Comscore Tracker

6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropa

Mobil-mobil dari Eropa memang keren, tahu sejarahnya?

Siapa yang tak tahu BMW, Volvo, atau Volkswagen? Itulah nama-nama perusahaan mobil keren dan mahal yang sudah lama berdiri di atas bumi, dengan produk-produknya yang sangat terkenal. Memiliki satu di antara produk mereka tentu sangat bergengsi dan membuat bangga. 

Namun, tentu saja di balik hebatnya perusahaan tersebut dengan ketenaran dan keindahan mobil-mobil mahalnya ada sejarah yang melibatkan sejumlah nama yang tak kita kenal hingga hari ini. Padahal, posisi mereka sangat penting untuk kehadiran perusahaan-perusahaan besar yang dominan berasal dari Eropa itu. 

Dialah sang desainer, yang karyanya mengawali kehadiran produk kendaraan mewah yang terus berkembang hingga sekarang menjadi jauh lebih mewah dan canggih. Berikut ini adalah beberapa sejarah singkat di balik perusahaan mobil keren di dunia yang melibatkan nama-nama desainernya, yang sebagian besarnya juga adalah pemilik perusahaan tersebut. 

1. Alfa Romeo

6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropamotor1.com

Produsen mobil Italia terbesar kedua yang terkenal dengan tradisinya mempekerjakan desainer dan coachbuilders yang luar biasa. Lokasi pabriknya ada di Kota Milan dan di sinilah perusahaan ini didirikan. Namun, kini berpusat di Turin.

Alfa Romeo didirikan oleh seorang teknisi bernama Niccolo Romeo pada tahun 1914, setelah mengakuisisinya dari pengusaha asal Perancis bernama Alexandre Darracq. Waktu itu nama perusahaan tersebut masih A.L.F.A yang merupakan sebuah singkatan dari Anonima Lombardi Fabbrica Automobili. Setelah dimiliki Niccolo Romeo, namanya berganti menjadi Alfa Romeo.

Saat ini Alfa Romeo pun tidak berdiri sendiri karena berada dalam kelompok perusahaan Fiat sejak tahun 1986.

2. BMW

6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropaautoweek.com

BMW merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke atau Bavarian Motor Works. Perusahaan ini mulai didirikan di Munich tahun 1916 oleh Karl Rapp dengan nama Bayerische Flugzeug Werke.

Produk kendaraan pertamanya adalah sepeda motor yang didesain oleh Max Friz, yang diberi nama R32. Lima tahun setelahnya barulah BMW meluncurkan produk mobil pertamanya, yang diberi nama BMW 328, pada tahun 1937.

Setelah perang dunia berakhir, desain BMW mulai dipengaruhi dua kekuatan: Amerika Serikat dan italia. Salah satu perancang desain terbaiknya adalah Pininfarina yang berasal dari Turin, Italia.

3. Volvo

6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropavolvoclub.org.uk

Volvo adalah perusahaan asal Swedia yang memproduksi mobil dan truk. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1924 oleh pendirinya yang bernama Assar Gabrielsson dan Gustav Larson. Nama Volvo berasal dari bahasa Latin yang artinya "I roll in".

Prinsip desain Volvo berkiblat ke mobil Amerika dan berfokus pada kesolidan produknya. Biasanya, produksi satu seri mobil dilakukan dalam waktu yang lama, ketimbang mengambil risiko untuk menyiapkan atau bahkan membuat banyak seri mobil.

Hal itu terus berlanjut hingga di tahun 1940-an perusahaan ini meningkatkan kualitas mobilnya untuk hal keselamatan, dan terus meningkatkan desain tersebut pada sejak tahun 1960.

Baca Juga: Ini Daftar Merek Mobil dan Motor yang Akan Meramaikan GIIAS 2019 

4. Porsche

6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropamotor1.com

Perusahaan mobil ini berawal dari seorang designer mobil Volkswagen yang bernama Ferdinand Porsche. Kepiawaiannya mendesain mobil di perusahaan Volkswagen sangat dikenal hingga ketika Adolf Hitler ingin mengendarai mobil balap, dia memberi sebuah saran yang membuat mobil itu keren. Ini terjad pada tahun 1933.

Mobil tersebut terealisasi dan berhasil diujicobakan. Hasilnya, Adolf Hitler tertarik dengan idenya yang ingin membuat mobil umum masyarakat dengan harga yang murah yang diproduksi di bawah Volkswagen. Mobil ini dibuat untuk muatan dua orang dewasa dan 3 orang anak, berkecepatan 100km/jam.

Walaupun karyanya keren-keren, Porsche masih berstatus sebagai desainer resmi di perusahaan Volkswagen saat itu. Sehingga, tetap saja nama Volkswagen semakin jadi besar karenanya. Termasuk mobil sport yang dia buat bersama anaknya Ferdinand Porsche II atau yang akrab disapa Ferry.

Tapi kemudian dia memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri dengan nama "Porsche", dengan membuat sebuah mobil baru yang tetap menggunakan bahan rakitan milik Volkswagen.

Kendati namanya sudah besar, perusahaan Porsche pada akhirnya diakuisisi oleh Volkswagen dan masuk dalam Volkswagen Group, pada tahun 2006.

5. FIAT

6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropapinterest.com

Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari Fabrrica Italiana Automobili Torino. FIAT merupakan pelopor perusahaan mobil di Eropa. Dengan kepeloporannya itu, FIAT secara tidak langsung membuka peluang besar bagi banyak desainer untuk berkarya dalam bidang desain mobil.

Sang pendiri FIAT, Giovanni Agnelli bahkan membuat sebuah arena balap di atas atap kantor perusahaannya untuk mengembangkan dunia permobilan.

Sejak tahun 1928, FIAT telah merekrut desainer mobil terbaik saat itu Dante Giacosa yang menjabat sebagai kepala teknisi. Dia membawahi Ghia, Pininfarina dan Giorgio Giugiaro sebagai desainer konsultan. Di tangan mereka, FIAT telah memproduksi banyak desain mobil terbaik di dunia.

Baca Juga: Keren, Bocah 1 Tahun Udah Bisa Kenali 20 Merek Mobil Cuma dari Gambar

Afif Permana Photo Verified Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya