Comscore Tracker

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi Tenang

Biar perjalananmu semakin menyenangkan

Liburan jadi salah satu momen yang ditunggu keseharian kita dipenuhi dengan bekerja. Saat liburan, tentu kita ingin semua kegiatan yang dilakukan terasa seru dan menyenangkan.

Salah satu moda transportasi yang sering digunakan untuk berlibur adalah pesawat. Selain cepat, naik pesawat juga nyaman. Namun, gimana kalau kita mengalami mabuk perjalanan saat naik pesawat?

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mabuk saat naik pesawat. Simak sampai akhir, ya!

1. Pastikan sudah makan sebelum berangkat

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangMakanan sehat (unsplash.com/fraumau)

Menjaga kondisi perut tetap terisi sebelum berangkat dapat mencegah kamu terkena mabuk saat naik pesawat. Perut yang terisi membuat nyaman dan mengurangi gejala mabuk saat perjalanan udara.

Pilih makanan ringan, seperti buah atau sayur. Hindari pula makan makanan dengan karbohidrat atau kadar gula tinggi karena dapat meningkatkan adrenalin sehingga memicu mual dan pusing saat perjalanan.

2. Hindari membaca saat perjalanan

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangSeseorang membaca dalam pesawat (www.pexels.com/berkalpturper)

Membaca buku atau media sosial dapat memperparah gejala mabuk saat naik pesawat. Ini terjadi karena adanya gerakan-gerakan kecil selama pesawat berada di udara.

Perbedaan fokus antara otak dan tubuh menimbulkan reaksi pusing yang kita rasakan selama perjalanan udara. Untuk mengurangi gejala ini, kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan melihat pemandangan di luar jendela.

3. Sedia jajanan agar perut rileks

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangPermen mint (www.pexels.com/elsa-olofsson)

Jajanan atau makanan kecil dapat membantu mengurangi kemungkinan mabuk saat perjalanan udara. Dengan memakan jajanan, tubuh kita akan melakukan gerakan mengunyah yang membantu tubuh lebih rileks.

Jajanan dengan rasa mint atau segar dipercaya mengurangi gejala mabuk lebih baik. Salah satu jajanan yang mudah dibawa adalah permen. Selalu sedia di dalam sakumu, ya.

Baca Juga: 7 Film Ini Sebaiknya Jangan Ditonton saat di Pesawat, Bikin Parno!

4. Pilih tempat duduk yang nyaman

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangKabin pesawat (unsplash.com/by_syeoni)

Pemilihan tempat duduk juga berpengaruh untuk menghindari mabuk saat naik pesawat. Tempat duduk di dekat jendela membuatmu bisa melihat pemandangan, namun kamu juga dapat merasakan lebih jelas gerakan pesawat.

Sebaliknya, tempat duduk pada bagian tengah cenderung lebih stabil, namun kamu tidak bisa melihat ke luar jendela. Pilihlah tempat duduk yang sesuai kebutuhan agar perjalanan udaramu semakin nyaman.

5. Perhatikan konsumsi air

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangSeseorang minum (unsplash.com/enginakyurt)

Konsumsi air cukup selama perjalanan akan menjaga otak dari kebosanan yang dapat memicu mual dan pusing. Minum air selama perjalanan akan menjaga kesegaran otak dan mengurangi kemungkinan gejala mabuk udara.

Namun, perhatikan takaran air yang kamu minum. Kalau terlalu banyak, bisa jadi tidak mual, tapi malah terus ingin ke kamar mandi.

6. Cobalah untuk istirahat selama perjalanan

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangBeberapa orang tidur dalam pesawat (unsplash.com/annietheby)

Untuk menghindari gejala mabuk seperti mual dan pusing, kamu bisa coba untuk rileks selama perjalanan. Istirahat terbukti ampuh untuk menghilangkan gejala mabuk karena tubuh akan berada dalam kondisi tenang selama perjalanan.

Tidur dalam perjalanan udara memang tak mudah bagi sebagain orang. Namun, kalau kamu punya mabuk akut saat perjalanan udara, tidur bisa jadi jalan keluar yang tepat, lho.

7. Konsumsi obat antimabuk

7 Tips Hindari Mabuk saat Naik Pesawat, Perasaan Jadi TenangObat anti mabuk (unsplash.com/simonevdk)

Kalau kamu adalah orang yang mudah mual dalam perjalanan, konsumsi obat antimabuk dapat menjadi solusi yang efektif. Kandungan pada obat antimabuk dapat mengurangi keluhan mual dan pusing yang kamu rasakan.

Setelah diminum, biasanya kamu akan tertidur untuk beberapa saat. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat untuk menghindari efek samping yang akan dirasakan.

Seluruh rangkaian liburan harusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jangan sampai liburanmu rusak Cuma karena mabuk saat naik pesawat. Semoga tips ini dapat membuat liburanmu makin seru, ya!

Baca Juga: 5 Tips Aman Bepergian dengan Pesawat saat Hamil, Perhatikan!

Alifia Tsamara Photo Writer Alifia Tsamara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya