Comscore Tracker

5 Camping Ground di Malang Raya Ini Punya View Alam yang Menakjubkan!

Kamu yang hobi camping wajib ke sini!

Menghabiskan waktu untuk lebih dekat dengan alam memang selalu menyenangkan, apalagi Indonesia dikenal sebagai salah satu surga dunia karena pemandangan alamnya yang mempesona. Bukan cuma jajaran pantai berpasir putih dengan laut biru, negeri ini juga memiliki hamparan pegunungan yang enggak kalah memukau.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenal alam, salah satunya adalah dengan menghabiskan waktu liburan dengan camping di alam terbuka. Di Indonesia sendiri, ada beberapa kota yang dikenal dengan spot camping yang oke dan Malang adalah salah satunya. Nah, untuk kamu yang sedang menghabiskan waktu liburan di Malang, berikut ini 5 camping ground dengan view mempesona yang ada di Malang Raya!

1. Bumi perkemahan Bedengan

5 Camping Ground di Malang Raya Ini Punya View Alam yang Menakjubkan!instagram.com/harismads

Berada di dusun Selokerto, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang membuat bumi perkemahan Bedengan ini jauh dari bising perkotaan apalagi kemacetan. Sebagai gantinya, kamu akan disambut dengan rumput hijau, hawa sejuk khas dataran tinggi, plus deretan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Selain area untuk camping, bumi perkemahan Bedengan ini juga menyediakan lahan parkir, warung makan, bahkan petugas jaga malam. Asiknya bumi perkemahan ini tidak menetapkan harga tiket masuk, kecuali kalau kamu membawa kendaraan pribadi kamu perlu membayar parkir atau biaya penitipan. 

2. Latar Ombo Gunung Panderman

5 Camping Ground di Malang Raya Ini Punya View Alam yang Menakjubkan!indonesiacamping.com

Kamu yang orang Malang dan suka naik gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan Latar Ombo. Berada di lereng gunung Panderman, Latar Ombo menjadi salah satu pos favorit banyak pendaki untuk mendirikan tenda karena terdapat lahan datar yang cukup luas. Dan karena letaknya dekat dengan puncak gunung, gak heran kalau Latar Ombo memiliki pemandangan yang memesona.

Bermalam di sini, kamu gak hanya bisa merasakan hawa sejuk dan suasana yang tenang khas pegunungan tapi kamu juga bisa menyaksikan sunrise yang muncul dipagi hari. Pemandangan di Latar Ombo akan semakin indah dengan lampu-lampu kota Malang di malam hari yang bisa kamu lihat dari kejauhan.

3. Ranu Kumbolo

5 Camping Ground di Malang Raya Ini Punya View Alam yang Menakjubkan!instagram.com/babangvandy

Bukan rahasia lagi kalau gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang menyimpan banyak pesona, salah satu pesonanya yang menjadi primadona adalah Ranu Kumbolo. Bisa dibilang, Ranu Kumbolo adalah surganya Semeru.

Meski begitu, tidak mudah untuk bisa melihat surga ini. Dari desa Ranu Pane, kamu harus tracking selama 4 jam melewati 4 pos. Tiket untuk bisa naik ke Ranu Pane yaitu Rp. 17.500 dihari weekdays dan Rp. 22.500 dihari weekend. Meski perjalanan yang ditempuh sangat jauh, namun sebanding dengan hasilnya.

Percaya deh, rasa lelah kamu akan langsung terbayar lunas begitu sampai di Ranu Kumbolo. Biasanya para pendaki yang ingin menuju puncak Semeru menjadikan Ranu Kumbolo sebagai basecamp untuk mendirikan tenda dan berisitrahat.

Kamu juga bisa menginap di Ranu Kumbolo dan menikmati indahnya danau ini meski tidak naik ke puncak. Asiknya, saat ini sudah ada fasilitas toilet dan kamar mandi kering di Ranu Kumbolo. Di setiap pos juga ada penjual makanan dan minuman. Meski begitu, menginap di Ranu Kumbolo kamu juga harus menaati beberapa aturan salah satunya adalah dengan tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan tepi danau.

Baca Juga: Rindu Camping? 5 Camp Ground di Jawa Barat Ini Layak Jadi Tujuanmu

4. Romantic Camp

5 Camping Ground di Malang Raya Ini Punya View Alam yang Menakjubkan!instagram.com/campingasik_

Sesuai dengan namanya, suasana di tempat ini memang romantis apalagi ketika malam. Berada di kawasan gunung Banyak, Kota Batu Malang ini sebenarnya merupakan tempat latihan paralayang bagi para atlet. Lambat laun, tempat ini berubah menjadi tempat wisata. Camping di sini kamu gak hanya bisa mencoba terbang dengan paralayang tapi juga melihat indahnya Kota Batu dan Malang dari ketinggian.

Suasana akan jadi semakin romantis ketika malam hari, karena Kota Batu dan wilayah Malang dipenuhi oleh jutaan kerlip cahaya yang berasal dari bangunan-bangunan yang ada. Kamu juga gak perlu repot mencari kayu bakar karena di sini pengelola sudah menyediakan tempat perapian. Ada juga beberapa hammock yang sudah disediakan untuk sekadar beristirahat. Untuk bisa kemping di sini, para pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000 dan membawa tenda serta peralatan sendiri.

5. Budug Asu

5 Camping Ground di Malang Raya Ini Punya View Alam yang Menakjubkan!instagram.com/fiqyardian

Berada di lereng gunung Arjuna, pemandangan di Budug Asu ini bukan main indahnya. Untuk bisa kemping di Budug Asu, pengunjung harus lebih dulu tracking selama 2,5 jam atau lebih. Meski begitu, rasa lelah itu tidak akan terasa karena sepanjang jalan kamu akan melewati perkebunan kopi dan hutan pinus.

Sesampainya di Budug Asu, setelah mendirikan tenda kamu bisa menikmati indahnya lereng gunung Arjuna, hawa sejuk, plus suasana yang damai jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Eits, pesona Budug Asu tidak hanya berhenti di situ karena keesokan paginya kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise  yang muncul dari pengunungan Bromo dari kejauhan. Jangan lupa sempatkan diri untuk mengambil selfie di gardu pandang yang ada di Budug Asu ya!

Nah, itu dia beberapa spot camping ground yang bisa kamu kunjungi di Malang. Beberapa tempat memang mengharuskan kamu untuk tracking sedikit. Meski melelahkan, tapi percaya deh rasa capek kamu akan hilang begitu melihat pemandangan keren yang ada di camping ground  Malang.

Baca Juga: Kembali ke Alam, 7 Spot Camping di Sulawesi Selatan yang Keren Abis!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You