Comscore Tracker

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulang

Buat kenang-kenangan

Setelah puas menikmati berbagai tempat wisata, berburu oleh-oleh aneka souvenir menjadi aktivitas yang tak kalah menyenangkan. Jika kamu saat ini sedang atau memiliki rencana berlibur ke Banyuwangi, jangan lupa untuk membawa pulang macam-macam souvenir khasnya seperti berikut ini.

1. Batik khas Banyuwangi

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulangflickr.com

Ini adalah oleh-oleh wajib yang harus dibeli saat berkunjung ke Banyuwangi. Batik Banyuwangi memiliki motif yang khas, seperti Gajah Oling, Sembruk Cacing, Kangkung Setingkers dan Gedhegan. 

Harganya yang dibanderol pun terhitung cukup terjangkau bagi para wisatawan, per potongnya sekitar Rp50.000 hingga Rp80.000. Bahannya yang adem cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah.

2. Kerajinan Gintangan

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulangikaningtyas.id

Gintangan adalah nama salah satu daerah di Banyuwangi yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya dengan menganyam bambu. Produk yang dihasilkan bermacam-macam, mulai dari toples, tempat tisu, tempat minum, tempat perhiasan dan masih banyak lagi. 

Bahkan kerajinan asal Gintangan ini sudah banyak yang diekspor hingga ke Belgia. Harga produk kerajinan tangan ini bermacam-macam, yang paling murah kipas kecil Rp7.500 dan yang paling mahal kipas raksasa sepanjang 1 meter dengan harga Rp250.000.

3. Tas batok kelapa

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulangkerajinanbatokunik.wordpress.com

Selanjutnya ada souvenir yang tidak kalah uniknya, yaitu tas yang terbuat dari batok kelapa. Berbahan dasar batok kelapa, tas tersebut dibuat sedemikian rupa dengan warna-warna yang menarik dan mampu memberikan kesan epik bagi siapa saja yang memakainya.

Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp20.000 para wisatawan bisa membawa pulang tas dari batok kelapa tersebut.

Baca Juga: Pasca IMF, Banyuwangi Terima Hibah Alat Teknologi Senilai Rp1,7 M

4. Souvenir Gandrung

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/widuri_souvenir_banyuwangi

Souvenir Gandrung merupakan produk unggulan dari Banyuwangi. Souvenir unik dari daerah Banyuwangi ini terbuat dari bahan kayu dan fiber yang dibentuk menyerupai penari Gandrung Banyuwangi. Souvenir tersebut sebagai cindera mata sangat cocok diletakkan di mobil sebagai hiasan. Harga per produknya sekitar Rp10.000, cukup terjangkau, bukan?

5. Asbak kayu

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulanggalerykerajiananbanyuwangi.blogspot.com

Aneka macam asbak kayu khas Banyuwangi dijual dengan harga sangat terjangkau. Bentuknya yang unik dan lucu sangat cocok diletakkan di meja. Berbagai macam bentuk asbak mulai dari ikan hiu hingga kura-kura bisa menjadi pilihan. Harganya mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp15.000 tergantung bentuk dan kesulitan pembuatannya.

6. Perkakas dapur dari alumunium

Unik, 6 Souvenir Khas Banyuwangi Ini Wajib Dibawa Pulangm.merdeka.com

Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Kalibaru merupakan surganya penjualan perkakas dapur dari alumunium dengan harga yang sangat murah, karena semuanya diproduksi sendiri. Peralatan dapur tersebut meliputi wajan, panci, oven, dandang, cetakan kue dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga yang dibanderol pun disesuaikan dengan kualitas dan ketebalannya yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp500.000.

Itulah 6 souvenir khas Banyuwangi yang harus dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun, banyaknya oleh-oleh yang akan dibeli harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki, ya.

Baca Juga: 13 Souvenir Pernikahan Unik, Pasti Bikin Para Tamu Ingin Minta Lagi

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya