Comscore Tracker

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!

Ternyata para tetua sangat diutamakan di sana

Hampir 99 persen orang Korea Selatan beretnik Korea. Tentu ini lebih kecil dibandingkan dengan Indonesia yang memiliki 1.340 suku. Hanya memiliki satu suku, Korea Selatan menjunjung tinggi etika dalam kehidupan sehari-hari mereka, lho. 

Kalau kamu KDrama lovers, pasti sudah tak asing dengan etika yang melekat pada orang Korea Selatan. Bahkan kalau ke sana, kamu harus benar-benar mengingat etika-etika ini agar liburanmu ke Negeri Gingseng berjalan nyaman dan lancar.

Berikut ini sepuluh etika penting yang harus kamu ingat saat melancong ke Korea Selatan. Apa saja? Yuk, cek di bawah ini!

1. Tidak boleh mengisi gelas sendiri

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi saat menuangkan minuman pada cangkir (pexels.com/alleksana)

Dengan memastikan tidak ada gelas yang kosong saat makan bersama merupakan salah satu bentuk sopan santun di Korea Selatan.

Kalau kamu KDrama lovers, pasti sudah tidak asing dengan adegan di mana yang lebih muda akan menuangkan minuman pada gelas yang lebih tua.

Bahkan saat menuangkan minuman ada triknya, lho. Biasanya orang Korea akan melakukannya dengan cara menyejajarkan tangan dan lengan mereka, serta kamu harus menerimanya dengan dua tangan.

2. Dilarang menggosok-gosok hidung di tempat umum

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi seseorang yang sedang menggosok hidung dengan tisu (pexels.com/Gustavo Fring)

Di Korea Selatan, menggosok-gosok hidung di tempat umum merupakan salah satu hal yang tidak sopan karena terbilang jorok, lho. Biasanya kamu melakukannya tanpa disadari.

Menggosok-gosok hidung bisa terjadi saat cuaca sedang dingin maupun mengalami flu. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus pergi ke toilet atau kamar kecil untuk menghormati orang lain di tempat umum.

3. Berjabat tangan dengan dua tangan

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi saat berjabat tangan (pexels.com/George Milton)

Di Indonesia, kita punya kebiasaan berjabat tangan untuk menyapa seseorang. Ternyata Korea Selatan pun punya tradisi yang sama, lho. Umumnya, di sana berjabat tangan bisa menggunakan dua tangan atau cukup satu tangan saja.

Namun tentu, menggunakan dua tangan dan sedikit membungkuk lebih baik saat berjabat tangan dengan orang baru maupun yang lebih tua. Bahkan di Korea Selatan kebiasaan berjabat tangan dengan satu tangan hanya dilakukan oleh para tetua.

4. Berpakaian sopan saat mengunjungi kota kecil

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi dua orang yang sedang memilih pakaian yang pas (pexels.com/Sam Lion)

Lagi-lagi mirip dengan kebiasaan di Indonesia, di Korea Selatan juga terdapat etika di mana kamu harus berpakaian sopan saat berkunjung ke kota-kota kecil di sana. Apalagi saat berlibur ke kota yang masih kental akan budaya dan adat-istiadat, nih.

Kalau kamu bebas memakai pakaian apa pun di Seoul, maka beda halnya dengan saat berkunjung ke Jeonju. Di sana, kamu berisiko ditegur saat berkunjung ke kuil Gyeonggijeon yang dibangun pada abad ke-15 apabila berpakaian yang tidak pantas.

Baca Juga: 10 Wisata Indonesia dengan Suasana bak di Korea Selatan, Estetik!

5. Tidak bising di transportasi umum

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi seseorang yang sedang berbicara lewat telepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sesuai namanya, transportasi umum merupakan layanan angkutan yang disediakan untuk digunakan oleh masyarakat luas. Maka dari itu, penting untuk menjaga etika atau sopan santun saat menggunakan transportasi umum.

Uniknya, kebanyakan orang di Korea Selatan tidak melakukan atau menerima panggilan telepon saat berada di transportasi umum. Mereka biasanya akan menunggu hingga perjalanan selesai agar tidak mengganggu para penumpang yang lain.

6. Paham peraturan saat berada di transportasi umum

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi suasana di dalam transportasi umum (pexels.com/Rishiraj Parmar)

Meski di Indonesia kamu kerap menemukan sebagian orang yang abai dengan peraturan yang ada di transportasi umum, tetapi hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan di Korea Selatan, lho. Di sana, kamu harus paham posisimu sebagai penumpang.

Kalau kamu termasuk dalam penumpang prioritas, maka bisa duduk pada tempat duduk yang disediakan.

Pada transportasi umum di Korea Selatan, disediakan tempat duduk prioritas yang dikhususkan untuk orang tua, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

7. Melepas alas kaki sebelum masuk ke ruangan

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi tiga pasang sepatu yang ditata di depan pintu (pexels.com/Lisa Fotios)

Tak hanya di Korea Selatan saja, kebiasaan seperti juga ini kerap ditemui di kebanyakan negara-negara di Asia yakni memakai sepatu atau alas kaki ke dalam ruangan dianggap kurang sopan. Apalagi saat bertamu ke rumah seseorang.

Di Korea Selatan, sebagian rumah atau restoran biasanya menyediakan alas kaki khusus yang bisa digunakan di dalam ruangan sehingga kamu tidak perlu bertelanjang kaki.

Kebiasaan ini bisa dengan mudah kamu temui saat berkunjung ke kota-kota kecil di Korea Selatan.

8. Mengutamakan yang lebih tua

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi saat minum anggur bersama yang lebih tua (pexels.com/RODNAE Productions)

Untuk menunjukkan rasa hormat kepada para tetua, orang Korea memiliki cara khusus untuk mengutamakan mereka, lho.

Kalau kamu salah satu KDrama lovers, kamu pasti tidak asing dengan adegan di mana yang muda akan mempersilakyang tua untuk duduk atau makan terlebih dahulu.

Bahkan kamu tidak boleh mendahului yang tua dalam hal apa pun, lho. Meski terdengar ribet, tetapi ini merupakan salah satu etika penting yang harus dipahami oleh kaum muda di Korea Selatan. Jangan sampai dicap tidak hormat!

9. Wajib memakai sendok dan sumpit saat makan

9 Etika saat Liburan ke Korea Selatan, KDrama Lovers Pasti Tahu!ilustrasi dua orang yang makan memakai sumpit (pexels.com/Nguyen Khanh)

Meski di Indonesia kamu terbiasa dengan tradisi makan menggunakan tangan, tetapi jangan pernah melakukan hal tersebut di Korea Selatan. Di sana, kamu diwajibkan untuk menggunakan sendok dan sumpit sebagai alat makan.

Selain itu, ternyata kamu tidak bisa memakai sumpit dan sendok secara bersamaan karena dianggap kurang sopan, lho. Maka dari itu, kamu pasti kerap menemui orang Korea yang akan bergantian memakai sendok dan sumpit saat makan.

Karena Korea Selatan merupakan salah satu negara di benua Asia, tak heran kalau beberapa etika atau kebiasaan yang diterapkan di sana sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, nih.

Kira-kira sebagai KDrama lovers, kamu sudah tahu tentang etika-etika di atas belum?

Baca Juga: 6 Olahan Garaetteok, Kue Beras Khas Korea Selatan yang Kenyal

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya