah tampak menjulang tinggi di halaman vihara.

Dua patung penjaga tampak megah menjaga di depan pintu masuk. Di dalamnya, terhampar taman yang luas dan tertata rapi serta kebun buah naga. Setelah itu, kamu juga akan disambut oleh deretan patung dewa-dewi yang berjumlah 16.

Dari teras depan vihara, kamu bisa melihat betapa luasnya Vihara Avalokitesvara Graha. Salah satu daya tarik vihara ini adalah keberadaan patung Dewi Kuan Yin Phu Sha dalam posisi duduk. Tinggi patung ini mencapai 16,8 meter dengan berat 40 ton, serta dilapisi oleh emas 22 karat. Patung ini telah dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung Dewi Kuan Yin terbesar yang berada di dalam ruangan. Vihara ini juga terbuka untuk umum sehingga kamu bisa mengunjunginya di waktu senggang.

5. Vihara Hemadhiro Mettavati 

5 Vihara Terindah di Indonesia, Ada Replika Candi Borobudur Juga! potret vihara hemadhiro mettavati (instagram.com/r1nald1)

Vihara Hemadhiro Mettavati berdiri di tengah perkampungan Kapuk Raya, Gang Mawar SCB, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Bangunan vihara itu nampak megah dengan warna kilau keemasan nan indah. Dua ekor naga turut menghiasi sisi kiri dan kanan anak tangga. Uniknya, di dalam kompleks vihara ini juga terdapat mushola, lho. Hal ini menunjukkan kehangatan sekaligus semangat toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Ketua dewan pembina vihara ini adalah YM Bhante Khanit Sannano Mahathera. Vihara ini baru diresmikan pada Juni 2019 lalu dengan luas area 2.142 m². Gaya arsitektur vihara ini menganut gaya arsitektur khas Thailand. Kombinasi desain bangunannya klasik dan modern serta memiliki cita rasa estetika yang tinggi.

Bangunan utama vihara ini adalah ruang dhammasala, dimana ada 24 anak tangga yang harus dinaiki untuk menuju ke ruangan ini. Selain itu, juga ada ruang meditasi dan ruang serbaguna. Kemudian, di area luar ruangan dhammasala, ada 15 kuti yang disediakan untuk para bhikkhu. Vihara ini juga terbuka untuk umum, lho.

Selain wisata alam, destinasi religi ternyata juga bisa sangat menarik, bukan? Desain arsitektur bangunan yang unik serta lanskap alam di sekitarnya yang indah tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Jika kamu ingin mengunjungi sederet vihara di atas, diharapkan menggunakan pakaian yang sopan, ya, mengingat vihara merupakan sebuah tempat ibadah umat Buddha yang memiliki tata cara dan aturannya tersendiri. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat memutuskan untuk berlibur! Semoga sehat selalu!

Baca Juga: Tahun Baru Imlek, Ini 5 Vihara di Sumut yang Paling Ramai Pengunjung

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya