Comscore Tracker

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!

Semuanya seru dan mengasyikkan!

Festival musim dingin di berbagai negara, enggak melulu pameran patung es lho! Sebagai contoh Austria, yang mempunyai festival unik bernama Snowbombing. Festival ini hanya boleh diikuti oleh pengunjung berusia 21 ke atas. 

Berlokasi di kota ski Mayrhofen, Snowbombing semacam pesta musik yang dimotori oleh disc jokey (DJ). Tak hanya musik, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seru lainnya seperti tarik tambang bersama kelompok hingga kulineran.

Musim dingin tidak sebatas pameran patung es atau Snowbombing saja. Berikut ada sepuluh festival musim dingin mancanegara yang keseruannya mesti kamu ketahui!

1. Stonehaven Fireball

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!visitscotland.com

Stonehaven Fireball merupakan festival musim dingin yang populer di Britania Raya. Para peserta berkeliling kota dengan menenteng bola api, yang mereka lenggak-lenggokan selama festival berlangsung. Festival ini diselenggarakan setiap tanggal 31 Desember, mulai pukul tujuh malam.

2. Busójárás

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!reddit.com

Berlangsung selama enam hari, festival ini memamerkan beragam pertunjukan, mulai dari musik hingga kontes kostum. Diselenggarakan pada bulan Februari di Hungaria, busójárás merupakan festival yang menandai segera berakhirnya musim dingin.

3. Winterlude

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!petitfute.co.uk

Festival Winterlude memanfaatkan perairan Kanal Rideau di Ottawa yang telah membeku. Berlangsung pada akhir Januari hingga pertengahan Februari, festival gratis ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk bermain skating hingga menikmati live music.

4. Hirosaki Castle Yuki-doro Matsuri

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!en-aomori.com

Hirosaki Castle Yuki-doro Matsuri adalah festival lentera yang berlokasi di halaman Istana Hirosaki, Jepang. Bukan diterbangkan, lentera dibuat dari salju yang di dalamnya diletakkan sebuah  lampu atau lilin. Festival ini berlangsung pada bulan Februari.

5. Everland Lighting Festival

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!iamyourguide.net

Terhitung ada lima lighting festival di Korea Selatan, salah satunya adalah Everland Lighting Festival. Taman hiburan ini disulap dengan bermacam dekorasi lampu yang menghasi bangunan hingga taman. Festival yang berlangsung selama musim dingin, ini dimeriahkan pula oleh kembang api.

Baca Juga: Tutup Tahun 2020 dengan 5 Menu Otentik dari Festival Jajanan Bango Ini

6. Maslenitsa Festival

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!56thparallel.com

Berkeliling kota menggunakan pakaian tradisional sembari memainkan alat musik, membakar boneka jerami, hingga menikmati pancake secara cuma-cuma, identik sekali dengan Maslenitsa Festival di Rusia. Festival ini bisa dijumpai pada akhir Februari hingga awal Maret, yang menandakan segera berakhirnya musim dingin.

7. Snow Bike Festival

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!youtube.com

Snow Bike Festival diselenggarakan oleh sebuah event organizer di Swiss selama musim dingin berlangsung. Festival ini mengajak para peserta bermain hingga balap sepeda selama musim dingin, dengan rute bersepeda yang melalui bukit hingga pegunungan.

8. Tomorrowland Winter

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!ticketarena.co.uk

Tak beda jauh dengan Snowbombing, Tomorrowland Winter merupakan festival dance dan musik yang berlangsung selama seminggu di kota ski Alpe d'Huez, Prancis. Festival ini ramai diikuti oleh orang dewasa.

9. Dutch New Year Dive

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!iamexpat.nl

Usai merayakan malam pergantian tahun, di hari berikutnya masyarakat Belanda disibukkan dengan Dutch New Year Dive. Festival tersebut dimeriahkan dengan cara berenang di dinginnya air pantai pada musim dingin.

10. Venetian Festival Masks

10 Festival Musim Dingin Mancanegara, Enggak Melulu Pameran Patung Es!italyonabudgettours.com

Venetian Festival Masks berlangsung pada akhir Januari hingga pertengahan Februari. Para peserta festival ini berdandan menggunakan masker dan kostum unik yang mempunyai banyak dekorasi. Keberadaan mereka mudah dijumpai di dekat kanal Kota Venesia, Italia.

Itulah tadi sepuluh festival musim dingin dari berbagai negara yang mesti kamu ketahui. Enggak melulu pameran patung es, kan? Kabar sedihnya, beberapa festival di atas ada yang ditiadakan tahun ini karena pandemi yang tidak kunjung membaik. Semoga bumi lekas sembuh, ya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Japanese Film Festival 2020 yang Sayang Dilewatkan 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya