Comscore Tracker

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!

#HariMuseumNasional Liburan berfaedah dan tetap seru

Tren update foto dengan latar artsy  memang lagi digemari para pengguna sosial media. Namun karena itulah, kini banyak orang sengaja datang kembali ke museum dan menjadikannya destinasi hiburan yang cukup populer.

Di antaranya eperti 10 museum unik dan Instagenic di Surabaya berikut ini.

1. Museum W.R. Soepratman

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!

Sudah pada tahu belum, kalau Surabaya punya museum yang didedikasikan untuk sang pencipta lagu Indonesia Raya, W. R. Soepratman?

Bangunan tersebut berada di area rumah penduduk di Jalan Mangga, Tambaksari, tak jauh dari makam W.R. Soepratman. Kamu bisa menemukan patung W. R. Soepratman tengah memainkan biola di halaman bangunan rumah tersebut.

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!

Museum ini sebenarnya merupakan rumah sang kakak, Rukiyem Supratijah. Namun, rumah ini juga menjadi tempat Soepratman tinggal hingga akhir hayatnya sejak 1936. Ia bersembunyi di sini dan melarikan diri dari kejaran Belanda akibat menciptakan lagu kebangsaan.

Lokasi: Jalan Mangga Nomor 21, Tambaksari, Surabaya
Jam operasional: 

Senin: tutup
Selasa-Minggu: 09.00-17.00 WIB

2. House of Sampoerna

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!Instagram.com/monika.sarci

Bangunan yang sudah berdiri sejak 1858 silam tersebut masih aktif menjadi tempat produksi rokok Sampoerna, sekaligus difungsikan sebagai museum dan bangunan bersejarah. Bisa dibilang House of Sampoerna salah satu museum paling Instagramable di Surabaya.

Penghobi foto dipastikan betah, karena banyak spot unik dan artsy di dalamnya. Selain berkeliling, kamu bisa nongkrong di coffee shop, belanja oleh-oleh dan suvenir khas Surabaya, hingga keliling kota naik Surabaya Heritage Track secara gratis. Seru, kan?

Lokasi: Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya
Jam operasional: 09.00-18.00 WIB

3. De Javasche Bank

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!IDN Times/Reza Iqbal

Ini memang bukan cabang museum Bank Indonesia Jakarta. Namun, pada tahun 2012, De Javasche Bank ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya milik Bank Indonesia.

Kamu bisa menemukan peralatan dunia perbankan sejak zaman belanda seperti koleksi uang, mesin pencetak uang, kumpulan CCTV jadul, dan sebagainya. 

Masuk ke De Javasche Bank ini gratis, gak dipungut biaya apa pun selain mengisi buku tamu. Selain sebagai sarana edukasi, tempat ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan komersil seperti foto pre-wedding dengan mengurus izin ke Bank Indonesia Surabaya. 

Lokasi: Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Surabaya
Jam operasional:  09.00-16.00 WIB

4. Museum Sepuluh Nopember

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!IDN Times/Reza Iqbal

Museum ini berada di dalam kompleks Monumen Tugu Pahlawan yang jadi salah satu ikon Surabaya. Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini menjadi satu-satunya museum di Indonesia yang dikhususkan untuk mengenang peristiwa 10 November di Surabaya.

Kamu bisa menemukan banyak hal menarik di sini, mulai dari patung perjuangan arek-arek Suroboyo, diorama, foto-foto dokumenter, hingga mendengarkan pidato Bung Tomo versi asli. 

Lokasi: Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya
Jam operasional:

Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB
Sabtu-Minggu: 07.00-16.00 WIB

5. Blockbuster Museum Surabaya

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!IDN Times/Prila Arofani

Ini dia tempat yang lagi hits banget di Surabaya, apalagi kalau kamu pecinta karakter superhero dan action figure. Blockbuster Museum Surabaya menyimpan berbagai koleksi figur animasi, seperti Disney, Pixar, Marvel Cinematic Universe, dan lain-lain.

Koleksi di sana hampir seluruhnya asli yang didapatkan dari beberapa benua, seperti Asia, Amerika, dan Eropa. Uniknya lagi, terdapat food court bertema serupa yang dibuat layaknya kantor Avengers hingga Hogwarts.

Tiket masuk museum pada hari biasa dibanderol Rp60 ribu untuk anak-anak dan Rp80 ribu untuk dewasa, sedangkan harga weekend Rp80-100 ribu

Lokasi: The Kitchenware Paradise Lantai 2, Jalan Kenjeran Nomor 463-465, Gading, Tambaksari
Jam operasional: 

Senin-Jumat: 12.00-21.00 WIB
Sabtu-Minggu: 11.00-21.00 WIB

6. Museum Kesehatan

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!Instagram.com/muharramdwi

Seperti namanya, museum cagar budaya ini memang khusus mengabadikan perkembangan dunia kesehatan. Mulai dari peralatan kedokteran zaman dahulu hingga sekarang, arsip kesehatan, sampai alat kesehatan tradisional.

Yang bikin unik sekaligus merinding adalah area pengobatan tradisional, seperti santet dan boneka jelangkung asli pun ada di sana. Bahkan, ada salah satu ruangan bernama "Dunia Lain" yang dipercaya penuh kehadiran makhluk astral.

Lokasi: Jalan Indrapura Nomor 17, Kemayoran, Kecsmstsn Krembangan, Surabaya
Jam operasional: 

Senin-Jumat: 08.00-15.00 WIB
Sabtu-Minggu: tutup

Baca Juga: 10 Museum yang Dikenal Paling Angker di Indonesia, Berani Sendirian?

7. Museum Surabaya (Siola)

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!Instagram.com/dittorizal_97

Museum ini letaknya strategis, karena berada di jantung Kota Surabaya. Gedung Siola yang berdiri sejak tahun 1877 tersebut juga difungsikan sebagai museum dengan koleksi benda-benda bersejarah di Surabaya.

Di antaranya seperti informasi pemerintahan kota sejak zaman Belanda hingga kini, artefak, hingga macam kendaraan tempo dulu.

Lokasi: Jalan Tunjungan Nomor 1, Genteng, Surabaya.
Jam operasional:

Senin-Sabtu: 09.00-21.00 WIB
Minggu: tutup

8. Museum dan Pusat Kajian Etnografi UNAIR

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!IDN Times/Vanny El Rahman

Museum Etnografi bertempat di dalam area Universitas Airlangga (Unair) kampus B. Awalnya, tempat seluas 24x16 meter ini hanya diperuntukkan keperluan akademis mahasiswa jurusan Antropologi. Akhirnya diresmikan sebagai museum untuk umum pada 2016.

Konsep yang diusung Museum Etnografi Unair cukup unik, yakni kematian. Eits, mikirnya jangan ke arah mistis dulu. Tujuannya untuk edukasi, mulai dari uniknya budaya pemakaman dan kematian di Indonesia, replika tulang asli, hingga bone class.

Lokasi: Kampus B Universitas Airlangga, Jalan Airlangga, Nomor 4-6, Airlangga, Gubeng.
Jam operasional: 

Senin-Jumat: 09.00-15.00 WIB
Sabtu-Minggu: tutup

9. Monumen Kapal Selam

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!Instagram.com/ayudiac

Kapal selam KRI Pasopati 401 ini buatan Uni Soviet tahun 1952 yang jadi milik TNI AL. Setelah tak lagi beroperasi, kapal tersebut dialih fungsikan dan menjadi Monumen Kapal Selam yang kita kenal saat ini. 

Main ke dalamnya seru banget, karena kita bisa tahu ruang kontrol, periskop, kemudi, hingga torpedo kapal selam. Kapal sepanjang 76 meter ini juga punya sejarah panjang dan unik yang bisa kamu dapatkan infonya saat bertandang ke sana.

Lokasi: Jalan Pemuda Nomor 39, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya
Jam operasional: 08.00-21.00 WIB

10. Museum TNI AL Loka Jala Crana

10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!Instagram.com/nastitio

Museum yang berdiri sejak 1969 ini merupakan tempat penyimpanan dan pengabadian peralatan yang digunakan TNI Angkatan Laut. Misalnya koleksi alat utama sistem pertahanan (alusista), kendaraan tempur, sarana perang, hingga koleksi planetarium dan astronavigasi bakal kamu temui di sini.

Lokasi: Akademi TNI Angkatan Laut, Jalan Moro Krembangan, Bumimoro, Kec. Krembangan, Surabaya.
Jam operasional: 

Senin-Jumat: 08.00-14.00 WIB
Sabtu-Minggu: tutup

Gak cuma terhibur atau mendapatkan foto-foto kece, kamu juga akan dapat pengalaman dan wawasan baru saat mampir ke museum-museum tersebut. Jadi, kapan ke Surabaya?

Baca Juga: 10 Museum Islam Paling Unik di Dunia, Kamu Pernah ke Sini?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya