Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Patut untuk Dikunjungi

Banda Neira menyimpan banyak keindahan alam yang mempesona

Banda Neira atau yang biasa disebut juga dengan Banda Naira merupakan salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Banda. Pulau ini dijadikan sebagai pusat administratif dari Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. 

Banda Neira terdiri dari enam desa di antaranya yaitu Dwiwarna, Merdeka, Nusantara, Rajawali, Tanah Rata, dan Kampung Baru. Perlu diketahui juga bahwa pulau yang dihuni oleh sekitar 14.000 penduduk ini memiliki beberapa daya tarik seperti pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia hingga pertengahan abad ke-19.

Selain itu, pulau ini pun memiliki lima destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Berikut ini di antaranya.

1. Pulau Hatta

5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Patut untuk Dikunjungiexplorogi.com

Pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Banda ini awalnya bernama Pulau Rosengain. Namun, ketika salah satu pahlawan proklamasi Indonesia yaitu Moch. Hatta kerap kali diasingkan, maka pulau ini pun berganti nama menjadi Pulau Hatta.

Keunikan pulau ini ialah memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan ombak yang tidak terlalu besar. Selain itu, pulau ini pun memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa indahnya. Ketika menyelam, maka akan tampak berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang masih sangat terawat.

2. Pulau Pisang

5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Patut untuk Dikunjungipanorama-destination.com

Selain memiliki Pulau Hatta, Banda Neira pun memiliki Pulau Pisang yang sering dikunjungi oleh seorang politikus dan Perdana Menteri pertama Indonesia, yaitu Sutan Syahrir. Karena hal itulah, pulau ini pun disebut juga sebagai Pulau Syahrir. 

Di pulau ini, terdapat pula Tanjung Pisang yang merupakan spot favorit para penggila diving. Di sana, kedalaman rata-ratanya yaitu sekitar 18 meter dan kedalaman maksimumnya sekitar 25 meter.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Maluku Ini Bikin Kamu Kebelet Liburan

3. Gunung Api Banda

5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Patut untuk Dikunjungitraveller.com.au

Gunung yang memiliki nama asli Gunung Ganapus ini memiliki tinggi yang menjulang yaitu 656 meter di atas permukaan laut. Untuk mendaki gunung ini, wisatawan harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari Ambon dengan menggunakan kapal cepat.

Menurut catatan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Gunung Api Banda merupakan generasi keempat dari Gunung Lonthor yang pada masa pembentukannya mengalami letusan-letusan kecil. Namun lambat laun berubah menjadi letusan yang dahsyat hingga mampu membentuk kaldera Lonthor.

4. Gunung Belgica

5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Patut untuk Dikunjungixplorea.com

Benteng yang terletak di Bukit Tabaleku Naira Tenggara, Pulau Neira, Maluku, ini merupakan bangunan yang dibuat oleh bangsa Portugis pada abad ke-16. Pada tanggal 4 September 1611, Belanda kembali membangun benteng ini dengan memberinya nama Fort Belgica atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Benteng Belgica.

Ketika berkunjung ke benteng ini, wisatawan harus menaiki banyak anak tangga terlebih dahulu. Selain itu, yang membuat benteng ini menjadi sangat istimewa adalah karena terdapat pada uang pecahan Rp1.000 edisi Cut Meutia sebagai tokoh utamanya.

5. Lava Flow

5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Patut untuk Dikunjungitripadvisor.com

Sesuai dengan namanya, Lava Flow tercipta setelah meletusnya gunung berapi yang kemudian mengakibatkan perairan tertutup dengan lava. Tetapi uniknya, karena letusan tersebut, vegetasi bawah air menjadi tumbuh dengan subur.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Lava Flow, maka diharuskan untuk menaiki perahu tempel atau perahu ketinting (perahu dengan mesin yang ditempelkan). Dari Pulau Neira, lamanya perjalanan yang diperlukan yaitu hanya 30 menit.

Nah, itulah lima destinasi wisata di Banda Neira yang patut untuk dikunjungi. Semoga dapat menjadi referensi untuk liburanmu ya!

Baca Juga: Inilah 7 Fakta Sejarah Banda Neira yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sipa Aryanti Photo Writer Sipa Aryanti

Writing is one way to be known to the world.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya