Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Alamnya Indah Menakjubkan

Danau Toba gak cuma tentang wisata danau

Menyandang gelar sebagai danau terbesar di Indonesia, pesona Danau Toba selalu sukses mencuri perhatian wisatawan. Keberadaan Pulau Samosir di tengah-tengah danau menambah keindahan danau dengan kedalaman mencapai 505 meter ini.

Namun, tahukah kamu kalau Danau Toba gak cuma tentang wisata danau saja? Sebab, ternyata di sekitar Danau Toba banyak sekali air terjun yang menambah semarak pariwisata di sini.

Jika kamu berkesempatan jalan-jalan ke Danau Toba, sempatkan mampir ke air terjun berikut, ya. Dijamin pengalaman traveling-mu bakal semakin berkesan. Yuk, intip di mana saja air terjun tercantik di sekitar Danau Toba!

1. Air Terjun Janji

5 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Alamnya Indah MenakjubkanAir terjun Janji (instagram.com/romasdo_saragih)

Air Terjun Janji berada di Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Gak perlu susah-susah mencapai air terjun ini, karena lokasinya gak jauh dari tepi jalan raya. Dari area parkir kendaraan ke spot air terjun, kamu tinggal berjalan kaki beberapa menit.

Meski begitu, Air Terjun Janji menawarkan pemandangan yang elok dengan banyaknya bebatuan besar yang tersebar di sekitar air terjun. Empasan air yang jatuh terbilang cukup deras sehingga pengunjung dilarang bermain air tepat di bawah aliran air terjun.

2. Air Terjun Simanimbo

5 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Alamnya Indah MenakjubkanAir Terjun Simanimbo (instagram.com/chatrineyufanty)

Berada di dalam kawasan PLTA Asahan, kamu bisa menikmati view Air Terjun Simanimbo tanpa dipungut biaya tiket masuk. Hal ini karena air terjun benar-benar mengalir dari atas tebing yang lokasinya tepat di pinggir jalan raya. Uniknya, aliran dari air terjun ini langsung bermuara ke Bendungan Sigura-gura.

Kamu memang gak bisa main basah-basahan di Air Terjun Simanimbo. Sebagai gantinya, kamu bisa mendaki tebing lewat tanggal kecil untuk sampai di bagian atas air terjun. Dari spot ini, kamu bisa lebih leluasa menonton Bendungan Sigura-gura.

3. Air Terjun Situmurun

5 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Alamnya Indah MenakjubkanAir Terjun Situmurun (instagram.com/mendylestari)

Daya tarik Air Terjun Situmurun adalah aliran airnya yang terdiri dari beberapa tingkat dan langsung mengempas ke Danau Toba. Sehingga, untuk menikmati keunikan air terjun ini, kamu perlu menaiki kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tiga Raja atau Pelabuhan Ajibata.

Sesampainya di lokasi, sempatkan berenang di danau sekaligus di bawah aliran air terjun. Pastikan kamu telah mengenakan life jacket yang disediakan pihak kapal untuk menjaga keamanan selama kamu bermain air.

Baca Juga: 9 Air Terjun Paling Mistis di Bali, Suasananya Bikin Merinding

4. Air Terjun Sipiso-piso

5 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Alamnya Indah MenakjubkanAir Terjun Sipiso-piso (instagram.com/rioheryno)

Tingginya sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso dinobatkan sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Kamu gak hanya bisa menikmati keindahan air terjun dari atas bukit, tapi bisa juga menuruni anak tangga menuju bagian dasar air terjun.

Dari kompleks wisata Air Terjun Sipiso-piso, bentang alam Danau Toba dapat kamu saksikan dengan jelas. Ketika cuaca sedang cerah, panorama di sini sungguh memanjakan mata dan bikin ogah pulang.

5. Air Terjun Efrata

5 Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba, Alamnya Indah MenakjubkanAir Terjun Efrata (instagram.com/vinajessica)

Diapit perbukitan, pemandangan menuju Air Terjun Efrata dijamin gak akan bikin bosan. Samar-samar Danau Toba juga terlihat di kejauhan.

Setibanya di lokasi, kamu akan semakin dibuat takjub dengan pesona Air Terjun Efrata yang keberadaannya sudah bisa terlihat dari area parkir kendaraan. Aliran air terjunnya terbilang cukup aman buat kamu berenang di kolam di bawahnya.

Lokasi Air Terjun Efrata berdekatan dengan wisata populer bernama Bukit Holbung dan Menara Pandang Tele. Jadi, jika kamu ada waktu lebih, boleh banget sekalian mampir ke dua destinasi tersebut.

Nah, itulah lima spot air terjun di sekitar Danau Toba yang layak kamu jelajahi. Pesonanya dijamin akan melengkapi petualanganmu. Tertarik mengunjungi yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 10 Air Terjun Tercantik di Bali, Tempat Terbaik untuk Hilangkan Penat

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya