Comscore Tracker

Eksotis, 5 Keistimewaan Air Terjun Niagara yang Memesona di Mata Dunia

Bikin adem lihatnya!

Niagara merupakan air terjun yang eksotis dan indah di perbatasan negara Amerika dan Kanada. Niagara sangat lebar, luas, dan termasuk air terjun terkuat di Amerika Utara dengan sekitar enam juta kubik air mengalir setiap menitnya.

Pelangi indah yang memesona ketika melintang di tengah derasnya air terjun membuat Niagara terlihat sangat eksotis untuk dijadikan spot foto. Banyak turis maupun warga lokal setiap harinya datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan yang luar biasa keren. 

Berikut lima keunikan air terjun Niagara yang membuat banyak orang kagum.

1. Terdiri dari tiga air terjun yang bergabung menjadi satu

Eksotis, 5 Keistimewaan Air Terjun Niagara yang Memesona di Mata Duniapexels.com/Snapwire

Niagara bukan hanya memiliki satu sumber air terjun saja namun memiliki tiga sekaligus, mulai dari American Falls, Horseshoe Falls, dan Bridal Veil Falls atau air terjun yang terkecil.

Air terjun ini diberi nama sesuai ciri khasnya masing - masing seperti Horseshoe Fals yang berbentuk seperti tapal kuda dan air terjun Canadian Falls dinamai air terjun Kanada karena sebagian sisi air terjun ini terletak di Kanada.

2. Memiliki volume air terbesar di dunia 

Eksotis, 5 Keistimewaan Air Terjun Niagara yang Memesona di Mata Duniapexels.com/Mian Rizwan

Volume air terjun Niagara termasuk volume air terbesar di dunia. Sekitar 28 juta liter air yang mengalir setiap harinya.

Gletser yang mencair saat musim dingin jadi salah satu faktor mengapa volume air di air terjun ini selalu meningkat drastis. Wajar saja jika Niagara menjadi air terjun terderas di dunia.

Baca Juga: 6 Air Terjun di Indonesia Ini Tak Kalah Indah dari Niagara

3. Menjadi pemasok terbesar pembangkit listrik

Eksotis, 5 Keistimewaan Air Terjun Niagara yang Memesona di Mata Duniapexels.com/Chait Goli

Niagara merupakan salah satu sumber air terjun pembangkit listrik di Amerika dan Kanada. Didirikan tahun 1881 pembangkit listrik ini telah melayani kebutuhan di wilayah New York dan Ontario.

Pembangkit listrik Niagara menghasilkan 2,4 juta kilowat tenaga listrik untuk digunakan setiap harinya. Tak heran jika pembangkit listrik Niagara ini merupakan terbesar keempat di Amerika Serikat.

4. Niagara termasuk air terjun termuda 

Eksotis, 5 Keistimewaan Air Terjun Niagara yang Memesona di Mata Duniapexels.com/Pixabay

Meski termasuk legendaris, namun Niagara merupakan salah satu air terjun termuda. Berusia lebih muda dengan air terjun lain, namun Niagara tak kalah hebat dan bermanfaat bagi Amerika dan Kanada sendiri khususnya sebagai tempat wisata dan pemasok listrik terbesar saat ini.

5. Niagara Falls State Park merupakan taman negara tertua di amerika

Eksotis, 5 Keistimewaan Air Terjun Niagara yang Memesona di Mata Duniathelagroup.com

Meskipun air terjunnya berusia muda, namun Niagara Falls State Park yang mengelilinginya merupakan taman tertua di Amerika Serikat yang dibangun tahun 1885. Setiap tahun taman ini dikunjungi sekitar delapan juta orang.

Destinasi ini seringkali menjadi tujuan wisata utama bagi para turis maupun warga lokal untuk menyaksikan keindahan air terjun Niagara. Tak hanya itu kamu juga dapat melihat beberapa atraksi dan film yang menceritakan Niagara.

Nah bagaimana pendapatmu tentang air terjun Niagara? Eksostis sekali bukan? Keindahan alam yang menawan ditambah cuaca yang mendukung bikin betah berlama - lama di sana. .

Baca Juga: Surga di Negeri Para Wali, Inilah 8 Air Terjun Andalan Kota Kudus

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya