Comscore Tracker

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunami

Semoga tidak terjadi hal buruk lagi

Sebagian orang sudah merencanakan liburan Tahun Baru. Kamu kah salah satunya? Selama ini, Lampung menjadi salah satu  destinasi favorit di Pulau Sumatera. Pasalnya, banyak keindahan alam yang ditawarkan Lampung.

Mulai dari wisata bahari, wisata alam, hingga wisata religi, semuanya ada. Apalagi selama ini Lampung dikenal cukup aman, meskipun ada Gunung Anak Krakatau yang masih aktif. Sayangnya, Minggu lalu (23/12), alam berkata lain. Tsunami yang tidak pernah disangka  bisa terjadi di daerah pesisir Lampung. 

Melalui akun Twitternya, Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan feomena tsunami di Selat Sunda termasuk langka. Letusan Gunung Anak Krakatau juga tidak besar, tremor menerus, tapi tidak ada frekuensi tinggi yang mencurigakan.

Jika kamu sudah berada di Lampung, lebih baik hindari daerah pesisir, karena tidak menutup kemungkinan adanya gelombang pasang luar biasa. Nah, kalau kamu berada di Lampung atau berencana liburan ke Lampung, kamu tetap bisa liburan ke beberapa destinasi berikut ini, kok.

1. Taman Nasional Way Kambas

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamitempatwisataseru.com

Berlokasi di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, kamu bisa singgah ke Taman Nasional Way Kambas. Kamu bisa melihat pusat pelatihan gajah serupa seperti di Minas, Riau. Harga tiket masuknya murah banget, yakni Rp7.000 per orang.

Berdiri sejak 1985, lebih dari 300 ekor gajah telah dilatih dengan baik. Selain gajah taman nasional ini juga menjaga badak agar tidak terancam punah.

2. Air Terjun Curup Gangsa

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamijalanwisata.id

Air terjun yang tak jauh dari Bandar Lampung ini cukup populer di kalangan wisatawan Lampung. Berlokasi di Tanjung Jaya Kotaway, Kasui, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Pesona alamnya begitu asri dengan panorama alam khas pedesaan.

Tempat ini masih alami, kamu perlu menyiapkan fisik yang kuat dengan perbekalan yang tepat. Curup Gangsa dibuka mulai pukul 06.00 hingga 18.00, biaya masuknya sekitar Rp5.000.

3. Puncak Mas

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamipergidulu.com

Puncak Mas termasuk salah satu tempat wisata kekinian di Bandar Lampung. Tempat ini amat memanjakan para wisatawan yang hobi foto-foto. Pasalnya, banyak spot selfie kece, seperti naik sepeda angin, rumah pohon, balon udara, dan sebagainya.

Tiket masuknya pun relatif terjangkau, cukup membayar Rp20 ribu per orang. Kamu bakal puas liburan di sini, karena Puncak Mas buka hingga tengah malam.

4. Little Europe

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamiinforumahcitragarden.com

Liburan akhir tahun ke Eropa menjadi impian bagi sebagian besar orang. Tapi pastinya mahal banget. Tenang, gak perlu jauh-jauh, cukup pergi ke area perumahan Citra Garden di pusat Bandar Lampung, kamu bisa merasakan keindahan Eropa. Banyak miniatur yang mereka tampilkan, salah satunya Menara Eiffel.

Bangunan di dalamnya pun begitu cantik karena berwarna-warni. Selain bisa foto-foto, kamu juga berwisata kuliner di sini. Tempat ini begitu populer sebagai lokasi hangout, karena kamu tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Baca Juga: 7 Wisata yang Relatif Aman di Banten Selain Kawasan Pantai

5. Kebun karet Trikora

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamicakapcakap.com

Di Lampung Selatan, kamu bisa menemukan sebuah perkebunan yang mirip dengan pemandangan di Korea Selatan. Namanya Trikora yang memiliki pemandangan menyerupai terowongan. Instagramable banget, deh!

Gak cuma foto, kamu juga bisa belajar banyak hal mengenai perkebunan karet. Di bawah kepemilikian PT Perkebunan Nusantara VII, mereka menyediakan paket wisata edukasi. Menarik banget, kan?

6. Alam Wawai Eco Park

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamiinstanbooking.id

Tak jauh dari Puncak Mas, ada Alam Wawai Eco Park yang gak kalah indah. Tempat wisata yang buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 ini menawarkan paket wisata outbond. Selain itu, pemandangan di sekitarnya sangat cantik, kamu akan dibuat takjub melihatnya. 

Untuk bisa masuk ke sini, pengunjung dikenakan tiket masuk sekitar Rp15 ribu (weekdays) dan Rp20 ribu (weekend). Kalau kurang puas, kamu bisa berkemah di sini hingga pukul 12.00 di hari berikutnya.

7. Taman Wisata Lembah Hijau

7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunamirahmawatie.com

Tempat ini bisa menjadi alternatif kalau Taman Nasional Way Kambas terasa cukup jauh. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari jantung kota, di Jalan Raden Imba Kesuma Nomor 21, Sukadana Ham. Taman Wisata Lembah Hijau buka mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Asyiknya di sini, kamu bisa merasakan liburan layaknya di sebuah kebun binatang. Kamu bisa menemukan orang utan, gajah, beruang madu, rusa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga tiket masuknya sekitar Rp25 ribu per orang.

Itulah alternatif liburan di Lampung yang saat ini dirasa cukup aman dari ancaman tsunami susulan. Tetap berhati-hati di mana pun kamu berada ya. 

Baca Juga: Sebelum Tsunami, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Hanya di Tanjung Lesung

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya