Comscore Tracker

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Ini

Barang yang dijual sangat lengkap

Para wisatawan yang ingin mencari barang-barang dengan harga terjangkau saat berkunjung ke India sangat disarankan untuk mencarinya di pasar tradisional India. Selain soal harga yang tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, barang-barang yang dijual pun cukup lengkap seperti tujuh pasar tradisional di India berikut ini. 

1. Ima Keithel, Imphal

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Iniflickr.com

Pasar Ima Keithel dikenal juga dengan nama Mother's Market karena pasar ini dikelola dan dijalankan sepenuhnya oleh wanita. Setiap harinya, kurang lebih sebanyak 5.000 pedagang wanita yang sudah menikah akan duduk berjajar untuk menjajakan dagangan mereka.

Barang yang dijual pun bermacam-macam, seperti makanan, pakaian, kerajinan tangan, segala macam peralatan dan masih banyak lagi yang lainnya. Pasar ini mulai dibuka dari jam 03.00 pagi hingga jam 07.00 malam.

2. Chor Bazaar, Mumbai

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Inimaggiemumbaimoments.blogspot.com

Chor Bazaar merupakan pasar loak terbesar dan paling terkenal di India. Sejauh mata memandang, para wisatawan akan melihat banyak kios yang menjual barang bekas, antik dan vintage, seperti patung dewa, kamera vintage, lonceng perunggu, poster Bollywood dan lain-lain.

Kalau beruntung, para wisatawan bisa menemukan barang dengan kualitas yang masih sangat bagus namun dengan harga murah di pasar yang mulai buka dari jam 11.00 siang sampai 07.30 malam ini.

3. Pasar Sayur Mengapung, Srinagar

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Inirksarovar.wordpress.com

Pasar yang mulai buka dari jam 05.00 sampai 07.00 pagi ini terletak di Danau Dal yang sangat indah. Di pasar tersebut para penjual akan menggunakan perahu tradisional Kashmir yang bernama Shikara untuk menjajakan dagangan mereka, mulai dari sayuran segar hingga barang-barang dari ukiran kayu. Para wisatawan yang ingin belanja di sini pun harus menggunakan Shikara. 

4. Pasar Kannauj, Uttar Pradesh

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Init.justdial.com

Pasar ini disebut juga dengan Ibukota Parfum India. Sesuai dengan namanya tersebut, Pasar Kannauj memang menjual berbagai macam hal yang berhubungan dengan wewangian, seperti minyak esensial hingga parfum. Pantas saja pasar ini menjadi sangat wangi karena lebih dari 650 aroma wewangian dijual disini. 

5. Dadar Flower Market, Mumbai

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Inimeethilife.wordpress.com

Pasar yang juga dikenal dengan nama Phool Gully ini merupakan yang terbesar di kota Mumbai. Pasar ini menjual aneka macam bunga, bahkan ada juga bunga dengan spesies yang tergolonh langka. Dadar Flower bahkan lebih terlihat seperti taman bunga daripada sebuah pasar karena para wisatawan bisa menyaksikan berbagai macam bunga teratai, mawar, marigold, gerbera, krisan, bunga lili dan banyak lagi yang lainnya.

Meskipun baru buka mulai jam 03.30 pagi hingga 05.00 sore, namun biasanya jam 10.00 saja bunga-bunga segar sudah banyak yang habis terjual. 

Baca Juga: 10 Makanan Super Pedas Dari India Ini Sukses Bikin Bibir Kamu Dower

6. Laad Bazaar, Hyderabad

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Iniunnatisilks.com

Pasar ini menjual aneka macam gelang bertabur batu dan kaca, perhiasan mutiara, batu semi mulia, perak, kain sari, kain tenun, parfum alami, dan segala macam barang yang berhubungan dengan pernikahan. Sebagai saran, apabila wisatawan ingin membeli barang-barang disini, mintalah pengurangan harga 30% hingga 50% dari yang diminta penjual.

7. Pasar Crawford, Mumbai

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Inirakheeghelani.com

Berbagai buah dan sayuran segar dijual di Pasar Crawford. Demi mendapatkan buah dan sayur segar tersebut bahkan penduduk sekitar rela menunggu pasar ini buka dari pagi. Aneka macam hewan peliharaan juga diperjual belikan di Pasar Crawford, seperti burung beo, ikan, anjing dan kucing.

Di bagian lain pasar ini, para pendagang juga banyak yang menjajakan aneka macam makeup, barang-barang kebutuhan rumah tangga, makanan ringan seperti biskuit, cokelat dan masih banyak lagi yang lainnya. 

8. The Chandni Chowk, Delhi

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Iniutsavpedia.com

Mengunjungi pasar ini seperti tidak ada habisnya, karena dari awal masuk hingga pintu keluar, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam kios penjual makanan, bumbu rempah-rempah, barang elektronik, souvenir dan lain-lain dimana para penjual dan pembeli asyik melakukan kegiatan tawar-menawar. Bumbu rempah-rempah yang dijual di sini juga sangat lengkap, bahkan terbesar se-Asia. 

9. Pasar Buku Minggu Daryaganj, Delhi

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Inidnaindia.com

Pasar ini merupakan surganya para pecinta buku. Buku dengan berbagai genre tersedia disini seperti fiksi, non-fiksi, novel, buku pelajaran sekolah, buku bekas dan lain-lain. Selain buku, para penjual biasanya juga menjajakan berbagai macam peralatan sekolah seperti alat tulis dan pernak-perniknya. Pasar ini hanya buka pada hari Minggu mulai pukul 06.00 pagi hingga 09.00 malam. 

10. Pasar Loak, Goa

Rugi Berwisata Ke India Tanpa Mengunjungi 10 Pasar Tradisional Iniblog.vizitrip.com

Letaknya di sekitar Pantai Anjuna, pasar ini selalu ramai oleh para wisatawan yang hendak berburu oleh-oleh khas India. Tidak sulit untuk menemukan kain sari, aksesoris, kerajinan tangan, souvenir dan rempah-rempah yang tentunya dengan harga terjangkau sebagai cendera mata untuk keluarga di rumah. 

Itu lah 10 pasar tradisional yang harus dikunjungi saat berwisata ke India. Selain bisa menemukan aneka barang dengan harga yang lebih murah, berkunjung ke pasar tradisional juga membuat kita sedikit lebih dekat dengan para penduduk lokalnya. 

Baca Juga: 10 Pantai Paling Menawan di India Ini Bikin Kamu Betah Liburan

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Menulis adalah salah satu caraku untuk berbagi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You