Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum saat Menyiapkan Traveling untuk Keluarga Besar

Bisa bikin liburan jadi tak nyaman, lho

Berlibur dengan keluarga besar tentunya menjadi momentum yang sangat dinanti. Apalagi liburan tersebut biasanya juga digunakan sebagai ajang untuk melanjutkan proses silahturahmi, sehingga tetap berjalan dengan baik.

Tentunya mempersiapkan liburan untuk keluarga besar tak sama seperti mempersiapkan liburan untuk personal. Alasannya karena memang liburan untuk keluarga besar membutuhkan perencanaan khusus. Sayangnya, terkadang lima kesalahan umum berikut ini tetap saja dilakukan, saat sedang merencanakan traveling dengan keluarga besar.

1. Tidak memperhitungkan jumlah keluarga dengan tepat

5 Kesalahan Umum saat Menyiapkan Traveling untuk Keluarga Besarilustrasi keluarga besar (unsplash.com/@rajivperera)

Kesalahan pertama adalah pada saat kamu tidak cermat dalam memperhitungkan jumlah keluarga yang akan ikut liburan. Perkiraan mengenai jumlah orang menjadi satu hal yang penting, sebab akan memengaruhi banyak aspek lainnya.

Sayangnya, terkadang ada saja orang yang entah malas atau tidak tahu pasti jumlah anggota keluarga, sehingga asal menebak. Dampaknya nanti bisa membuat persiapannya menjadi tidak tepat.

2. Lokasi wisata yang kurang tepat untuk banyak orang

5 Kesalahan Umum saat Menyiapkan Traveling untuk Keluarga Besarilustrasi berlibur (pexels.com/@te-lensfix)

Liburan keluarga besar tentu saja akan dihabiskan secara bersama-sama. Hal ini termasuk apabila kamu ingin mengunjungi berbagai tempat wisata bersama keluarga besar.

Kesalahan yang kerap terjadi adalah bila pertimbangan lokasi wisata sering tidak dipikirkan secara matang. Padahal sangat penting menentukan tempat wisata yang dapat memuat banyak orang di dalamnya, sehingga tak mengganggu proses liburan.

Baca Juga: 5 Pertimbangan sebelum Mengajak Keluarga Besar Berlibur, Perhatikan!

3. Home stay atau vila yang terlalu kecil

5 Kesalahan Umum saat Menyiapkan Traveling untuk Keluarga Besarilustrasi vila pegunungan (unsplash.com/@demetragreat)

Ada berbagai pilihan tempat menginap yang biasanya dipilih saat berlibur dengan keluarga besar. Sebut saja dengan menyewa home stay atau pun vila agar dapat menghabiskan waktu bersama-sama.
Sayangnya

, terkadang ada orang yang tak memperhitungkan hal ini, sehingga memilih vila yang justru terlalu kecil untuk menampung banyak anggota keluarga. Jelas saja hal tersebut hanya akan menyebabkan liburan dirasa jadi kurang nyaman.

4. Tidak memperhatikan transportasi yang akan digunakan

5 Kesalahan Umum saat Menyiapkan Traveling untuk Keluarga Besarilustrasi bus (unsplash.com/@anniespratt)

Berwisata dengan keluarga besar bisa menggunakan berbagai alternatif transportasi. Tidak hanya kendaraan pribadi, namun biasanya ada pula yang memilih untuk menyewa mini bus agar dapat berangkat bersama.

Bila sampai tak memperhatikan penggunaan transportasi, tentu akan membuat keluarga jadi tak nyaman saat berwisata. Dampaknya hanya akan mengganggu proses wisata yang akan dilakukan.

5. Tidak meminta pendapat anggota keluarga lainnya

5 Kesalahan Umum saat Menyiapkan Traveling untuk Keluarga Besarilustrasi makan bersama (pexels.com/@fauxels)

Melakukan perjalanan wisata dengan keluarga besar tentunya akan melibatkan banyak orang. Kamu tidak dapat hanya memprioritaskan keinginan pribadimu saja dalam merencanakan liburan dengan keluarga besar.

Apabila kamu sampai tak meminta pendapat dari anggota keluarga lain, maka tentu menunjukkan sikapmu yang egois. Justru semestinya kamu dapat meminta banyak pendapat, sehingga proses liburan jadi sama-sama menyenangkan.

Tentunya menghindari berbagai kesalahan tersebut akan membuatmu tetap merasa nyaman dalam berlibur. Setidaknya hal ini akan membuat proses liburanmu dan keluarga menjadi terasa lebih menyenangkan. Jangan ulangi kesalahannya, ya!

Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel yang Nyaman di Daerah Wisata, Intip Yuk!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya