Comscore Tracker

5 Jalur Pendakian Menuju Gunung Merbabu, Pemandangannya Keren!

Tiap jalur punya keindahan tersendiri #IDNTimesTravel

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Gunung Merbabu terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Tak ayal, jika banyak pendaki gunung yang menggandrungi Gunung Merbabu sebagai tujuan mendaki mereka.

Untuk mendaki Gunung Merbabu, terdapat 5 jalur pendakian resmi yang bisa kamu lalui. Jika kamu berniat mendaki Gunung Merbabu, tentukan jalur pendakian yang akan kamu lalui. Di bawah ini adalah 5 jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu.

1. Thekelan

5 Jalur Pendakian Menuju Gunung Merbabu, Pemandangannya Keren!sabana di Gunung Merbabu (unsplash.com/Philip Lindberg)

Yang pertama ada jalur pendakian Thekelan yang terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Terletak di selatan Gunung Merbabu, dari jalur ini kamu bisa melihat deretan gunung di Semarang dan pemandangan kota Salatiga dari jauh.

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Merbabu, dari jalur Thekelan ini dibutuhkan waktu pendakian sekitar 9 jam. Dengan medan jalur berupa hutan dan sabana yang menanjak.

2. Cunthel

5 Jalur Pendakian Menuju Gunung Merbabu, Pemandangannya Keren!pemandangan di puncak Gunung Merbabu (unsplash.com/Dedy Kurniawan)

Masih berada di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang, ada jalur pendakian Cunthel yang bersebelahan dengan jalur Thekelan. Jalur Cunthel dan Thekelan ini akan bertemu di Pos Pemancar setelah kamu melewati beberapa pos di kedua jalur. Vegetasi jalur pendakian Cunthel ini hampir sama dengan Thekelan, yaitu didominasi oleh hutan dan sabana menanjak.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Muria, Gunung di Jawa Tengah yang Dulunya Adalah Pulau

3. Wekas

5 Jalur Pendakian Menuju Gunung Merbabu, Pemandangannya Keren!pendaki sedang mendaki Gunung Merbabu (unsplash.com/Jamal Mahfudz)

Selanjutnya adalah jalur pendakian Gunung Merbabu via Wekas. Jalur ini terletak di sebelah barat Gunung Merbabu, atau lebih tepatnya, berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Jalur Wekas memiliki vegetasi berupa hutan yang tidak rimbun dan terdapat beberapa spot yang ekstrem bagi pendaki. Salah satunya adalah Jembatan Setan. Dari jalur Wekas ini, kamu bisa melihat lanskap perkotaan Magelang dan sedikit terlihat Gunung Merapi di sebelah selatan.

4. Suwanting

5 Jalur Pendakian Menuju Gunung Merbabu, Pemandangannya Keren!lautan awan dilihat dari puncak Merbabu (unsplash.com/Aliko Sunawang)

Kemudian ada jalur pendakian Suwanting yang terletak di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Karena letaknya di Magelang dan dekat dengan dengan jalur Wekas, maka pemandangan di jalur Suwanting ini pun sama seperti perkotaan Magelang dan view Gunung Merapi.

Medan jalur Suwanting ini didominasi oleh hutan dan sabana yang menanjak. Untuk bisa sampai ke puncak Merbabu lewat jalur Suwanting, diperlukan waktu pendakian sekitar 8 jam.

5. Selo

5 Jalur Pendakian Menuju Gunung Merbabu, Pemandangannya Keren!Gunung Merapi dilihat dari Merbabu (unsplash.com/Dan Gilmour)

Yang terakhir ada jalur pendakian Selo yang terletak di selatan Gunung Merbabu atau tepatnya di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Jalur Selo ini merupakan jalur terpopuler yang ada di Gunung Merbabu.

Jalur ini bisa dikatakan populer karena punya sabana yang membentang luas dan view Gunung Merapi yang sangat jelas dan gagah terlihat di sepanjang jalur. Sehingga banyak pendaki Merbabu yang lebih memilih jalur Selo dibanding jalur lainnya.

Nah, itulah 5 jalur pendakian resmi yang ada di Gunung Merbabu. Kamu mau coba jalur yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Instagram @mimarfakhruddin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya