Comscore Tracker

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesia

Ayo ke Taman Nasional!

Letak geografis Indonesia membuatnya memiliki banyak hutan. Sejumlah hutan alami tersebut kemudian ada yang dijadikan taman nasional sebagai pelestarian flora dan fauna. Apakah kamu sudah mengenali keindahan alam Indonesia yang terwakili di 51 Taman Nasional dari Sabang hingga Merauke? IDN Times telah mengumpulkan setidaknya ada 20 Taman Nasional paling eksotis yang ada di Indonesia.

1. Taman Nasional Gunung Leuser.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiajalan2.com

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki pesona alam liar yang benar-benar menantang. Di taman nasional ini terdapat binatang-binatang yang hidup bebas berkeliaran diantaranya badak Sumatra, gajah Sumatra, orang utan, hingga beruang madu. Nama dari taman nasional Gunung Leuser diambil dari nama gunung yang berdiri kokoh di kawasan tersebut yakni Gunung Leuser.

2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiatriptrus.com

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang terletak di ujung barat daya Sumatra ini ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. Tahun 1935, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dinyatakan sebagai Cagar Alam Suaka Margasatwa. UNESCO juga menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiaamazonaws.com

Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera, luasnya sekitar 13.750 km persegi. Di sini adalah tempat flora dan fauna langka hidup dan bertumbuh. Beberapa binatang liar yang ada di taman nasional ini yakni Harimau Sumatera, badak Sumatera, gajah Sumatera, macan dahan, tapir Melayu hingga beruang madu. Tak hanya itu, masih ada sekitar 370 jenis burung yang hidup di kawasan taman nasional Kerinci Seblat. Bunga raksasa Raflesia Arnoldi juga bisa anda jumpai di taman ini.

4. Taman Nasional Way Kambas.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiayopiefranz.com

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park). Penetapan ini menjadikan TNWK sebagai Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia atau ke-36 di Asia Tenggara. Penetapan kawasan konservasi menjadi Taman Warisan ASEAN merupakan salah satu upaya melestarikan kawasan di wilayah Asia Tenggara, yang dikenal dengan keanekaragaman hayati dan tingginya nilai ekosistem.

5. Taman Nasional Ujung Kulon.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiatstatic.net

Di taman nasional Ujung Kulon, kita bisa melihat binatang monyet, rusa, harimau. Jika beruntung, Badak Bercula hidup bebas. Taman nasional ini berada di sebelah ujung barat Pulau Jawa. Nama taman nasional ini Ujung Kulon yang berarti ujung barat. Luas Taman Nasional Ujung Kulon mencapai 122.956 hektare. Taman nasional ini diresmikan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

6. Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiaupdate.ahloo.com

Wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu terdiri atas perairan dan kepulauan dengan luassekitar 108 ribu hektare. Beberapa pulau yang ada di kawasan taman nasional Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata yang terkenal di Jakarta. Taman Nasional ini berlokasi sekitar 45 kilometer sebelah utara Jakarta.

7. Taman Nasional Karimun Jawa.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiatnkarimunjawa.id

Taman Nasional Karimun Jawa merupakan taman nasional yang terdiri dari kepulauan. Di sana, ada sekitar 22 pulau. Luas taman nasional sekitar 111.625 hektare. Keindahan alam Karimun Jawa sudah tidak perlu diragukan lagi karena banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit.

8. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiaagentwisatabromo.com

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi yang ada di Indonesia. Taman nasional ini memiliki keunikan yang berupa laut pasir seluas 5.250 hektare, yang berada pada ketinggian 2.100 meter dibawah permukaan air laut. Di taman nasional Bromo Tengger Semeru terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia, dan 4 jenis reptilia. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada di Jawa Timur, terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

9. Taman Nasional Baluran.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiagambaru.me

Taman nasional di Indonesia yang satu ini berada di ujung timur Pulau Jawa, yakni di perbatasan antara kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Taman nasional Baluran memiliki luas sekitar 250 kilometer persegi dan 40 persen wilayahnya berupa padang sabana. Tempat paling terkenal di taman nasional Baluran ini adalah Savana Bekol yang merupakan padang rumput luas tempat fauna hidup dengan bebas.

10. Taman Nasional Danau Sentarum.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiai2.wp.com

Danau Sentarum sebagai danau musiman yang berada di taman nasional ini terletak pada sebelah cekungan sungai Kapuas, yaitu sekitar 700 km dari muara yang menuju laut Cina Selatan. Dibatasi oleh bukit-bukit dan dataran tinggi yang mengelilinginya, Danau Sentarum merupakan daerah tangkapan air dan sekaligus sebagai pengatur tata air bagi daerah aliran sungai Kapuas. Dengan demikian, daerah-daerah yang terletak di hilir Sungai Kapuas sangat tergantung pada fluktuasi jumlah air yang tertampung di danau tersebut.

11. Taman Nasional Tanjung Puting.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiatravel.co.id

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung Kalimantan Tengah. Terdapat konservasi orang utan terbesar di dunia dengan populasi diperkirakan 30-40 ribu ekor. Selain itu, Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan cagar biosfer yang diresmikan pada 1977. Inti area Taman Nasional Tanjung Puting sendiri seluas 415.040 hektare, yang ditetapkan pada tahun 1982.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Ini Cocok Kamu Kunjungi pada Semester Dua

12. Taman Nasional Bali Barat.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiapinimg.com

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat pulau Bali. Taman nasional ini mempunyai luas 77,000 hektare, sekitar 10 persen luas daratan pulau Bali. Taman Nasional Bali Barat terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Di bagian tengah taman didominasi sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini.

Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Seperti banteng, rusa, lutung, kalong, dan aneka burung. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan jalak bali, satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, di habitat aslinya.

13. Taman Nasional Komodo.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiabisnis.com

Jika di taman nasional Ujung Kulon bisa melihat badak bercula, di Taman Nasional Komodo ini  kita bisa melihat si kadal raksasa yakni komodo hidup dengan liar dan bebas. Taman Nasional Komodo termasuk dalam wilayah dua provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Luas wilayah taman nasional Komodo sekitar 1.817 kilometer persegi, meliputi daratan dan lautan. Pada 1991, Taman Nasional Komodo juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

14. Taman Nasional Gunung Rinjani.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiarinjaninationalpark.com

Taman nasional seluas 41 ribu hektare ini terdapat gunung tertinggi di Indonesia, yakni Gunung Rinjani. Kita bisa melihat Danau Segara Anak dari atas ketinggian Rinjani.  Raman Nasional Gunung Rinjani terbentang Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

15. Taman Nasional Gunung Tambora.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiamostinfo.su

Kita bisa menjumpai Gunung Tambora di taman nasional ini. Gunung yang meletus pada 1815 itu telah menghancurkan tiga kerajaan di NTB yakni Kerajaan Tambora, Kerajaan Pekat, dan Kerajaan Sanggar. Gunung ini menyimpan sejarah yang panjang sehingga sangat menarik. Pada tanggal 11 April 2015 presiden Joko Widodo meresmikan Taman Nasional Gunung Tambora, bertepatan dengan peringatan dua abad letusan Gunung Tambora.

16. Taman Nasional Bunaken.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiagambaru.me

Terletak di Sulawesi Utara, Taman Nasional Bunaken berada di Segitiga Terumbu Karang. Taman Nasional Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya.

17. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesia3.bp.com

Banyak keunikan tersimpan di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Di antaranya karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan ragam kupu-kupu. Bantimurung dijuluki sebagai The Kingdom of Butterfly atau kerajaan kupu-kupu. Taman Nasional ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan goa yang merupakan habitat beragam spesies termasuk kupu-kupu.

18. Taman Nasional Wakatobi.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiaksmtour.com

Salah satu diantara 50 taman nasional di Indonesia yang terkenal yaitu Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional ini terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Luasnya mencapai 1,39 juta hektare dengan kekayaan berupa keanekaragaman hayati laut. Taman Nasional Wakatobi terdiri dari panorama keindahan alam bawah laut yang terdiri dari 25 gugusan terumbu karang.

19. Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiatwisata.com

Bumi Papua terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Selain Raja Ampat Papua yang terkenal, masih ada tempat lain yang indahnya juga tidak kalah yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman Nasional Teluk Cenderawasih berada di Teluk Cenderawasih, Papua Barat. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan, yang terdiri dari kekayaan biota laut yang menakjubkan. Taman nasional ini sekaligus menjadi taman nasional perairan laut paling luas di Indonesia.

20. Taman Nasional Lorentz.

Keren! 20 Taman Nasional Paling Eksotis di Indonesiazonalibur.com

Selain Taman Nasional Teluk Cenderawasih, di Papua juga ada Taman Nasional Lorentz. Taman nasional ini memiliki luas wilayah sekitar 2,4 juta hektare, sehingga didapuk menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara. UNESCO menetapkan taman nasional Lorentz sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1999.

Baca juga: 8 Keistimewaan yang Membuat Wisata ke Flores Makin Bermakna

Neny Wahyutami Photo Writer Neny Wahyutami

Fear only God, hate only sins.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya